Suzuki Gixxer SF 250, Layak Diboyong ke Indonesia

Suzuki gixxer 250
JAKARTA, Motovaganza.com -- Segmen motor sport 250cc Tanah Air kembali riuh. Apalagi kalau bukan dengan kedatangan Kawasaki Ninja 250 empat silinder. Hanya pandemi COVID-19 saja yang membuat peluncuran model ini harus tertunda. Sementara Honda CBR250RR 2020 (dua silinder) juga diramal segera jumpa khalayak. Bagaimana dengan Suzuki? Menang merek “S” ini belum punya barang sejenis di Indonesia. Sejatinya ada motor serupa di India seperti Gixxer 250 silinder tunggal dan GSX 250. Suzuki Gixxer SF 250 sebetulnya punya potensi bersaing walau tidak begitu besar. Toh bukan berarti peluangnya tak ada di Indonesia. Sayang, tidak ada konfirmasi dari pabrikan. Padahal jika mereka mau mengenalkan Gixxer 250 single silinder, berarti ada kesempatan bagi konsumen GSX 150 untuk naik level. Di India, unit ini dilepas Rp 33 jutaan. Seandainya didagangkan di sini maka lompatan harga tidak terlalu jauh. Korelasinya bila dibanding langsung mendatangkan GSX 250 dua silinder. Kemudian rival dekat sementara hanya Kawasaki Ninja 250SL. Jika betul Suzuki menjajakan Gixxer SF 250, perusahaan punya kans menggarap lahan ini. Kalau misal sukses, barulah main ke level lebih tinggi lagi lewat GSX 250 dua silinder. Jika berantai-danai GIIAS 2020 yang terkonfirmasi tetap digelar pada akhir Oktober mendatang pas buat lokasi pengenalan.

Spesifikasi

Suzuki Gixxer SF 250 diluncurkan pada Mei 2019 di India. Unit ditenagai mesin 249 cc, tanpa radiator tapi pakai Suzuki Oil Cooling System (SOCS). Ia bertipe SOHC diklaim lebih irit, namun tetap memberi tenaga optimal. Hasil ruang bakar menghasilkan torsi 22,6 Nm di 7.500 rpm. Kemudian tenaga 26,5 PS pada 9.000 rpm. Penyaluran power pakai girboks manual enam percepatan. Ini bisa membantu Anda mengakses kecepatan rendah hingga menengah. Tapi perfomanya masih kalah tipis dari Ninja 250SL. Harus dibuktikan pula soal peranti SOCS. Konon membuat mesin terasa ringan nan tangkas guna melesat di kecepatan tinggi. Ia menggunakan diameter pelek 17 inci dengan balutan ban 110/70 di depan dan belakang 150/60. Bobot hanya 161 kg, berarti lebih enteng 6 kg dari Honda CBR250R. Seharusnya cukup di urusan stabilitas. Untuk suspense, bagian depan menggunakan fork teleskopik standar dan belum upside down. Di tengah pakai redaman monoshock. Lantas nilai jual lain berupa sisipan rem cakram di tiap roda. Bahkan tiap piringan didukung perangkat anti-lock braking system (ABS). Sedang Ninja 250SL belum punya itu.

Struktur

Jujur, tampilan Gixxer SF 250 di kelas ini cukup menggoda. Ia memiliki paras memikat pengendara muda. Ada penggabungan apik dari desain kontemporer dan rekayasa pahatan bodi, kata pabrikan. Itu dituangkan dalam siluet berjongkok rendah bersama dengan sisi garis karakter yang mengalir. Walau silinder tunggal, Suzuki mengakalinya lewat lubang knalpot ganda atraktif nan sporty. Tapi sebaiknya jangan berharap dentuman sebulat dua silinder. Kemudian panel instrumen serbadigital. Sementara rivalnya belum punya. Untuk pecahayaan lebih baik di malam hari, Gixxer memiliki lampu LED ringkas dan tipis serta lampu kombinasi belakang. Soal tampilan bolehlah diadu dengan produk lain. Nah, benar atau tidak kedatangan sosok anyar ini, tinggal menunggu waktu saja. Atau bisa pula datang dengan lencana lain. Setidaknya bisa diamati sampai dengan pameran otomotif akbar di ICE Tangerang menjelang akhir tahun. Foto-Foto: motoroids, enoanderson Baca juga: Menakar Kedatangan Suzuki Gixxer SF 250 untuk Pasar Indonesia ANJAR LEKSANA | RAJU FEBRIAN

