Test Ride: Honda CBR1000RR SP

JAKARTA, 16 Agustus 2016 -- Motovaganza sudah cukup banyak melakukan test ride motor-motor besar asal Eropa seperti BMW Motorrad (Jerman), Ducati Motorcycles (Italia), atau Triumph Motorcycles (Inggris). Hmmm… ternyata saya baru menjajal satu nama dari Jepang yaitu Kawasaki. Padahal, negeri matahari terbit itu punya satu nama besar; Honda. Di Indonesia, jajaran Big Bike mereka cukup lengkap. Mereka punya model seperti, Honda CB500X ABS, CB500 F, CBR500R, NM4-Vultuz, Honda CB650F ABS, CBR650F ABS. Saya mendapat kesempatan menjajal salah satu model andalan Honda di kelas 1000 cc yaitu Honda CBR1000RR SP. Boleh dibilang inilah line-up top level Honda. Honda is Honda. Ada karakter tersendiri yang terlihat dari desain yang mereka buat. Honda CBR1000RR SP mengusung desain secara umum layaknya sportsbike dengan desain full fairing, menukik, stang menunduk serta meruncing di bagian buritannya. Sekilas motor yang saya coba, dengan warna tri-color HRC, mirip dengan Honda CBR250 keluaran tahun 2015. Dengan mengusung konsep “Fun Sport Riding and Easy Handling” Honda benar-benar sukses menggarap motor keluaran 2016 ini. Hal ini diperkuat dengan penggunaan suspensi depan – belakang yang didesain secara khusus, caliper rem depan yang juga didesain secara khusus milik Brembo serta penggunaan rangka ringan bertipe diamond berbahan alumunium. Walaupun demikian, bobot motor dengan mesin 4 silinder berkapasitas 1000cc ini terbilang ringan. Rangka didesain tidak hanya ringan tetapi juga ringkas dengan die-cast aluminum twin-spar 4 pieces mengadopsi dari tipe RR yang telah dimodifikasi menyesuaikan dengan suspensi Öhlins. Hasilnya motor ini memiliki berat keseluruhan seberat 210Kg. Sementara titik keseimbangan rigid berada di sekitar suspensi belakang dengan sistem Pro-Link menghasilkan gerakan lincah dan nyaman dalam pengendalian traksi. 14082016-Moto-CBR1000RR_04 Riding Position Puas melihat tampilannya, saya tak sabar untuk segera menunggangi motor ini. Saat duduk di atas kursi CBR1000RR SP, rasanya cukup pendek. Posisi duduk terbilang nyaman, hal ini mungkin disebabkan tinggi jok yang cukup acceptable untuk postur orang Indonesia yaitu sekitar 825-845 mm. Kaki saya sampai ke tanah alias tidak perlu jinjit. Posisi ini membuat saya pede untuk mulai menghidupkan mesin melalui tombol yang menggunakan bantuan elektrik starter. Sedikit tips, untuk mendapatkan riding position yang nyaman dan pas ada baiknya badan sedikit membungkuk atau menunduk. Dengan kata lain riding positionnya menegaskan karakter motor sport yang siap “digeber”. Nah, keunggulan dimensi dan riding position ini yang menjadikan Honda CBR 1000RR SP lincah diajak nyalip-nyalip di antara ramainya kendaraan di kawasan Senayan, tempat saya memulai test dride kali ini. 14082016-Moto-CBR1000RR_01 Mesin Mengarah ke kawasan Pancoran, saya mulai mengeksplorasi kemampuan mesin motor ini. Honda CBR 1000RR SP diperkuat mesin berkubikasi 999.8cc Inline 4 valve per cylinder PGM-FI, liquid cooled. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 133 kW pada @ 2,250 rpm dan torsi sebesar 114 Nm pada @ 10,500 rpm. Dengan kemampuan mesin sebesar ini, Honda mengklaim CBR100RR hanya membutuhkan waktu 5 detik untuk melahap 0-150 km/jam. Tentu saja saya tak mau membuktikan klaim ini di jalanan Jakarta. Bisa berlari 80-100 km/jam saja rasanya sudah bagus. Walau terbilang buas, karakter 4 silinder Honda CBR1000RR SP juga asik diajak berjalan santai melibas kemacetan Jakarta. Ini menjadikan nilai lebih untuk motor tipe superbike. Untuk transmisi Honda CBR1000RR SP menggunakan transmisi 6 percepatan manual. Asiknya, kopling terasa sangat enteng berkat teknologi Light Action dan Assist Sliper Clutch yang merupakan teknologi turunan motor MotoGP Honda RCV213 V. Teknologi ini memastikan kemudahan, kehalusan dan ketepatan pergantian gigi pada tuas kopling. Saya merasakan pengereman mendadak seperti saat akan memasuki tikungan, fitur ini sangat efektif menurunkan torsi mesin serta turut mengurangi potensi kehilangan traksi sehingga kestabilan pengendalian dapat tetap terjaga. 