Suzuki Ertiga Hybrid ZDi Diesel 2017 Bekas, Seberapa Menarik?

ertiga diesel bekas

Meluncur pada 2017, Suzuki Ertiga Diesel mengusung teknologi berbeda. Di saat MPV pesaing menganut mesin bensin, Suzuki menghadirkan peminum solar berpadu perangkat mild hybrid. Sayang kelanjutannya terhenti seiring beregenerasi. Pertama kali keluar dibanderol Rp219,5 juta. Menurut pantauan kami, unit bekas kini dilego antara Rp140 jutaan hingga Rp160 jutaan keluaran 2017. Keberadaan di pasar mobil bekas juga tidaklah banyak. Kalau bisa mendapatkan dalam kondisi segar, sungguh menguntungkan.

Keseluruhan desain Ertiga Diesel sama seperti versi bensin facelift 2016. Membedakannya harus jeli, terlihat dari emblem DDiS di kedua sisi dan Hybrid ZDi di belakang. Pilihan warna juga tak sama, ada Silky Silver Metallic, Superior White dan Granite Grey. Warna interior berbeda, yakni beige. Namun, dasbornya mengaplikasikan two-tones berupa hitam dan beige. Panel instrumen tertera logo SHVS dan angka tachometer lebih sedikit. 

Urusan fitur, jangan harap menemukan head unit berupa layar sentuh, tapi sudah bisa memutar beragam media. Di bawahnya terpajang pengatur AC model kenop, tapi sudah ada fungsi pemanas (heater). Masih di dasbor, terdapat levelling headlamp manual untuk mengatur sudut pancaran lampu utama.

Baca Juga: Menimbang Suzuki Baleno atau Swift Bekas, Duo Hatchback Saling Berbagi Drivetrain

harga ertiga bekas

Panel instrumen didukung Multi Information Display (MID). Ada pula Gear Shift Indicator untuk merekomendasikan waktu perpindahan gigi terbaik di putaran mesin terefisien. Pengemudi pun lebih mudah mengatur posisi duduk, karena dibekali pengatur kemudi tilt, serta height adjuster pada jok. Perangkat pendukung lain ada defogger, yang mencegah terjadinya pengembunan di kaca belakang. Tak ada di Ertiga bensin.

 

Guna memantapkan pengendalian dan kenyamanan berkendara. Sistem peredaman mempercayakan model MacPherson Strut dengan Coil Spring di depan. Buritannya mengandalkan Torsion Beam dengan Coil Spring. Sementara sistem pengereman perpaduan Ventilated Disc di muka dan tromol di belakang. Ini masih ditopang teknologi Anti-Lock Braking System (ABS) yang mencegah ban selip. Sedangkan sisi keselamatan penumpang, selain ditunjang sabuk pengaman pretensioner, juga Dual SRS Airbag pada baris pertama.

mesin ertiga diesel

Mesin D13A berkubikasi 1,3 liter yang dikembangkan Fiat dan General Motors, menganut teknologi Diesel Direct Injection System (DDiS). Keluaran tenaga puncaknya tak terlalu besar, 89 PS di putaran mesin 4.000 rpm. Namun, torsinya mumpuni, 200 Nm yang sudah keluar di 1.750 rpm. Berakselerasi saat macet-macetan tak jadi masalah.

 

Apalagi ada sokongan Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS). Teknologi mild hybrid yang mampu menambah torsi akselerasi awal (torque assist). Efisiensi konsumsi bahan bakar juga dibikin optimal.  Sangat irit. Kami pernah tembus 30 kpl saat pengujian mobil ini 3 tahun lalu. Selain jantung mekanis yang dikenal hemat, di dalamnya terdapat fungsi Idle Start/Stop yang ditenagai baterai dari mild hybrid. Penyaluran daya dorong sayangnya hanya menggunakan model manual 5-speed. Tidak ada opsi otomatis. Walau begitu, keseruan berkendara bisa didapat. Terutama tarikan torsi besar sejak putaran mesin rendah.

Baca Juga: Anggaran Rp150 Juta, Mending Toyota Calya Baru atau Suzuki Ertiga Bekas?

interior ertiga diesel

Kelebihan

Mesin dieselnya merupakan keunggulan utama yang ditawarkan Ertiga Diesel. Kita tahu, secara umum mesin diesel bisa lebih irit dan bertenaga dibandingkan mesin bensin. Mesin Ertiga Diesel, ternyata mengadopsi punya Spin Diesel. Dengan kode D13A, mesin Multijet 1.3 dikembangkan bersama Fiat dan General Motors. 

