Hyundai Indonesia (HMD) menggelar media drive All New Santa Fe series. Perjalanan dimulai dari daerah Padalarang menuju Kawah Kamojang Garut, Jawa Barat. Jalanan dilewati relatif beragam. Mulai dari tol hingga wilayah perbukitan berkelok cocok untuk melihat seperti apa kapabilitas dalam menunjang aneka mobilitas pengguna. Termasuk mengetahui gambaran seberapa irit varian Calligraphy hybrid meminum bensin.
Baca Juga: Hyundai Menyiapkan Model N Lagi pada Akhir Tahun
Ketika masuk tol Purbaleunyi hingga keluar Cileunyi, dengan mode berkendara Eco. All New Santa Fe Calligraphy didapat mengonsumsi BBM 17,2 km/liter berdasarkan catatan MID. Gaya berkendara normal, sesuai dengan pergerakan rombongan (konvoi). Kecepatan maksimal sekitar 100 km/jam saja. Tidak berlebih dan tak banyak memacu RPM tinggi.
Nah, begitu menaiki wilayah perbukitan dan berhenti di tempat peristirahatan sementara (GCK Kamojang). Konsumsi bensin lebih besar, karena memang kendaraan butuh dorongan dan traksi lebih untuk menanjak. Hasilnya sempat didapat 14 km/liter. Namun ketika sampai di destinasi pertama menjadi 13,6 km/liter.
Di sini penguji OTO.com merasa tidak kerepotan dalam menaklukkan aneka tanjakan Kamojang. Karena sistem secara cerdas bisa menentukan sendiri kapan berubah menjadi EV mode secara otomatis. Termasuk menggunakan penggerak mesin turbo guna memberi tenaga lebih buat menanjak. Dan hebatnya, perpindahan sistem hybrid berjalan sangat mulus. Tak ada hentakan atau raungan mesin berarti.
Untuk diketahui, All New Hyundai Santa Fe Hybrid menggunakan enjin 1,6 liter turbo. Kalau hanya dari mesin ICE, keluaran tenaga mencapai 180 PS pada 5.500 rpm dan torsi maksimal 265 Nm sejak 1.500 rpm hingga 4.500 rpm. Sedangkan motor listrik memberi daya 44,2 kW (60 PS) serta momentum puntir 264 Nm dari 1.700 rpm. Distribusi power ke ban mengandalkan transmisi otomatis enam percepatan. Maka tak ayal, kalau ia begitu perkasa melibas aneka jalanan.
Menurut pabrikan, All New Santa Fe memang dirancang agar menghasilkan efisiensi daya terbaik. Juga agar asupan bahan bakar optimal walau tenaga dan torsi besar dibuncahkan. Dengan semangat ‘Live Bigger’ yang menekankan optimalisasi dalam berbagai sektor inovasi kendaraan. All New Santa Fe siap menjadi teman berbagai petualangan dan aktivitas berkendara.
Ia mantap bersaing di dalam pasar otomotif bareng rival sejawat, seperti All New Honda CR-V 2.0L RS e:HEV. Makanya, Hyundai menekankan karakteristik dan aneka fitur unggulan agar sanggup menjadi pemenang di hati konsumen. Rancang bangun pun dibesut dan diformulasikan secara matang agar mencuatkan desain gagah sekaligus mengantongi rangkaian fitur inovatif. (Alx)
Baca Juga: Hyundai Tucson Terbaru Meluncur dengan Dua Pilihan Mesin
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2025. Semua Hak Cipta Dilindungi.