Bila mengincar Honda Mobilio seken, baiknya jangan ambil batch pertama 2014. Selain sudah berumur tujuh tahunan, keluaran perdana ini banyak mengalami kendala. Seperti panel dasbor yang terasa bergetar saat mobil melindas jalan tak rata. Interior biasa saja, kendala tombol AC kadang tak berfungsi, estetika fisik dinilai kurang apik. Dan CVT juga kerap alami problem, terutama bila pemilik sebelumnya salah dalam mengoperasikan. Disarankan beli versi facelift mulai 2017, sebab sudah banyak perbaikan di beberapa sektor. Kisaran harga seken di Jabodetabek pun masih masuk akal.
Harga Honda Mobilio:
Sebetulnya dalam kondisi sehat. Honda Mobilio facelift terkenal memiliki mesin irit dan bantingan suspensi masih relatif nyaman sebagai mobil keluarga. Yang pasti, jantung pacu memiliki tenaga paling tinggi di kelasnya. Mereka mengandalkan mesin 4-silinder 1,5 liter i-VTEC SOHC. Sanggup melecutkan tenaga 118 PS pada 6.600 rpm. Sementara daya puntir maksimal sebesar 145 Nm di 4.600 rpm. Energi kinetik disalurkan ke roda depan, melalui transmisi CVT Earth Dreams Technology. Selain diklaim penyaluran lebih halus, efisiensi bahan bakar juga dibilang baik. Opsi lain, transmisi manual lima percepatan.
Baca Juga: Honda Civic Hatchback Diskontinu, Tengok Harga Bekas dan Pajak Tahunannya
Namanya barang seken, tetap harus teliti sebelum membeli. Cek bagian kaki-kaki. Apakah suspensi mulai rembes. Kemudian link stabilizer juga dilihat bermasalah atau tidak. Gejala paling ringan, handling terasa kurang enak dan stabilitas di kecepatan tinggi berkurang. Ini biasanya menjangkit mobil Honda bekas pakai, dengan jarak pemakaian tinggi.
Lalu yang tak kalah penting, memeriksa transmisi jenis CVT Mobilio. Jika bermasalah, muncul bunyi dengung. Sedangkan kendala paling ringan, putaran awal terasa berat (kurang responsif) dan ngempos. Bila bermasalah, perbaikan harus ganti satu bonggol, bisa puluhan juta. Makanya, cari unit yang benar-benar sehat.
Walau ambil unit seken. Fitur Mobilio S bertransmisi manual lumayan oke. Mobil sudah dilindungi dual front SRS airbags dan rem dengan teknologi ABS + EBD. Ia mengusung struktur rangka G-CON + ACE, dilengkapi side impact beam dan sabuk keselamatan pretensioner serta kursi ISOFIX & Tether. Untuk tipe tertinggi, Honda melengkapi mobil dengan kamera parkir dan Hill Start Assist (HSA) serta Vehicle Stability Assist (VSA). Kekurangannya, kekedapan kabin memprihatinkan. Material kabin juga terasa murah. Joknya tipis, makanya bisa menghasilkan ruang interior lapang. Kelemahan ini terjadi juga di Brio dan BR-V yang menggunakan platform sama. Secara mekanikal dan fitur sudah bagus, namun Honda kurang memperhatikan kenyamanan kabin
Jika sudah dapat unit seken dengan kondisi terbaik, kemudian ingin merombak sektor hiburan Mobilio. Langkah paling gampang adalah mengganti speaker split lansiran JBL Speaker JBL GX-600C 6,5 inci. Harga cuma Rp1,2 jutaan, belum termasuk jasa instalasi. Boleh juga ganti head unit bertipe Android. Misal merek Mirai 9 inci dijajakan Rp3,5 jutaan. Semua bisa diatur sesuai kebutuhan Anda. (Alx/Odi)
Baca Juga: Seleksi Hatchback Bekas Keluaran 2018, Mending Honda Jazz RS atau Toyota Yaris TRD?
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.