Suzuki Raider J Crossover, Penantang Yamaha PG-1 dan Honda CT125

Suzuki Raider J Crossover 2023

Kini semakin banyak sepeda motor underbone (bebek) dual purpose muncul. Pemain lama ada Honda CT125, kemudian kemarin muncul Yamaha PG-1. Suzuki juga sebetulnya punya produk yang bisa diajak di medan semi off-road. Namanya Raider J Crossover. Unit dijual di Filipina sebesar PHP 69,900 atau Rp19,5 jutaan. Ia menggunakan basis sama dari Smash Fi. Tapi dandanan dibikin ala motor trail. Mari tengok spesifikasi lengkapnya.

KEY TAKEAWAYS

  • Suzuki Raider J Crossover jadi motor dual purpose berbanderol murah

    Di Filipina unit dilepas sekitar Rp19 jutaan
  • Jantung pacu Suzuki Raider J Crossover memakai mesin 4 tak 113 cc, SOHC, 2 valve, silinder tunggal. Ukuran bore kali stroke 51 mm X 55,2 mm berikut rasio kompresi 9:4. Relatif kecil, sehingga minum bensin RON 90 pun tak masalah. Pengabutan enjin sudah injeksi, lalu pendinginan pakai udara, belum gunakan radiator.

    Baca Juga: Harga Yamaha PG-1 Sudah Diumumkan, Jauh Lebih Murah dari Honda CT125

    Hasil pembakaran internal memberikan tenaga puncak 9,24 PS di 7.500 rpm. Sedangkan torsi maksimal digapai 9 Nm di 6.500 rpm. Seluruh power disalurkan melalui transmisi manual constant mesh 4-speed. Untuk menyalakan mesin bisa pakai elektrik maupun kick starter. Kemudian kapasitas tangki bahan bakar cuma 4 liter.

    Mengenai dimensi, Suzuki Raider J Crossover memiliki panjang 1.970 mm, lebar 810 mm, tinggi 1.046 mm serta jarak sumbu roda 1.224 mm. Sedangkan ground clearance mencapai 156 mm, bobot total kendaraan 97 kg, serta ketinggian jok dari tanah 775 mm. Lanjut ukuran ban depan semi block 70/90-17M/C 38 P dan belakang 80/90-17M/C 44 P. Namun sayang belum tubeless. Peleknya juga tipe jari-jari 17 inci, supaya lebih lentur saat melintasi jalanan tak rata.

    Suzuki Raider J Crossover 2023

    Soal pengereman, roda depan menggunakan cakram berukuran sedang dan di belakang bertipe tromol. Dari tampilan bodi hingga ke belakang sama seperti Smash Fi. Tulisan Crossover besar tertempel di samping. Sedangkan raut muka bergaya trail. Bentuk batok kepala seperti diadopsi dari Suzuki DR150. Termasuk bagian spakbor depan. Seluruh pencahayaan mengandalkan bohlam halogen.

    Kemudian untuk bagian redaman berkendara. Suspensi depan Raider J Crossover tipe tongkat memiliki ukuran diameter 31 mm plus rubber boots buat perlindungan dari cipratan lumpur. Sedangkan penyangga roda belakang pakai double tube rear suspension. Kelengkapan fitur juga tidak ada yang istimewa. Bagian panel meter semuanya serba-analog. Pakai anak kunci bahkan tanpa pilihan rem ABS. Posisi knalpot juga masih sama dengan Smash Fi. Nah, opsi warna bebek trail Suzuki ini memiliki empat cat yakni: champion yellow, flame red, grand blue, serta solid black.

    Ia dirancang sendiri oleh Suzuki Filipina sesuai dengan bentang alam Negeri Lumbung Padi. Jadi hanya dilego di market domestik. Kendaraan sudah mengaspal di sana sejak 2020. PT SIS tidak memiliki produk semacam ini. Tapi setidaknya Raider J Crossover bisa dipakai acuan modifikasi Smash lama Anda untuk dijadikan bebek petualang. (Alx)

    Baca Juga: Suzuki Burgman Street 125 EX Meluncur, Penantang Serius Yamaha Lexi!

