Mendekati peluncuran, Maruti Suzuki membuka wajah baru Ertiga facelift. Lewat teaser resmi, kini terlihat bagian mana yang mendapat ubahan. Terlihat minim sekali. Hanya desain grille yang mendapat revisi total. Berbentuk seperti permata ala grille Hyundai, tapi dengan bingkai masih sama. Perubahan headlamp bisa dilihat dari dua proyektor.
Selebihnya tampak tak ada lagi yang berbeda. Meski bagian roda masih ditutupi. Dari foto mata-mata tersebar juga tidak menunjukkan pembaruan ini. Lewat teaser ini sekaligus pertanda enggak lama lagi segera meluncur. Kalau sesuai pemberitaan sebelumnya, Maruti Suzuki berencana meluncurkan Ertiga dan XL6 facelift 21 April mendatang. Mendekati momen itu, calon konsumen pun sudah bisa memesan meski belum resmi.
Prediksi di kabin juga tidak ditemui indikasi bakal banyak berubah. Informasi yang kami dapat, ada update dari head unit monitor 7-inci. Katanya mengambil sistem infotainment Smartplay Pro dari New Baleno. Tentu sekaligus ada perubahan user interface dan konektivitas. Apple CarPlay dan Android Auto sudah sebuah keharusan.
Baca Juga: Rumor Terbaru, Suzuki Ertiga dan XL6 Facelift Akan Ditenagai Mesin K15C Dualjet 115 PS
Kabar perubahan mekanikal perubahan semakin meyakinkan. Mesin anyar K15C 1,5-liter Dualjet, Dual VVT, plus mild-hybrid kemungkinan besar menjadi kenyataan. Enjin ini pertama kali dikenalkan oleh Suzuki Vitara versi Inggris. Adanya tambahan sistem smart-hybrid mampu mendongkrak torehan tenaga 10 PS. Dari 105 PS di K15B menjadi 115 PS. Namun tidak memengaruhi torsi 138 Nm. Yang pasti berimbas ke tarikan awal dan efisiensi bahan bakar. Kelak juga ada versi S-CNG di trim ZXi.
Lalu transmisi otomatis juga baru. Masih konvensional torque converter, namun jumlah rasio percepatan bertambah jadi 6-speed, sebelumnya 4-speed. Bahkan sudah dilengkapi juga dengan paddle shifter. Sayang transmisi manual tetap 5-speed.
Bagaimana dengan Indonesia? Suzuki Indomobil Sales baru saja memaparkan lagi soal teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) saat ajang IIMS Hybrid 2022 berlangsung. Sudah bukan rahasia kalau mild-hybrid bakal dipakai oleh New Ertiga. Unit Ertiga yang pakai sistem itu pun sudah pernah dipamerkan di Monas beberapa waktu lalu. Jadi, siap-siap menanti Low MPV hybrid pertama.
Namun mesin utama belum terjawab. Tentu saja unit baru K15C amat menarik bila menggantikan K15B. Tenaga meningkat pasti akan disukai konsumen sini. Daya 115 PS di atas lawan-lawannya, kecuali Honda Mobilio. Tapi kami masih ragu soal itu. Kombinasi K15B plus mild hybrid tetap terdengar menarik. Apalagi ditambah daya pikat transmisi matik 6-percepatan. Pastinya membuat Ertiga paling berbeda di dalam kompetisi LMPV. (Odi)
Baca Juga: Ekspektasi Kelengkapan Suzuki Ertiga Hybrid 2022 untuk Pasar Indonesia
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.