TEST RIDE: Vespa Primavera 150 i-get ABS, Small and Agile

JAKARTA, 12 Juli 2019 – Kesempatan memang tak datang dua kali, pepatah ini benar adanya. Ketika menerima undangan PT Piaggio Indonesia menjajal Vespa GTS Super 150 i-get ABS, pekan lalu, ternyata saya juga mendapatkan kesempatan menjajal model lainnya. Setelah menjajal GTS Super dari Kemang Jakarta menuju ke Bogor, kami beristirahat sebentar di sebuah kafe dengan kopi Arabika-nya yang wangi. Suasana yang tenang dan asri sempat membuat saya malas untuk kembali riding. Usai istirahat, ternyata kami harus bertukar motor. Tanpa tahu model, saya melirik barisan Vespa yang terparkir. Ada satu Vespa berkelir krem yang elegan yang menarik perhatian saya. Ketika saya dekati ternyata ini adalah Primavera 150 i-get ABS. Nah…

Desain

Vespa Primavera 150 hadir dengan beberapa ubahan. Secara umum tampilannya masih mempertahankan gaya khas Vespa namun dengan sentuhan modern. Lampu depan berbentuk bulat sudah menggunakan LED demikian juga dengan lampu belakang. Bagian depan mendapat aksen warna abu-abu (grey) di bagian sudut, warna ini juga menghiasi horn cover atau tempat klakson serta fronet crest di bagian spakbor depan. Jok menggunakan kulit berwarna cokat tua (dark brown) yang senada dengan warna body krem. Velg berukuran 12 inci berwarna grey glossy. Tampilan klasik terlihat pada bagian dashboard, namun ada campuran modern dengan hadirnya LCD. Baca juga: TEST RIDE: Vespa GTS Super 150, Smooth But Not a Criminal Baca juga: Vespa GTS Super 150 Baru Sapa Pengunjung Kota Kasablanka Baca juga: Moto Guzzi V85TT Resmi Masuk Indonesia, Harga Rp 650 Juta

Fitur

Skutik baru 150cc andalan Vespa ini kini telah dilengkapi dengan perangkan keselamatan ABS single-channel pada roda bagian depan. Tak hanya dilengkapi dengan ABS, new Vespa Primavera 150 i-get ABS ini juga telah menyematkan lingkar roda baru dengan diameter 12 inci. Ubahan pada bagian roda ini berdampak pada ketinggian jok. New Vespa Primavera 150 ABS kini memiliki ketinggian jok hingga 790mm. Ketika mengendarai model ini dari Bogor menuju Cirasua yang macetnya ampun-ampunan, bodinya yang mungil sangat membantu. Vespa Primavera 150 i-get ABS ini memang lebih mungil jika dibandingkan GTS Super 150. Demikian juga dengan bobotnya, yang tentu saja membantu saya untuk selap selip di antara mobil yang parkir dari simpang Gadog, Ciawi, hingga Cisarua.

Mesin

Guna menunjang performanya, Piaggio Indonesia menyematkan mesin i-get 4-stroke 1-cylinder berkapasitas 150cc yang mampu menyemburkan tenaga maksimal 12.7 hp pada 7.500 rpm dan torsi maksimal 12.8 Nm pada 5.000 rpm. Meski secara spesifikasi Primavera memiliki tenaga dan torsi lebih kecil dibandingkan GTS Super 150 (tenaga 14.4 hp dan torsi 13.5 Nm) namun bodynya yang lebih kecil dan ringan justru membuat motor ini bisa diajak agresif. Anda tinggal memuntir tuas gas, maka tenaga menyembur dengan apik. Skuter ini anteng saat kecepatan lewat dari 70 km/jam. Guna mengimbangi mesinnya, Vespa memasang sistem pengereman dengan ABS. Kemampuannya bisa diandalkan. Suatu ketika saya harus melakukan hard braking lantaran, motor yang nyelonong karena tak sabaran dengan macet. Rem terdengar sedikit berdecit namun langsung berhenti sehingga tidak ‘mencium’ motor di depan.   Saya boleh dibilang beruntung mendapatkan Primavera 150 i-get ABS ini saat rute menuju Cisarua. Dengan body mungil, jok nyaman, dan mesin yang responsif, macet weekend yang gila-gilaan tidak jadi masalah. New Vespa Primavera 150 i-get ABS dibanderol dengan harga Rp 43 juta on-the-road Jakarta. Ada tiga warna yang ditawarkan yaitu Beige Eleganza (krem), Blue Energia (biru), dan White Innocenza (putih). Spesifikasi Vespa Primavera 150 i-get ABS: Engine type: Piaggio I-get single cylinder, 4 strokes, 3 valves Fuel distribution system: Electronic Injection PFI (Port Fuel Injection) Displacement: 154.8 cc Maximum Power: 9.5 kW / 7,750 rpm Maximum Torque: 12.8 Nm / 6,500 rpm Cooling System: Forced Air Start-up: Electric Gear: Automatic Front Suspension: Single arm with helical spring and single double-acting hydraulic shock absorber Rear Suspension: Double-acting shock absorber, adjustable to four positions at preloading Brake System: ABS 1 channels Front Brake: Hydraulically operated ø 200 mm stainless steel disc brake Rear Brake: Mechanically operated ø 140 mm drum brake Front Tire: Die-cast aluminum alloy 3.00x12" - Tubeless 110/70-12" Rear Tire: Die-cast aluminum alloy 3.00x12" - Tubeless 120/70-12" Length / Width: 1,852 mm/680 mm Wheelbase: 1,334 mm Fuel Capacity: 7L +/- 0.5 L Emission: Euro 3 RAJU FEBRIAN

