TEST RIDE: Royal Alloy GP200S, Spesifikasi Lengkap

Royal Alloy GP200S

JAKARTA – Satu lagi nama baru masuk Indonesia; Royal Alloy. Tadinya mereka akan melakoni debut di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2020. Bahkan rencana itu sudah diumumkan lewat situs resmi mereka. Sayang, pandemi COVID-19 membatalkan kelangsungan pameran otomotif tahunan yang harusnya dilangsungkan 9-19 April 2020 itu. Otomatis menggagalkan perkenalan Royal Alloy ke publik Tanah Air.

Tapi bukan berarti Royal Alloy patah arang. Mereka melakoni beberapa cara untuk mengenalkan nama mereka sebagai pendatang sekaligus pemain anyar. Beberapa nama sudah lebih dulu hadir di Indonesia. Jelas perlu panggung untuk memperkenalkan diri. Seumur jagung, mereka perlu banyak tampil menghadapi Vespa, Lambretta, maupun Peugeot Scooter. Meski tak ada seremoni khusus, situasi ini tak lantas membuat Utomocorp (importir) menunda aksi sang merek. Dan, melalui Royal Alloy GP200S inilah perjalanan mereka dimulai.

OTO.com dan Motovaganza.com beruntung kebagian jatah pertama menjajalnya. Namun ada hal yang cukup menggelitik. Tentu Anda sepakat bahwa fasad GP200S ini identik dengan skuter buatan Lambretta. Tentu saja tidak dituliskan secara gamblang. Terlebih Royal Alloy sendiri hanya menuliskan, penggarapan produk terinspirasi dari skuter yang hadir pada era-60an. Meski kami kira, referensi itu berasal dari sosok Lambretta TV atau SX series.

Royal Alloy GP200S

Tampilan

Dari tampilannya, nuansanya begitu terasa. Utamanya kala mengarahkan pandangan ke bentukan dasi, cover klakson, model sepatbor hingga struktur kaki-kaki (suspensi) depan. Tak cuma itu, model bodi samping atau jamak disebut tepongnya pun punya tarikan pola serupa. Bagaimana pendapat Anda?

Walau nyatanya jika ditilik lagi, justru Scomadi-lah yang berperan penting atas lahirnya Royal Alloy. Ada cerita apa antarkedua brand tak umum ini? Tunggu ulasan kami selanjutnya. Sebelumnya, mari fokuskan dulu menyelisik perbekalan Royal Alloy GP200S.

GP200S menyajikan bentukan skuter yang tak kalah klasik. Utamanya menyasar ke bentukan dasi dan tebeng yang sekaligus menjadi media untuk mengumbar merek. Ditandai dengan penempelan emblem brand dan model. Lalu, sepatbor 'bego' yang tak mengikuti pergerakan roda, ketika kemudi bergerak ke kanan atau kiri.

Royal Alloy GP200S

Fitur

Meski tampilannya menguatkan aroma lawas, modernitas tetap dituangkan pabrikan lewat sematan lampu jenis LED. Sementara di dalam rumah lampu terdapat list putih bertuliskan Royal Alloy. Lantas berkesan mewah lantaran dibungkus cover heksagon beraksen krom. Sama pula dengan pengaplikasian sein mungil di kedua tebeng, jua dengan lampu hemat daya.

Beranjak ke area kemudi, terdapat panel meter digital. Minimalis, namun cukup bersahabat dipandang. Berisi informasi seperti spidometer, takometer, indikator bensin, suhu mesin hingga odometer. Disertai pula beberapa lampu indikator di bagian bawah layar. Beralih ke area setang, juga terdapat tombol-tombol umum semisal electric starter, sein, klakson dan tombol untuk menyalakan lampu jauh.

