Strategi baru dilakukan Toyota Astra Motor dalam memisahkan varian Agya 2023. Versi GR Sport bukan sebagai kendaraan LCGC. Sehingga layak disandingkan melawan Honda Brio RS. Papan konstruksi, mesin dan jenis transmisi CVT memang sama dari reguler. Namun sejumlah body kit dan perintilan aksesori jadi pembeda kasta. Ia dilepas Rp253,5 juta on the road Jakarta. Kacek tipis dibanding Raize 1.2 G CVT Rp247,9 juta. Begini poin-poin pertimbangannya.
Dilihat dari visual, tampilan Agya GR Sport tampak memesona di level small hatchback. Unit dilengkapi dengan aero kit guna mendongkrak sisi aerodinamika. Toyota memberi tambahan down force supaya dapat bermanuver stabil nan lincah. Koefisien drag lebih rendah 3 persen atau menjadi 32 Cd. Tampilan juga dipermanis oleh pelek 15 inci machinery alloy wheel.
Agya GR Sport juga disetel ulang (tuning) di bagian power steering dengan power motor lebih tinggi. Ratio steering gear semakin rendah, serta bagian kaki-kaki mengadopsi shock absorber serta coil spring kian rigid dibanding versi reguler. Jadi sensasi berkendara terasa berbeda antara model LCGC dan hatchback city car ini.
Masuki kabin Agya. Supaya berkesan sporty. Toyota memberi beberapa sentuhan signature GR Sport. Seperti dark silver ornament color di kisi-kisi AC, GR Sport logo dan red stitch di bangku depan maupun bagian bawah kemudi sudah berbahan kulit sintetis. Lanjut ada floor mat, serta leather shift knob. AC dan meter cluster sudah digital & head unit mengambang 7 inci multi-sambungan. Yang paling menarik, dibalik setir tersisip paddle shift untuk mengatur perpindahan gigi virtual.
Baca Juga: Fitur All New Toyota Agya 2023 yang Tidak Dimiliki Kompetitor
Fitur keamanan Agya GR Sport cukup. Sektor pengereman diberi ABS plus EBD. Terdapat pula Rear Parking Sensor, Speed Sensor Lock, Alarm, Immobilizer, Isofix, serta Seat Belt Warning. Dual Airbag ada di seluruh tipe, berikut Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Asssist (HSA) sebagai standar.
Enjin di semua tipe Agya hanya tersedia satu pilihan, 1.200 cc tiga silinder Dual VVT-i. Tarian piston ganjil memberi torsi 113 Nm pada 4.500 rpm. Buncahan tenaga 88 PS di 6.000 rpm Klaim Toyota, formulasi baru bikin putaran mesin rendah namun memberikan power agility kian baik. Apalagi trim atas menggunakan sistem penyaluran baru CVT beserta Active D Control yang bekerja lebih hening dalam kondisi normal.
Harga Agya GR Sport CVT lebih mahal dari Honda Brio RS Urbanite Edition Rp243,9 juta. Selisih Rp9,6 juta. Namun kelengkapan yang diberikan sepadan. Layak dimiliki buat mobilitas harian di ibu kota. Tapi kalau Anda mempertimbangkan value for money dan menitikberatkan fungsi. Tipe G CVT Rp191,4 juta sudah komplet. Fitur keselamatan sama dan tersemat paddle shift. (Alx/Odi)
Baca Juga: Toyota Agya 2023 Termurah Rp167,9 Juta, Punya Fitur Apa Saja?
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.