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Baru Satu Tahun Diluncurkan, SMK Helmet Raih Capaian Signifikan
    Baru Satu Tahun Diluncurkan, SMK Helmet Raih Capaian Signifikan
    Zenuar Yoga . 19 Nov, 2024
  • Piaggio Group Merilis Produk Terbaru dari 4 Brand di EICMA 2024
    Piaggio Group Merilis Produk Terbaru dari 4 Brand di EICMA 2024
    Zenuar Yoga . 19 Nov, 2024
  • QJ Motor Mengeluarkan Skutik Mirip Yamaha Aerox
    QJ Motor Mengeluarkan Skutik Mirip Yamaha Aerox
    Anjar Leksana . 19 Nov, 2024
  • Yamaha Indonesia Hadirkan Fazzio Youth Festival, Ada Kompetisi Antarsekolah
    Yamaha Indonesia Hadirkan Fazzio Youth Festival, Ada Kompetisi Antarsekolah
    Zenuar Yoga . 18 Nov, 2024
  • Federal Oil Ungkap Peredaran Oli Palsu di Jawa Tengah
    Federal Oil Ungkap Peredaran Oli Palsu di Jawa Tengah
    Zenuar Yoga . 18 Nov, 2024
  • Opsi Moge Adventure Kelas Menengah yang Cocok Buat Touring
    Opsi Moge Adventure Kelas Menengah yang Cocok Buat Touring
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Pilihan Skutik Simpel Minim Fitur Canggih
    Pilihan Skutik Simpel Minim Fitur Canggih
    Zenuar Yoga . 23 Okt, 2024
  • Tak Mau Merek Cina, Ini Pilihan Motor Listrik dari Brand Jepang
    Tak Mau Merek Cina, Ini Pilihan Motor Listrik dari Brand Jepang
    Zenuar Yoga . 14 Okt, 2024
  • Daftar Harga Skuter Matik Murah Tak Sampai Rp20 Juta di Indonesia
    Daftar Harga Skuter Matik Murah Tak Sampai Rp20 Juta di Indonesia
    Anjar Leksana . 24 Sep, 2024
  • Ini Bedanya Nmax Turbo dengan Nmax Turbo Tech Max
    Ini Bedanya Nmax Turbo dengan Nmax Turbo Tech Max
    Zenuar Yoga . 02 Sep, 2024
  • Bedakan Busi Asli dan Palsu Sangat Mudah, Ini Caranya!
    Bedakan Busi Asli dan Palsu Sangat Mudah, Ini Caranya!
    Zenuar Yoga . 24 Jun, 2024
  • Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Alvando Noya . 10 Mei, 2024
  • Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Zenuar Yoga . 16 Apr, 2024
  • Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Zenuar Yoga . 08 Apr, 2024
  • Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2024
  • First Ride Moto Guzzi Stelvio: Sajikan Pengalaman Baru Berkendara
    First Ride Moto Guzzi Stelvio: Sajikan Pengalaman Baru Berkendara
    Zenuar Yoga . 08 Nov, 2024
  • Test Ride Yamaha NMax "Turbo": Pembuktian 560 Kilometer Bali-Lombok
    Test Ride Yamaha NMax "Turbo": Pembuktian 560 Kilometer Bali-Lombok
    Bangkit Jaya Putra . 12 Agu, 2024
  • First Ride Yamaha Nmax "Turbo": Pembuktian Performa dan Fitur Terbaru
    First Ride Yamaha Nmax "Turbo": Pembuktian Performa dan Fitur Terbaru
    Setyo Adi Nugroho . 01 Jul, 2024
  • Test Ride Aprilia SR-GT 200 Replica: Lincah dan Punya Balans Bagus di Jalan Pegunungan
    Test Ride Aprilia SR-GT 200 Replica: Lincah dan Punya Balans Bagus di Jalan Pegunungan
    Eka Zulkarnain . 20 Jun, 2024
  • First Ride All New Honda Beat Street: Ubahan Bikin Pengendalian Lebih Asyik!
    First Ride All New Honda Beat Street: Ubahan Bikin Pengendalian Lebih Asyik!
    Zenuar Yoga . 06 Jun, 2024