Maruti Suzuki resmi meluncurkan model pembaruan Suzuki XL6. Sama seperti Ertiga, perubahan terbesar datang dari balik kap mesin. Unit K15B diganti K15C dengan teknologi DualJet plus sistem mild-hybrid. Lalu dipasangkan dengan transmisi otomatis konvensional 6-percepatan. Rancang desain hanya berbenah sedikit, tapi lebih banyak dibanding Ertiga.
Tampilan muka kini terbuka. Memperlihatkan revisi di area grille saja. Permainan kromium lebih banyak dibuat jadi bingkai untuk sisi atas dan bawah grille. Sementara bilah di tengah dibuat menebal serta diberi kisi pemisah di bagian tengah. Itu saja, lampu utama LED serta desain bemper masih dibiarkan seperti sedia kala.
Dari samping tampak sama. Pelek 16-inci tidak berganti model, masih mempertahankan gaya diamond-cut. Pemandangan baru kembali terlihat di belakang. Tail lamp di-smoke lebih gelap sehingga tampak sporty. Namun pendaran LED tetap mengikuti pola model lama. Setidaknya dari belakang semakin mudah dikenali dari Ertiga. Tak lupa dikasih juga lis krom tipis di atas logo.
Interior tidak banyak disentuh. Masih dominan hitam dan sedikit aksen perak di setir dan dasbor. Varian atas sudah dibalut jok kulit sebagai fasilitas kemewahan. Yang baru, setir bisa diatur jangkauan telescopic. Ada paddle shifter di baliknya untuk mengatur perpindahan gigi sesuai keinginan pengemudi. Memonitor tekanan angin juga dipermudah tyre pressure monitoring system. Lalu jok tengah model captain seat serta masih ada auto AC.
Baca Juga: Suzuki Ertiga Mild-Hybrid 2022 Meluncur di India, Apa Saja yang Berubah?
Kenyamanan makin meningkat untuk penumpang baris depan. Di sandaran jok ada ventilated seat yang dapat mengembuskan udara dingin ke punggung. Penting untuk pasar negara tropis seperti Asia Tenggara. Cruise control pun tersedia sama seperti Ertiga. Jika fitur ini juga ada di XL7 facelift kelak, tentu sangat menambah value-nya.
Pusat infotainment juga berganti tapi tetap berukuran 7-inci. Mendapat upgrade sistem SmartPlay Pro termasuk teknologi konektivitas Suzuki Connect. Dalam mengatur berbagai fungsi, bisa melalui perintah suara atau voice assistant. Fitur keselamatan meningkat sedikit. Dari penambahan airbag samping menjadi total 4 airbag. Peranti lainnya masih sama, seperti ABS+EBD, ESP (Electronic Stability Program) dan HHA (Hill Hold Assist).
Kembali ke mesin. Perubahan unit memang tidak untuk mengejar performa. Tenaga dihasilkan mesin berkapasitas 1,5-liter justru berkurang menjadi 103 PS dan torsi 137 Nm. Alias turun 2 PS/1 Nm. Namun koneksi ke matik 6-speed atau manual 5-speed belum tentu menurunkan performa. Efisiensi diutamakan. Menurut klaim rute kombinasi, konsumsi BBM sanggup mencapai 20,97 km/liter (M/T) dan 20,27 km/liter (A/T).
New Maruti XL6 tersedia dalam enam pilihan warna single-tone dan tiga dual-tone. Di Negeri Bharata akan menghadapi perlawanan Kia Carens, Mahinda Marazzo dan Toyota Innova Crysta varian bawah. Total varian ada 8, termasuk trim baru Alpha+. Paling lengkap diisi semua fitur terbaru. Harganya berkisar Rs.11,29 lakh (Rp212 juta) sampai Rs.14,55 lakh (Rp274 juta).
Itulah perubahan Suzuki XL6 atau XL7 yang kita kenal di Indonesia. Bisa menjadi gambaran kelak bagaimana edisi pembaruannya kelak. Ekspektasi tertuju ke teknologi mild-hybrid dan transmisi matik 6-percepatan. Lalu setidaknya ditambahkan juga paddle shifter plus cruise control. Tentu daya saingnya meningkat untuk menghadapi persaingan segmen Low SUV. Kapan keluarnya? Belum ada bocoran soal itu. Kemungkinan besar Ertiga facelift terlebih dahulu. (Odi)
Baca Juga: Wajah Baru Suzuki XL7 Facelift Terkuak Melalui Video Teaser
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.