Kelebihan berikutnya, sistem mild hybrid SHVS. Bukan seperti mobil hybrid dengan dua sumber tenaga, SVHS menggunakan Integrated Starter Generator (ISG) yang berfungsi sebagai altenator dan generator untuk menyimpan energi terbuang dari pengereman (brake regeneration). Tenaga tersimpan disalurkan untuk mengaktifkan fitur unggulan berikutnya, idle start/stop dan torque assist function. Idle start/stop mematikan mesin tatkala mobil berhenti sesaat. Fitur itu berkontribusi pada keiritan bahan bakar.

tangki bahan bakar ertia diesel

Kekurangan

Meski tak banyak, tapi kekurangan pada Ertiga Diesel menjadi pertimbangan banyak orang. Yang paling menonjol, transmisi. Ertiga diesel hanya punya transmisi manual tanpa ada opsi otomatis. Performa transmisi manualnya juga bukan tanpa cela, yang terasa saat bertemu tanjakan. Selain itu, desain interior dan eksterior tak jauh berbeda dengan Ertiga bensin tipe GX. Padahal, kalau ada peningkatan bisa menjadi nilai lebih dari Ertiga Diesel. 

Kesimpulan

Ertiga Diesel dapat menjadi pilihan menarik. Teknologi yang dianut sektor pacu selain beda dari model lain, turut menyuguhkan performa andal dan efisien. Fitur yang dibenamkan juga menunjang, baik kenyamanan maupun keselamatan. Meski memang banderol yang ditawarkan di pasar mobkas terbilang masih agak tinggi. Namun, MPV ini mampu memenuhi kebutuhan pengguna.

Perlu perhatian dari sisi mesin diesel yang tergolong canggih. Lebih banyak komponen ketimbang mesin bensin tentu bakal lebih manja setelah pemakaian jangka panjang. Diesel common rail pun wajib menenggak solar berkualitas tinggi. Asal mendapat unit dengan rekor perawatan komplet, pantas sekali dijadikan mobilitas harian. (Odi)

Baca Juga: Suzuki Ertiga Bekas Generasi Pertama, Pilihan Pas Ketimbang LCGC?

Jelajahi Suzuki Ertiga

  • Tampak Depan Bawah Suzuki Ertiga
  • Tampak Depan Suzuki Ertiga
  • Tampak Grille Ertiga
  • Fog lamp depan Ertiga
  • Lampu depan Ertiga
  • lampu belakang Ertiga
  • Suzuki Ertiga Drivers Side Mirror Front Angle
  • handle pintu Ertiga
  • Pelek Ertiga
  • Tampak wiper Ertiga
  • Tampak depan medium Suzuki Ertiga
  • Suzuki
Suzuki Ertiga
Rp 232,8 - 267,2 Juta Cicilan : Rp 5,31 Juta

Model Mobil Suzuki

Mobil Suzuki
  • Suzuki Ertiga
    Suzuki Ertiga
  • Suzuki XL7
    Suzuki XL7
  • Suzuki Jimny
    Suzuki Jimny
  • Suzuki Carry
    Suzuki Carry
  • Suzuki APV Arena
    Suzuki APV Arena
  • Suzuki Baleno
    Suzuki Baleno

Don't Miss

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Suzuki Unggulan

  • Yang Akan Datang

Bandingkan & Rekomendasi

Tren MPV

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil Suzuki Ertiga dari Carvaganza

  • IIMS 2024: Suzuki Ertiga Cruise Meluncur Jadi Varian Tertinggi Baru
    IIMS 2024: Suzuki Ertiga Cruise Meluncur Jadi Varian Tertinggi Baru
    Muhammad Hafid . 18 Feb, 2024
  • Suzuki Mall Exhibition Hadir di Summarecon Mall Serpong, Promonya Makin Menguntungkan
    Suzuki Mall Exhibition Hadir di Summarecon Mall Serpong, Promonya Makin Menguntungkan
    Muhammad Hafid . 07 Jun, 2023
  • Promo Suzuki All New Ertiga Hybrid di Metropolitan Mall Bekasi
    Promo Suzuki All New Ertiga Hybrid di Metropolitan Mall Bekasi
    Anjar Leksana . 13 Agu, 2022
  • Konsumsi BBM All New Ertiga Hybrid Capai 22,11 km/liter Dalam Pengujian
    Konsumsi BBM All New Ertiga Hybrid Capai 22,11 km/liter Dalam Pengujian
    Alvando Noya . 06 Jul, 2022
  • Komponen Hybrid Suzuki Ertiga Masih Impor, Ini Alasannya
    Komponen Hybrid Suzuki Ertiga Masih Impor, Ini Alasannya
    Bangkit Jaya . 20 Jun, 2022

