Yamaha Indonesia telah meluncurkan produk terbarunya, Nmax "Turbo". Generasi terbaru ini tampil dengan desain yang lebih agresif dan dilengkapi dengan teknologi terkini, Yamaha Electric CVT (YECVT). Varian dengan harga termurah kini di pasaran dengan harga sekitar Rp32 juta. Berikut adalah beberapa fakta penting tentang Nmax "Turbo" sebelum Anda memutuskan untuk membelinya:
Setelah peluncuran resmi, Yamaha Nmax terbaru mendapatkan sambutan yang sangat baik. Saat pre-order online dibuka pada pukul 18.00 WIB di hari yang sama, 1.000 unit dari generasi ketiga Nmax ini terjual hanya dalam waktu 40 menit. Pemesanan melalui aplikasi Blibli akan terus dibuka dengan target penjualan total 5.000 unit hingga 30 Juni 2024.
Walaupun disebut "Turbo", model terbaru Yamaha Nmax ini sebenarnya tidak dilengkapi dengan komponen turbo asli yang umumnya terpasang di mesin mobil. Sebaliknya, perbaikan dilakukan pada area CVT dengan teknologi Yamaha Electric CVT (YECVT).
YECVT bekerja dengan menggunakan komponen elektrik khusus yang termasuk Unit Kontrol, Aktuator, dan beberapa Sensor dengan fungsi sebagai berikut:
Dengan teknologi YECVT, Nmax generasi ketiga dilengkapi dengan Riding Mode. Terdapat dua pilihan yang ditawarkan, S-Mode (untuk perjalanan jarak jauh atau touring) dan T-Mode (untuk mobilitas perkotaan), serta Y-Shift yang memungkinkan pengendara untuk meningkatkan akselerasi atau deselerasi secara instan dalam tiga tingkatan: Rendah (1), Sedang (2), dan Tinggi (3).
Teknologi Yamaha Electric Continuous Variable Transmission (YECVT) di Nmax "Turbo" bukanlah inovasi baru. Fitur ini juga telah digunakan oleh produsen sepeda motor lain. Yamaha sendiri telah menerapkan sistem serupa pada Yamaha Majesty 250, meskipun model tersebut tidak tersedia di Indonesia. Namun, untuk segmen skuter matik 150 cc, Nmax adalah yang pertama.
Walaupun dibekali dengan mesin Blue Core 155 cc VVA generasi terkini, performa Nmax "Turbo" tidak terlalu berbeda dari model pendahulunya. Profil mesinnya masih sama, yaitu 155 cc dengan pendinginan cairan, 4 Tak SOHC VVA, diameter x langkah 58 mm x 58,7 mm, dan rasio kompresi 11,6:1.
Berdasarkan spesifikasi teknis, Nmax versi sebelumnya menghasilkan tenaga 11,3 kW (15,1 Hp) pada 8.000 rpm dan torsi maksimal 13,9 Nm pada 6.500 rpm. Sementara itu, Nmax "Turbo" memiliki tenaga yang setara, namun dengan peningkatan akselerasi sebesar 0,3 Nm, menjadi 14,2 Nm pada putaran mesin yang sama.
Yamaha Nmax generasi terbaru hadir dalam lima varian, yang dibedakan berdasarkan warna, kelengkapan, dan fiturnya.
Varian pertama adalah Nmax Neo, yang menawarkan fitur Y-Connect dan Electric Power Outlet. Selanjutnya, Nmax Neo S yang memiliki fitur-fitur tersebut ditambah dengan Smart Key System.
Nmax Turbo dilengkapi dengan Y-Connect, Electric Power Outlet, Smart Key System, dan Yamaha Electric Continuously Variable Transmission (YECVT). YECVT ini menyediakan dua opsi riding mode dan teknologi Y-Shift dengan tiga tingkatan: Low (1), Medium (2), dan High (3).
Nmax "Turbo" Tech Max menambahkan Y-Connect with link card SCCU, Electric Power Outlet tipe C, Smart Key System, YECVT, Dual channel ABS, Multi Infotainment Display, TFT Navigation System, Special TechMax Seat, dan Traction Control System.
Varian puncaknya adalah Nmax "Turbo" TechMax Ultimate, yang memuat semua fitur dan teknologi dari Nmax Turbo TechMax, ditambah dengan Performance Damper yang meningkatkan stabilitas dan handling saat berkendara.
Untuk kelengkapan lain, tersedia pencahayaan Full LED dengan dual projector, bagasi yang luas, Start Stop System, Rear Sub Tank Suspension, dan ban tubeless bertapak lebar.
Pilihan warna setiap varian dan harga:
(Bgx)
Baca Juga: Alasan Yamaha Memakai Kata "Turbo" di Nmax Terbaru
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.