Penantian model facelift Mitsubishi Pajero Sport di Indonesia sebentar lagi. Dijadwalkan sang SUV ladder fram meluncur pekan depan, 16 Februari 2021. Momen yang sudah semestinya, mengingat musuh bebuyutan Toyota Fortuner sudah duluan disegarkan. Bagi yang kebelet ingin memiliki, sudah bisa memesan di diler resmi terdekat.
Jika melihat spesifikasi di beberapa negara yang duluan merilis. Pemacu daya digunakan tetap sama. Namun bagi pasar Indonesia, disinyalir tetap menawarkan dua opsi. Yang pertama pakai 4N15 MIVEC 2,4 liter di varian menengah ke atas. Berbekal bantuan turbo plus intercooler, mesin diesel ini memberi denyut tenaga lebih padat. Daya tersedia 181 PS dan torsi optimal 429 Nm. Distribusi tenaga kinetik dipadukan transmisi otomatis 8-speed. Tidak ada versi manual di mesin ini.
Sementara di trim dasar, unit power lawas 4D56 DOHC 2,5 liter senantiasa dipertahankan. Ia tetap mengusung teknologi DOHC Common Rail Turbocharged and Intercooled. Walau volume ruang bakar lebih besar, mekanikal pacu hanya menyemburkan tenaga 135 PS dan momen puntir 324 Nm. Yang membedakan lagi, girboks pakai model manual lima percepatan atau opsi 5-speed AT. Enjin ini tertanam di varian GLX serta Exceed.
Baca Juga: Mitsubishi Luncurkan Pajero Sport Edisi Terbatas, Apa Bedanya?
Rancang bangun Pajero Sport anyar terlihat dari wajah rupawan. Rumah lampu depan menjadi mirip Triton dan Xpander. Ada dua lampu utama LED kemudian di bagian bawahnya berikut LED strip signature sebagai DLR. Sementara foglamp berada di bawah lampu utama. Ubahan lain berupa pelek 18 inci serta aksesori opsional anyar. Termasuk body kit, tambahan bumper perak, side step, wheel arch fender, logo di kap mesin. Berlanjut pula di ujung knalpot stainless steel dan side sills. Unit gres kini memiliki panjang 4.825 mm, lebar 1.815 mm, tinggi 1.835 mm, jarak sumbu roda 2.800 mm, berikut jarak pijak tanah 218 mm.
Tatanan kabin secara menyeluruh mirip dari Pajero Sport eksis. Kalau di versi penyegaran, terpasang layar sentuh infotainment baru dan layar panel instrumen. Keduanya berukuran delapan inci. Panel pintu dan konsol tengah, mendapat material soft touch baru. Sedang penumpang belakang, kini punya akses untuk colokan power outlet elektrik, selain dari USB yang sudah ada. Kemudian penyejuk kabin sudah mengadopsi cilmate control dual zona. Terakhir layar hiburan 12,1 inci bagi penumpang belakang.
Fitur keamanan dan keselamatan paling komplek di varian Dakar Ultimate selain Dakar 4x4. Konsumen disuguhi Lane Change Assist (LCA) juga Rear Cross Traffic Alert (RCTA). Itu menunjang perangkat lama yang tertancap. Di model sekarang pun, Anda disugihi adaptif cruise control, blind spot monitoring, autonomous emergency braking, around view monitor. Tak luput tersedia hill descent control, hill start assist, vehicle stability control serta tujuh kantong udara. Lalu sisipan Ultrasonic Mis-Acceleration Mitigation system (UMS), untuk mencegah akselerasi yang tidak diinginkan.
“Penantian masyarakat Indonesia atas New Pajero Sport telah berakhir. Model penyegaran bakal segera datang. Kami siap meluncurkan New Pajero Sport untuk pasar Indonesia pada 16 Februari 2021 mendatang. Nantikan informasi update dan kehadirannya secara eksklusif di website serta kanal digital resmi MMKSI,” ungkap Naoya Nakamura, Presiden Director PT MMKSI dalam keterangan tertulis (8/2).
Baca Juga: Mesin 4A91 Mitsubishi Xpander Bakal Diproduksi Lokal
Mitsubishi Pajero Sport saat ini didagang dalam enam tipe. Harga termurah GLX AT Rp 555 juta dan kasta teratas Dakar 4x4 Rp 708,9 juta on the road Jakarta. Dengan sejumlah ubahan, dipastikan perusahaan bakal mengerek banderol. Kalau mengacu pada Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Samsat DKI. Trim Exceed (4x2) 2,5 liter 5 MT dengan nomor koding 102261 99549 tertulis Rp 362 juta.
Varian tertinggi, Dakar 2,4 liter MIVEC (4X4) 8 AT punya NJKB Rp 524 juta. Angka ini belum termasuk dengan perpajakan, Bea Balik Nama, juga margin laba perusahaan. Sakadar prediksi pada model penyegaran. Berpijak dari angka di Samsat DKI, bisa jadi MMKSI melansir Pajero Sport facelift 2021 di rentang Rp 500 juta hingga Rp 750 jutaan. Natikan detail informasi dan detail antartipe selanjutnya. (Alx/Odi)
Baca Juga: Pertimbangan Pilih Mitsubishi Xpander Ultimate Ketimbang Xpander Cross
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.