Sayang, bagian setang tak terbungkus sepenuhnya. Alhasil, memaksa kabel-kabel di bawah setang tereksploitasi. Berbeda dengan unit jualan Vespa atau Lambretta yang terlihat lebih clean. Belum tuntas di situ, sistem kunci Royal Alloy GP200S rupanya masih sangat konvensional. Bahkan tanpa pengaman magnet sekalipun. Tak ubahnya kepunyaan skutik Jepangan seperti Honda Beat atau Yamaha Mio, 10 tahun ke belakang. Padahal harga jualnya mencapai Rp 95 juta!

Royal Alloy GP200S

Kompartemen

Yang menarik adalah kompartemen di balik tebeng. Ah, jadi teringat dengan salah satu lini lawas Vespa Excel. Terbagi menjadi dua ruangan yang dipisahkan oleh rangka. Memang tak cukup besar, tapi cukup untuk menaruh satu set jas hujan atau tas berukuran kecil. Sementara di sisi lain sudah dilengkapi pula dengan USB port untuk mengisi ulang daya gawai.

Ada pula tombol berwarna merah yang berfungsi untuk mengganti beberapa tampilan informasi saja. Tak cukup fungsional karena untuk mengubahnya, pengendara mesti membuka dulu boks dengan kunci. Lalu merogoh tombol yang menjorok ke dalam. Alangkah bijaknya jika fitur tadi berganti fitur engine cut ON/OFF. Setidaknya untuk mereduksi kekhawatiran pemilik dari pencurian.

Satu lagi, konsol tadi juga menjadi satu-satunya ruang yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan barang bawaan. Anda tak akan menemukan lagi bagasi di bawah jok. Pasalnya, area ini sudah disesaki oleh tangki bahan bakar bermuatan 11 liter. Untuk mengisi bensin diperlukan lagi kunci kontak. Tapi akses pengguna dimudahkan karena pembukaan joknya mudah. Cukup angkat bagian belakang jok depan yang sudah dilengkapi perekat karet.

Royal Alloy GP200S

Mesin

Apakah cuma ini modal Royal Alloy GP200S? Jawabannya tentu tidak. Apalagi saat mengetahui kepemilikan jantung mekanik. Skuter Inggris buatan Thailand dibekali mesin DOHC yang tak ditemui pada kompetitor. Berkubikasi 181 cc dengan padu padan sistem pengabutan bahan bakar injeksi ala Magnetti Marelli. Di atas kertas GP200S sanggup mengail daya 19,5 Hp/9.500 Nm dan torsi maksimal 16 Nm/7.000 rpm.

Namun perlu diingat, GP200S memiliki bobot yang berat. Penggunaan rangka baja dan sebagian besar panel bodi berbahan sejenis, lalu volume bensin dan mesin besar, memberi sumbangsih besar terhadap berat 148 kg. Kenyataannya, produk ini miliki rancang bangun kompak.

Dengan dimensi: 1.870 x 620 x 1.150 mm (P x L x T), ia tak lebih besar daripada pesaing utamanya, Lambretta V200 Special. Pun mengenai ketinggian jok yang berkaitan erat dengan impresi berkendara. GP200S hanya 770 mm, sedangkan sang lawan 800 mm. Harus dibuktikan! (Ano/Raju)

[gallery link="file" ids="16400,16401,16402,16403,16404,16396,16397,16398,16399">

Jelajahi Royal Alloy GP200S

Model Motor Royal Alloy

Motor Royal Alloy
  • Royal Alloy GP150
    Royal Alloy GP150
Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Royal Alloy Unggulan

Artikel Motor Royal Alloy GP200S dari Oto

  • Road Test
  • Test Ride Royal Alloy GP200S: Mahalnya Harga Dibayar oleh Performa (Part-2)
    Test Ride Royal Alloy GP200S: Mahalnya Harga Dibayar oleh Performa (Part-2)
    Ary Dwinoviansyah . 09 Jun, 2020
  • Test Ride Royal Alloy GP200S: Selisik Perbekalan Sang Pendatang tanpa Seremoni (Part-1)
    Test Ride Royal Alloy GP200S: Selisik Perbekalan Sang Pendatang tanpa Seremoni (Part-1)
    Ary Dwinoviansyah . 09 Jun, 2020