Tampilan Mirip Honda Win, Motor Klasik CD70 Dijual Tak Sampai Rp10 Juta!

Honda CD70

 

KEY TAKEAWAYS

  • Tampilan Honda CD70 menyerupai Win yang sudah lama diskontinu

    Bahkan tetap mempertahankan kesederhanaan bahkan cenderung klasik
  • Di Indonesia rata-rata motor jenis sport memiliki kubikasi di atas 100 cc. Dulu Astra Honda Motor (AHM) sempat menjual Win, namun kini sudah diskontinu. Tapi di negara lain, seperti Pakistan, ada yang memiliki tampilan mirip. Bahkan secara fisik bertampang lebih klasik. Namanya CD70 dengan volume ruang bakar kecil. Untuk harga jualnya cuma PKR 157.900 atau setara Rp8,5 jutaan saja. Sangat murah dan memang di sana pasarnya ada. 

    Berikut spesifikasi umum Honda CD70 yang dijual di Pakistan:

    Engine

    4-Stroke OHC Air Cooled

    Displacement

    72 cm3

    Bore & Stroke

    47,0 x 41,4 mm

    Compression Ratio

    9.3:1

    Clutch

    Multiplate Wet Clutch

    Transmission

    4 Speed Constant Mesh

    Starting

    Kick Start

    Caster

    26˚

    Trail

    65 mm

    Tyre size - Front

    2.25-17 Inch (4-PR)

    Tyre size - Rear

    2.50-17 Inch (4-PR)

    Namanya saja barang murah, sudah pasti tidak ada fitur canggih apapun. Bahkan teknologinya seperti motor era 1990-an di Indonesia. Dengan mesin kecil 72 cc, sistem pengabutan bahan bakar menggunakan karburator. Kemudian pengapian memakai CDI ignition seperti kendaraan jadul. Gerak piston tunggal memberi tenaga 5,19 PS di 7.500 rpm dan torsi puncak 5,08 Nm pada 5.500 rpm. Penyaluran tenaga ke roda belakang pakai transmisi manual 4-speed bersama tuas kopling tangan. 

    Baca Juga: Honda Supra X 125 Versi Trail Ini Dijual Mulai Rp19 Jutaan

    Honda CD70

    Untuk dimensi, Honda CD70 memiliki panjang 1.897 mm, lebar 751 mm, tinggi 1.014 mm dan jarak sumbu roda 1.206 mm. Bobot total 82 kg, jarak bodi ke tanah 136 mm dan mengusung rangka backbone. Walau mesinnya kecil, tapi kapasitas tangki mencapai 8,5 liter sehingga bisa menempuh jarak lebih jauh tanpa harus sering ke pom bensin. 

    Kalau dipandang secara utuh. Bentuk tangki CD70 tidak sepenuhnya kotak seperti Honda Win. Namun agak sedikit membulat yang menambah kesan klasik. Terdapat logo sayap di samping, bersama dengan striping minimalis. Lampu depan persegi panjang dan di bagian belakang penuh lengkungan. Termasuk sepasang sein. Knalpot panjang persis milik Honda C700. Ia tampak menggunakan jok tebal berbalut kulit sintetis hitam. Seharusnya nyaman saat dipakai berboncengan.  

    Panel meter analog, buat melihat kecepatan, odometer dan indikator jumlah bahan bakar. Garpu depan bertipe teleskopik atas. Seluruh sepatbor pakai logam berbalut kromium. Pelek depan maupun belakang menggunakan jari-jari 17 inci dan ban tube. Yang menarik, shock belakang memiliki penutup. Termasuk juga bagian rantai dengan tengkas silver. Tentu bagian ini bisa menambah keawetan onderdil karena terhindar dari cipratan kotoran maupun debu jalanan. Seluruh pengereman pakai tromol untuk menghela laju motor. (Alx/Odi)

     

    Baca Juga: Bukan Honda Sonic, Supra X 125 Berdandan Gaya Ayago Ini Punya Efisiensi 67,5 Kpl

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Motor Honda Unggulan

    Artikel Motor Honda dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test
    • Skema Kredit All New Honda Scoopy
      Skema Kredit All New Honda Scoopy
      Bangkit Jaya Putra . 07 Nov, 2024
    • 14 Perbedaan All New Honda Scoopy dengan Model Lama
      14 Perbedaan All New Honda Scoopy dengan Model Lama
      Bangkit Jaya Putra . 05 Nov, 2024
    • Honda Memperbarui Scoopy, Ubahan Desain dan Fitur Signifikan
      Honda Memperbarui Scoopy, Ubahan Desain dan Fitur Signifikan
      Muhammad Hafid . 05 Nov, 2024
    • Honda ICON e: dan CUV e: Tampil Perdana di IMOS 2024
      Honda ICON e: dan CUV e: Tampil Perdana di IMOS 2024
      Zenuar Yoga . 30 Okt, 2024
    • AHM Kasih Warna Baru Buat Honda ST125 Dax
      AHM Kasih Warna Baru Buat Honda ST125 Dax
      Zenuar Yoga . 30 Okt, 2024
    • Opsi Moge Adventure Kelas Menengah yang Cocok Buat Touring
      Opsi Moge Adventure Kelas Menengah yang Cocok Buat Touring
      Zenuar Yoga . Hari ini
    • Harga Mirip, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” Tech Max atau Honda CBR150R ABS?
      Harga Mirip, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” Tech Max atau Honda CBR150R ABS?
      Zenuar Yoga . 16 Jul, 2024
    • Buat Penggunaan Harian, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” atau Honda ADV160?
      Buat Penggunaan Harian, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” atau Honda ADV160?
      Zenuar Yoga . 05 Jul, 2024
    • Rivalitas Yamaha Nmax “Turbo” vs Honda PCX160 ABS Memasuki Babak Baru, Mana Layak Dipilih?
      Rivalitas Yamaha Nmax “Turbo” vs Honda PCX160 ABS Memasuki Babak Baru, Mana Layak Dipilih?
      Zenuar Yoga . 24 Jun, 2024
    • Pertarungan All New Honda Beat Street vs Suzuki Nex Crossover vs Yamaha X-Ride, Siapa Terbaik?
      Pertarungan All New Honda Beat Street vs Suzuki Nex Crossover vs Yamaha X-Ride, Siapa Terbaik?
      Zenuar Yoga . 07 Jun, 2024
    • First Ride All New Honda Beat Street: Ubahan Bikin Pengendalian Lebih Asyik!
      First Ride All New Honda Beat Street: Ubahan Bikin Pengendalian Lebih Asyik!
      Zenuar Yoga . 06 Jun, 2024
    • First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
      First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
      Setyo Adi Nugroho . 04 Feb, 2024
    • First Ride New Honda CBR250RR SP QS: Pembuktian Total Control yang Bikin Nagih!
      First Ride New Honda CBR250RR SP QS: Pembuktian Total Control yang Bikin Nagih!
      Zenuar Yoga . 07 Okt, 2022
    • Test Ride Honda ADV 160 ABS: Pembuktian di Jalan Menantang Sejauh 125 Km
      Test Ride Honda ADV 160 ABS: Pembuktian di Jalan Menantang Sejauh 125 Km
      Bangkit Jaya Putra . 21 Jul, 2022
    • First Ride Honda ADV 160: Penyempurnaan Bikin Happy!
      First Ride Honda ADV 160: Penyempurnaan Bikin Happy!
      Setyo Adi Nugroho . 07 Jul, 2022