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Royal Enfield Hadirkan Rangkaian Produk Baru di EICMA 2024
    Royal Enfield Hadirkan Rangkaian Produk Baru di EICMA 2024
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Hadir Sejak 2021, Smoot Motor Jadi Solusi Mobilitas Bagi Ojek Online
    Hadir Sejak 2021, Smoot Motor Jadi Solusi Mobilitas Bagi Ojek Online
    Zenuar Yoga . 14 Nov, 2024
  • IMOS 2024 Capai 98.791 Pengunjung dan Nilai Transaksi Hampir Rp70 miliar
    IMOS 2024 Capai 98.791 Pengunjung dan Nilai Transaksi Hampir Rp70 miliar
    Zenuar Yoga . 13 Nov, 2024
  • Ribuan Gembala Motor Bebek Berkumpul di Indonesia Cub Meeting 2024
    Ribuan Gembala Motor Bebek Berkumpul di Indonesia Cub Meeting 2024
    Ardiantomi . 12 Nov, 2024
  • Berharap Kejelasan Subsidi Pemerintah untuk Motor Listrik di Tahun Depan
    Berharap Kejelasan Subsidi Pemerintah untuk Motor Listrik di Tahun Depan
    Setyo Adi Nugroho . 11 Nov, 2024
  • Pilihan Skutik Simpel Minim Fitur Canggih
    Pilihan Skutik Simpel Minim Fitur Canggih
    Zenuar Yoga . 23 Okt, 2024
  • Tak Mau Merek Cina, Ini Pilihan Motor Listrik dari Brand Jepang
    Tak Mau Merek Cina, Ini Pilihan Motor Listrik dari Brand Jepang
    Zenuar Yoga . 14 Okt, 2024
  • Daftar Harga Skuter Matik Murah Tak Sampai Rp20 Juta di Indonesia
    Daftar Harga Skuter Matik Murah Tak Sampai Rp20 Juta di Indonesia
    Anjar Leksana . 24 Sep, 2024
  • Ini Bedanya Nmax Turbo dengan Nmax Turbo Tech Max
    Ini Bedanya Nmax Turbo dengan Nmax Turbo Tech Max
    Zenuar Yoga . 02 Sep, 2024
  • Ada Model Baru, Mana Skutik Maxi Yamaha 155 Paling Enak Dipakai Harian?
    Ada Model Baru, Mana Skutik Maxi Yamaha 155 Paling Enak Dipakai Harian?
    Zenuar Yoga . 22 Agu, 2024
  • Bedakan Busi Asli dan Palsu Sangat Mudah, Ini Caranya!
    Bedakan Busi Asli dan Palsu Sangat Mudah, Ini Caranya!
    Zenuar Yoga . 24 Jun, 2024
  • Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Alvando Noya . 10 Mei, 2024
  • Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Zenuar Yoga . 16 Apr, 2024
  • Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Zenuar Yoga . 08 Apr, 2024
  • Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2024
  • First Ride Moto Guzzi Stelvio: Sajikan Pengalaman Baru Berkendara
    First Ride Moto Guzzi Stelvio: Sajikan Pengalaman Baru Berkendara
    Zenuar Yoga . 08 Nov, 2024
  • Test Ride Yamaha NMax "Turbo": Pembuktian 560 Kilometer Bali-Lombok
    Test Ride Yamaha NMax "Turbo": Pembuktian 560 Kilometer Bali-Lombok
    Bangkit Jaya Putra . 12 Agu, 2024
  • First Ride Yamaha Nmax "Turbo": Pembuktian Performa dan Fitur Terbaru
    First Ride Yamaha Nmax "Turbo": Pembuktian Performa dan Fitur Terbaru
    Setyo Adi Nugroho . 01 Jul, 2024
  • Test Ride Aprilia SR-GT 200 Replica: Lincah dan Punya Balans Bagus di Jalan Pegunungan
    Test Ride Aprilia SR-GT 200 Replica: Lincah dan Punya Balans Bagus di Jalan Pegunungan
    Eka Zulkarnain . 20 Jun, 2024
  • First Ride All New Honda Beat Street: Ubahan Bikin Pengendalian Lebih Asyik!
    First Ride All New Honda Beat Street: Ubahan Bikin Pengendalian Lebih Asyik!
    Zenuar Yoga . 06 Jun, 2024