Skutik tualang makin menarik pilihan. Sekarang bertambah Suzuki Nex Crossover yang menggantikan Nex II Cross. Rancang bangun mengubah tampilan Nex II menjadi ala motor adventure. Siap kala diajak bercengkrama ke rute non aspal. Harganya pun bersahabat, mengisi ruang diantara para lawan. Namun, semenarik apa jika pembeliannya diterjemahkan melalui skema cicilan?
Penawaran pabrikan via lembaga lising internal (Suzuki Finance Indonesia), lumayan menarik. Diterangkan bahwa pembelian dapat dilakukan dengan cara menyerahkan down payment (DP) minimal 10 persen. Penetapan ini cukup ringan dibanding brand lain yang masih mematoknya di atas itu. Bila dikalkukasi dari harga on the road Nex Crossover (Rp 17,99 juta), uang pangkal yang mesti disetor adalah Rp 1,8 juta.
Tenor tersedia meliputi 11, 17, 23, 29 dan 35 bulan. Tentu saja angsuran terendah ditemui pada opsi cicilan paling lama karena angsurannya hanya Rp 813 ribu setiap bulan. Tapi, ada baiknya Anda pilih 23 atau 29 bulan. Toh, cicilan regulernya berkisar Rp 900 dan Rp 1 jutaan. Sedikit mahal, namun dengan waktu mencicil lebih singkat.
Baca Juga: Suzuki Nex Crossover Diluncurkan, Varian Baru untuk para Petualang
Pastinya ada cara lain jika ingin mendapatkan angsuran dan tenor yang ringan. Hanya saja ada konsekuensi, Anda harus menyerahkan DP lebih besar. Misalnya saja dengan menggunakan uang pangkal maksimal Rp 5,4 juta. Untuk tenor 35 bulan, cukup setor uang sebesar Rp 657 ribu. Sementara jika kredit menyasar kepada tenor lain, pembayarannya bahkan masih di bawah Rp 900 ribu. Tepatnya Rp 742 ribu pada tenor 29 bulan dan Rp 860 ribu untuk 23 bulan.
Sekalipun Anda menetapkan waktu pembayaran selama 17 bulan, cicilannya cuma Rp 1,086 juta saja. Menarik bukan? Untuk informasi, simulasi ini dihitung berdasarkan banderol Nex Crossover untuk wilayah Jabodetabekser. Pasti ada selisih dengan kawasan lain. Maka itu, pastikan dulu nominal yang wajib Anda bayar ke jaringan penjualan Suzuki di seluruh Indonesia.
Keberadaan Nex Crossover sendiri memberi nuansa baru di jajaran skutik berlambang 'S'. Turunan Suzuki Nex II tampil beda dan atraktif dengan suguhan setang telanjang. Bentuk di bagian tengah melengkung, ditujukan untuk kenyamanan berkendara - posisi yang lebih tinggi.
Baca Juga: Catat Skema Kredit All New Honda Scoopy, DP Mulai Rp 3 Jutaan
Harganya lebih mahal daripada Suzuki Address dan Nex II. Dikarenakan pula menjadi tipe termahal, tentu harus ada nilai tambah bagi calon pembeli. Hal itu nyatanya disuguhkan pihak pabrikan melalui penyajian panel meter. Keseluruhan informasi dasar kendaraan tampil secara digital.
Ketersediaan ini tak dipunyai skutik Suzuki lain. Bukan cuma itu, penampangnya pun besar dan serupa kepunyaan produk Suzuki lain semisal Satria F150 atau GSX 150 Series. Mudah pula dipandang berkat sistem pencahayaan latar berwarna kuning. Dari layar tersebut, pengendara dapat membaca kecepatan, jarak tempuh, kapasitas bahan bakar, voltase baterai (accu), indikator sistem FI, indikator lampu, serta petunjuk waktu.
Perbedaan lain terdapat pada pemberian ban jenis dual purpose. Yang berarti memungkinkan Nex Crossover menjelajah ke medan tak rata. produk anyar Suzuki Indonesia jua punya ground clearance tertinggi di kelasnya yaitu 150 mm. Jika melihat kondisi sekarang - musim hujan, ketinggian kolong demikian jelas mendukung kala melalui genangan air yanh cukup tinggi.
Sayang tak tersedia fitur pengisi ulang daya gawai. Padahal perangkat ini ada di Nex II. Dan menjadi cukup penting, terutama jika tengah mengajak Nex Crossover blusukan. Untuk sistem pengunciannya masih konvensional. Masih mengandalkan model berpengaman magnet dengan sistem On/Off serta bukaan jok terintegrasi pada satu lubang. Nex Crossover juga hanya punya tampungan bahan bakar sebanyak 3,6 liter saja. Di kategori skutik adventure, dia menjadi pemiliki tangki terkecil. Pasalnya, kompetitor seperti Honda Beat Street dan Yamaha X-Ride 125 memiliki kemampuan menenggak bensin 4,2 liter. (Ano/Odi)
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.