14082016-Moto-CBR1000RR_03 Performa & Safety Menariknya, Honda melengkapi CBR 1000RR SP dengan mengkombinasikan kecanggihan rem ABS dan. Tidak hanya itu, Honda Electronic Steering Damper (HESD) yang disematkan juga merupakan langkah cerdas untuk memberikan stabilitas prima pada kecepatan tinggi dengan meminimasi perubahan sudut kemudi dan tetap ringan dan mudah dikendalikan pada saat putaran rendah. Hal ini kami uji dengan melakukan aksi wheelie saat situasi jalan sedang sepi tepat berada di depan kawasan Taman Ria, Senayan. Paket keamanan yang dipasang Honda juga meliputi lengan ayun belakang berbahan aluminium berbentuk gull-wing yang dioperasikan melalui suspensi belakang Unit Pro-Link milik OHLINS yang juga adopsi Moto GP, Honda RCV213 V milik Mar Marquez. Kestabilan kelas atas yang diadopsi model ini mengaplikasikan struktur tabung ganda (damper case and cylinder) untuk menghasilkan kinerja traksi dan performa daya cengkram yang meningkat tajam. Selama 3 hari bermain-main dengan motor ini, Honda CBR1000RR SP sangat asik untuk diajak menempuh perjalanan dalam kota maupun bermanuver di dalam lintasan sirkuit. Namun dengan syarat: Anda harus memiliki skill sedikit di atas rata-rata untuk menaklukkan power to weight ratio-nya yang mencapai 1:1.45 hp/kg. Dengan kata lain ban depan akan otomatis terangkat dari tanah saat kecepatan menunjukan angka 180 km/jam. Dahsyat! Oh ya, masih ada satu keunggulan lagi. Honda CBR1000RR SP dijual dengan harga Rp 575 juta (off the road). Harga ini jauh di bawah harga motor di kelas superbike asal Eropa lainnya. [gallery columns="4" td_select_gallery_slide="slide" ids="16377,16378,16379,16380,16381,16382,16383,16384,16385,16386,16387,16388,16389,16390,16391,16392"> ANDHIKA KRESNA

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Satu Dekade Mengaspal, Yamaha Nmax Tetap Jadi Skutik Premium Favorit di Indonesia
    Satu Dekade Mengaspal, Yamaha Nmax Tetap Jadi Skutik Premium Favorit di Indonesia
    Zenuar Yoga . 28 Apr, 2025
  • CBR Series Dominasi ARRC Buriram 2025: Astra Honda Borong Podium
    CBR Series Dominasi ARRC Buriram 2025: Astra Honda Borong Podium
    Zenuar Yoga . 28 Apr, 2025
  • MotoGP Spanyol 2025: Alex Marquez Cetak Sejarah, Marc Marquez Gagal Bersinar
    MotoGP Spanyol 2025: Alex Marquez Cetak Sejarah, Marc Marquez Gagal Bersinar
    Zenuar Yoga . 28 Apr, 2025
  • Federal Oil Tawarkan Promo Menarik, Ada Hadiah Tiket MotoGP!
    Federal Oil Tawarkan Promo Menarik, Ada Hadiah Tiket MotoGP!
    Zenuar Yoga . 24 Apr, 2025
  • Suzuki Indonesia Beri Warna Baru Met Sonoma Red untuk V-Strom 250SX
    Suzuki Indonesia Beri Warna Baru Met Sonoma Red untuk V-Strom 250SX
    Anjar Leksana . 22 Apr, 2025
  • Pilih Skutik 125 cc Ideal: Yamaha Fazzio, Honda Vario 125, atau Suzuki Burgman Street 125EX?
    Pilih Skutik 125 cc Ideal: Yamaha Fazzio, Honda Vario 125, atau Suzuki Burgman Street 125EX?
    Zenuar Yoga . 28 Apr, 2025
  • Bujet Terbatas? Ini Pilihan Motor Murah yang Tetap Fungsional
    Bujet Terbatas? Ini Pilihan Motor Murah yang Tetap Fungsional
    Zenuar Yoga . 24 Apr, 2025
  • Ketahui Harga Promo CFMoto Papio XO-2 dan Detail Spesifikasinya
    Ketahui Harga Promo CFMoto Papio XO-2 dan Detail Spesifikasinya
    Anjar Leksana . 23 Apr, 2025
  • 8 Fitur Unggulan Yamaha Gear Ultima yang Layak Dipertimbangkan
    8 Fitur Unggulan Yamaha Gear Ultima yang Layak Dipertimbangkan
    Zenuar Yoga . 22 Apr, 2025
  • WMoto Swiftbee 125 cc Desainnya Menarik! Harga Lebih Murah dari Scoopy
    WMoto Swiftbee 125 cc Desainnya Menarik! Harga Lebih Murah dari Scoopy
    Anjar Leksana . 22 Apr, 2025
  • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Terpaksa Mudik Pakai Motor, Perhatikan Hal Ini Sebelum Berangkat
    Terpaksa Mudik Pakai Motor, Perhatikan Hal Ini Sebelum Berangkat
    Zenuar Yoga . 18 Mar, 2025
  • Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Alvando Noya . 10 Mei, 2024
  • Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Bangkit Jaya Putra . 04 Mar, 2025
  • First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    Zenuar Yoga . 03 Mar, 2025
  • Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2025
  • First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    Bangkit Jaya Putra . 16 Jan, 2025
  • First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    Zenuar Yoga . 02 Jan, 2025