Artikel Mobil Suzuki Ertiga dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Cari Model Low MPV Jelang Akhir Tahun, Simak Daftar Harganya
    Cari Model Low MPV Jelang Akhir Tahun, Simak Daftar Harganya
    Setyo Adi Nugroho . 20 Nov, 2024
  • Suzuki Dapat Fasilitas Ekspor Eksklusif, Makin Mudah Kapalkan Mobil ke Negara ASEAN
    Suzuki Dapat Fasilitas Ekspor Eksklusif, Makin Mudah Kapalkan Mobil ke Negara ASEAN
    Bangkit Jaya Putra . 13 Jul, 2022
  • Punya Harga Menarik, Suzuki Ertiga Hybrid Ramai Dipesan
    Punya Harga Menarik, Suzuki Ertiga Hybrid Ramai Dipesan
    Ardiantomi . 23 Jun, 2022
  • Harga Lengkap Suzuki Ertiga Terbaru, Mobil Hybrid Termurah
    Harga Lengkap Suzuki Ertiga Terbaru, Mobil Hybrid Termurah
    Ivan Hermawan . 10 Jun, 2022
  • Intip Spesifikasi Lengkap Suzuki All New Ertiga Hybrid
    Intip Spesifikasi Lengkap Suzuki All New Ertiga Hybrid
    Setyo Adi Nugroho . 10 Jun, 2022
  • Catatan Perjalanan 9 Tahun Suzuki Ertiga di Indonesia
    Catatan Perjalanan 9 Tahun Suzuki Ertiga di Indonesia
    Setyo Adi Nugroho . 28 Okt, 2021
  • Daftar Harga Suzuki All New Ertiga per Maret 2021, Mana yang Menguntungkan?
    Daftar Harga Suzuki All New Ertiga per Maret 2021, Mana yang Menguntungkan?
    Anindiyo Pradhono . 02 Mar, 2021
  • Pertarungan Varian Atas, Suzuki Ertiga Sport vs Mitsubishi Xpander Ultimate
    Pertarungan Varian Atas, Suzuki Ertiga Sport vs Mitsubishi Xpander Ultimate
    Muhammad Hafid . 08 Jul, 2020
  • Panduan Membeli Suzuki Ertiga 2020, Kenali Varian dan Harganya
    Panduan Membeli Suzuki Ertiga 2020, Kenali Varian dan Harganya
    Muhammad Hafid . 16 Mar, 2020
  • Ertiga Suzuki Sport vs Honda Mobilio RS, Siapa Paling Sporty?
    Ertiga Suzuki Sport vs Honda Mobilio RS, Siapa Paling Sporty?
    Anindiyo Pradhono . 29 Mar, 2019
  • Road Test All New Suzuki Ertiga GX MT: Kenyamanan Untuk Kaum Konservatif
    Road Test All New Suzuki Ertiga GX MT: Kenyamanan Untuk Kaum Konservatif
    Anindiyo Pradhono . 01 Okt, 2018
  • Road Test All New Suzuki Ertiga: Reposisi Makna Low MPV (Part 1)
    Road Test All New Suzuki Ertiga: Reposisi Makna Low MPV (Part 1)
    Ivan Hermawan . 12 Sep, 2018
  • Road Test All New Suzuki Ertiga: Low MPV Paling Mewah di Indonesia (Part 2)
    Road Test All New Suzuki Ertiga: Low MPV Paling Mewah di Indonesia (Part 2)
    Ivan Hermawan . 23 Agu, 2018
  • First Drive All-New Suzuki Ertiga: Sesuai Ekspektasi?
    First Drive All-New Suzuki Ertiga: Sesuai Ekspektasi?
    Anindiyo Pradhono . 03 Jul, 2018
  • Test Drive Suzuki Ertiga Dreza: Melebihi Ekspektasi
    Test Drive Suzuki Ertiga Dreza: Melebihi Ekspektasi
    Aldiro Syahrian . 07 Jul, 2017