Model facelift Suzuki Ertiga akhirnya dirilis. Kalau melihat dari fisiknya saja, sangat minim ubahan. Namun pengembangan lebih banyak terjadi di balik kulit. Ditambah update teknologi, powertrain plus fitur-fitur baru yang bakal mengubah rasa berkendara.
Kuncinya ada di mesin baru K15C yang melengserkan K15B. Masih 4-silinder 1,5-liter, dengan tambahan teknologi DualJet serta sistem Progressive Smart Hybrid. Namun tenaga justru tidak naik ke 115 PS seperti rumor belakangan ini. Malah sedikit mengalami penurunan dibanding mesin lama. Yaitu menjadi 103 PS di putaran 6.000 rpm dengan torsi 137 Nm di 4.400 rpm. Berkurang 2 PS dan 1 Nm.
Lebih tertarik mendengar transmisi matik 6-percepatan menggantikan 4-percepatan. Apalagi sekarang disediakan paddle shifter guna perpindahan manual. Tapi sayang tidak diimbangi model shiftronic di tuas. Varian matik tetap menjadi opsi selain girboks manual 5-percepatan.
Pengurangan output mesin mungkin bakal mengecewakan sebagian konsumen. Pihak pabrikan berkilah, pengembangan mesin baru fokus untuk mengurangi NVH (Noise, Vibration & Harshness) dan emisi. Sekaligus makin efisien berkat teknologi mild-hybrid. Metodenya tak perlu dijelaskan panjang lebar lagi. Ada generator sebagai sumber sistem auto start-stop. Klaim konsumsi bahan bakar sebesar 20,51 km/liter (M/T) dan 20,3 km/liter (A/T). Naik 1,5 km/liter sampai 2,31 km/liter dari mesin lama.
Ubahan eksterior sangat minor. Paling mudah dikenali dari desain grille baru bertabur sentuhan krom. Malah seperti mengganti pakai aksesori aftermarket. Dual-barrel LED proyektor tetap sama, tapi tetap belum dikasih Daytime Running Light (DRL).
Baca Juga: Teaser Suzuki Ertiga Hybrid 2022 Dirilis, Meluncur Sebentar Lagi!
Sesuai dugaan, desain pelek turut diubah. Hanya mengganti gaya tanpa memperbesar diameternya. Lalu di belakang ada perbedaan sedikit lewat garis krom tipis di atas logo Suzuki. Tak lupa emblem hybrid tersemat. Agar tidak dianggap terlalu malas mendesain ulang, Maruti Suzuki menambah warna baru Dignity Brown serta Splendid Silver.
Interior pun minim pembaruan. Dominasi warna masih grey dan beige, tidak seperti Ertiga tipe GX di Indonesia yang diganti hitam. Yang baru, aksen kayu di tengah dasbor tampak lebih gelap. Lalu monitor layar sentuh 7-inci baru ambil dari New Baleno. Sekaligus teknologi konektivitas tersambung ke aplikasi di smartphone.
Akhirnya sudah ada cruise control. Klaim menambah kenyamanan mengemudi ada benarnya juga. Lalu peranti keselamatan meningkat dari jumlah airbag menjadi 4 titik. Sementara lainnya masih sama, seperti Electronic Stability Control dan Hill Hold Assist.
Itu dia Suzuki Ertiga terbaru di India. Sedikit berubah, hanya bagian-bagian terpenting saja. Setidaknya menjadi gambaran jelas bagaimana New Ertiga facelift di Tanah Air kelak. Bisa jadi detail ubahan desain dan speknya sama persis atau ada yang sengaja dibedakan.
Yang pasti teknologi mild-hybrid juga akan dipakai. Bakal menjadi keistimewaan tersendiri di kelasnya. Mungkin saja enjin K15C turut mengikuti. Lantas makin menambah daya saingnya lagi apabila matik berganti 6-percepatan plus paddle shifter, kemudian 4 airbag dan cruise control juga. Kenyamanan bakal bertambah seiring peningkatan efisiensi tanpa melupakan faktor kesenangan mengemudi. Sungguh, Ertiga akan sangat menarik. (Odi)
Baca Juga: Bedah Teknologi Mild Hybrid Suzuki Ertiga yang Siap Dijual di Indonesia
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.