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Motor Suzuki Unggulan

    Artikel Motor Suzuki dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test
    • Suzuki Indonesia Tawarkan Promo Istimewa di IMOS 2024
      Suzuki Indonesia Tawarkan Promo Istimewa di IMOS 2024
      Zenuar Yoga . 30 Okt, 2024
    • Update Harga Motor Suzuki per Oktober 2024
      Update Harga Motor Suzuki per Oktober 2024
      Zenuar Yoga . 04 Okt, 2024
    • Suzuki Satria F150 2024 dapat Warna Baru, Harga Naik Sedikit
      Suzuki Satria F150 2024 dapat Warna Baru, Harga Naik Sedikit
      Anjar Leksana . 03 Okt, 2024
    • Dapat Dukungan dari Suzuki Indonesia, V-Strom Indonesia Owners (VION) Selebrasi Ulang Tahun Pertama
      Dapat Dukungan dari Suzuki Indonesia, V-Strom Indonesia Owners (VION) Selebrasi Ulang Tahun Pertama
      Zenuar Yoga . 02 Okt, 2024
    • Iritnya Konsumsi BBM Suzuki Burgman Street 125 EX saat Dipakai Touring, Seliter Bisa Sejauh Ini!
      Iritnya Konsumsi BBM Suzuki Burgman Street 125 EX saat Dipakai Touring, Seliter Bisa Sejauh Ini!
      Bangkit Jaya Putra . 14 Sep, 2024
    • Pertarungan All New Honda Beat Street vs Suzuki Nex Crossover vs Yamaha X-Ride, Siapa Terbaik?
      Pertarungan All New Honda Beat Street vs Suzuki Nex Crossover vs Yamaha X-Ride, Siapa Terbaik?
      Zenuar Yoga . 07 Jun, 2024
    • Rivalitas Tiga Skutik Baru Pabrikan Jepang, Mana Paling Layak Buat Harian?
      Rivalitas Tiga Skutik Baru Pabrikan Jepang, Mana Paling Layak Buat Harian?
      Zenuar Yoga . 12 Feb, 2024
    • Persaingan Kelas 125 cc Baru, Suzuki Burgman Street 125 EX Lawan Honda Vario 125
      Persaingan Kelas 125 cc Baru, Suzuki Burgman Street 125 EX Lawan Honda Vario 125
      Zenuar Yoga . 13 Nov, 2023
    • Suzuki Burgman Street 125 EX vs Yamaha Lexi S, Mana Layak Dipilih?
      Suzuki Burgman Street 125 EX vs Yamaha Lexi S, Mana Layak Dipilih?
      Zenuar Yoga . 01 Nov, 2023
    • Komparasi Motor Ayago Honda Sonic 150R Vs Suzuki Satria F150, Mana Lebih Unggul?
      Komparasi Motor Ayago Honda Sonic 150R Vs Suzuki Satria F150, Mana Lebih Unggul?
      Zenuar Yoga . 14 Apr, 2023
    • Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
      Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
      Setyo Adi Nugroho . 08 Mar, 2024
    • First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
      First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
      Anjar Leksana . 01 Feb, 2024
    • First Ride Suzuki Avenis 125: Cari Potensi di Balik Tampilan yang Nyeleneh
      First Ride Suzuki Avenis 125: Cari Potensi di Balik Tampilan yang Nyeleneh
      Bangkit Jaya Putra . 31 Okt, 2022
    • Road Test Suzuki Hayabusa: Menjawab Ekspektasi Fanatis yang Skeptis
      Road Test Suzuki Hayabusa: Menjawab Ekspektasi Fanatis yang Skeptis
      Ivan Hermawan . 27 Jul, 2021
    • Test Ride Suzuki Nex Crossover: Tenaga Responsif, Cocok Buat Touring Jarak Dekat
      Test Ride Suzuki Nex Crossover: Tenaga Responsif, Cocok Buat Touring Jarak Dekat
      Zenuar Yoga . 18 Mar, 2021