Terkuak Gambar Paten yang Diduga Toyota bZ2X
KEY TAKEAWAYS
Kalau benar ini bZ2X, makan line-up bZ series akan terus bertambah
Bahkan Toyota tak segan-segan mengadopsi teknologi elektrifikasi dari CinaDi laman IP Australia Department of Industry, Innovation and Science. Terpampang gambar paten milik Toyota. Belum ada penjelasan lebih detail. Namun kalau dilihat dari perawakan mobil lebih mengacu ke keluarga bZ series. Bentuknya sangat mirip dengan kendaraan elektrifikasi macam bZ4X atau bZ3X. Banyak spekulasi kalau rancangan itu merupakan bZ2X lantaran bodi tampak lebih kompak.
Lihatlah, di raut muka ia mengadopsi rumah lampu berbentuk C-shaped yang sempit dan panjang. Kalau diamati lebih jeli, sorot depan juga sangat mirip crossover Ferrari Purosangue yang baru mendebut global. Kemudian rancangan desain kisi-kisi depan gaya jaring lebar heksagonal. Mengingatkan kita pada jenis kendaraan listrik bZ4X. Dari sisi bodi, tata letak keseluruhan mobil baru ini sangat kompak. Fender depan maupun belakang besar, membentuk visual bodi lebar.
Meski bodi gambar paten itu berstruktur empat pintu. Bagian belakang memiliki desain pintu tersembunyi, mirip dengan C-HR. Kendaraan ini juga mengadopsi warna bodi dual tone. Atap bagian belakang dan separuh bodi depan terlihat seperti dua struktur yang ditempatkan bersama. Bentuknya sangat modis. Bumper banyak sekali memiliki lipatan tajam, ditambah pelek racing bergaya sporty. Terus, tidak ditemukan pipa knalpot.
Baca Juga: Toyota bZ3, Sedan Listrik Murni yang Menggunakan Teknologi Cina
Bagian belakang mobil, dilengkapi dengan spoiler dan lampu ekor memiliki desain strip panjang. Selain itu, bentuk buritan mobil sangat kompleks. Kombinasi multi-line dan multi-level membuat bagian belakang tampak seperti tiga dimensi yang unik. Saat ini, hanya ada gambar paten dari penampilan eksterior. Belum terungkap seperti apa desain interiornya. Kemungkinan tak jauh-jauh dari keluarga bZ series.
Ukuran pun belum dapat dipastikan. Namun kita bisa mengira-kira dari spek Toyota bZ3. Unit menggunakan baterai BYD Blade LFP. bZ3 adalah mobil penggerak roda belakang. Motor 'TZ200-XS002' terpasang dalam dua tipe: 183 hp di model dasar dan 244 hp buat spesifikasi teratas. Kecepatan tertinggi dibatasi hingga 160 km/jam bagi kedua versi. Ukuran tubuh: 4.725 mm x 1.835 mm x 1.475 mm plus jarak sumbu roda 2.880 mm dan berat 1.835 kg. Sedangkan profil ban opsional, berukuran 16 inci atau 18 inci.
Kalau betul gambar paten merupakan Toyota bZ2X, kemungkinan spesifikasi mirip dengan bZ3X. Untuk urusan teknologi mobil listrik murni (EV), Toyota memang tertinggal. Demi menyusul tren global, mereka banyak menjalin kerja bareng pabrikan Cina. Perusahaan membeli teknologi dari pabrikan lain. Awal tahun ini, Toyota meluncurkan bZ4X besutan GAC-Toyota. Faktanya, motor listrik tertanam disediakan oleh GAC.
Lantas cara lain dilakukan dalam membesut bZ3 sebagai produk massal. Toyota pergi ke BYD. Tepatnya, ke perusahaan bernama Fudi Industrial. Sebuah anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh BYD dan menjual teknologi EV ke produsen mobil lain. Namun mengenai struktur rancang bangun kendaraan, berpijak pada arsitektur e-TNGA milik Toyota sendiri. Sedangkan teknologi untuk mobil yang disinyalir Toyota bZ2X masih misteri. (Alx/Odi)
Sumber: Drive
Baca Juga: Toyota Innova Zenix Berbasis TNGA Penggerak FWD dan Tanpa Mesin Diesel
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Mobil Toyota Unggulan
- Terbaru
- Yang Akan Datang
- Populer
Artikel Mobil Toyota dari Carvaganza
Artikel Mobil Toyota dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Road Test