Toyota Aqua Generasi Terbaru Mengenalkan Teknologi Hybrid Paling Inovatif

Toyota Aqua

Satu lagi kontestan hybrid datang dari Toyota. Generasi terbaru Aqua akan menambah perbendaharaan mobil irit perkotaan khusus konsumen Jepang. Punya ambisi menjadi “mobil kompak untuk 10 tahun mendatang” sama seperti pendahulu. Tentu membawa teknologi lebih canggih berikut semakin mendukung keberlanjutan lingkungan.

Energi alternatif memang menjadi tajuk utama pengembangan kendaraan di masa mendatang. Banyak solusi tengah digali pabrikan besar mulai dari hybrid, full electric, hingga bahan bakar sintetis. Kendati begitu, tampaknya Toyota masih melihat hybrid merupakan jawaban di segmen mobil kompak untuk satu dekade ke depan. Sebagaimana mereka menciptakan Aqua dengan tujuan “menciptakan mobil kompak untuk 10 tahun mendatang”.

Toyota Aqua

Namun jelas tidak sebatas membawa teknologi pemacu lama yang sudah terpercaya lalu disudahi packaging baru. Tidak sesederhana itu, Aqua teranyar diklaim sebagai mobil pertama dengan baterai bipolar nickel-hydrogen sebagai tenaga untuk motor listrik penggerak roda. Disebut sanggup gelontorkan output dua kali lebih besar. Cara ini sekaligus juga meningkatkan respons akselerator berikut menyuguhkan pengantaran tenaga lebih halus dan linear dari kecepatan rendah.

Di samping itu, baterai anyar memungkinkan Aqua mengeksploitasi motor listrik untuk berjalan lebih jauh. Bisa beroperasi dengan senyap dan bersih tanpa perlu mengaktifkan unit M15A-FXE 1,5 liter Dynamic Force Engine. Pun sinergi ini memberikan penghematan bahan bakar sampai sekitar 20 persen lebih irit. Mencatatkan konsumsi BBM di angka 35,8 km/liter.

Baca Juga: Kehebatan Toyota New Global Architecture (TNGA), Fondasi Pengembangan Kendaraan Toyota Mendatang

Toyota Aqua

Mau seberapa canggih atau hebat teknologi powertrain tadi, pada akhirnya ia ditujukan sebagai kendaraan harian nan praktis. Mendukung hal ini, sang hatchback hybrid jadi famili Toyota pertama yang mengadopsi fitur Comfort Pedal. Bukan barang baru sebetulnya, merupakan fitur berkendara satu pedal untuk melakukan akselerasi dan deselerasi. Dalam mode Power+, pengemudi hanya perlu mengurangi tekanan pedal agar fungsi regenerative braking dapat menghela laju dengan halus. Selain itu juga, Aqua versi termutakhir ini perdana kebagian sistem penggerak empat roda elektrik E-Four.

Juga mendukung penggunaan harian adalah sederet fitur keselamatan termutakhir Toyota Safety Sense. Fungsinya kini lebih pintar. Misal fungsi pre-collision yang kini dapat meminimalisir risiko celaka saat mau berbelok di persimpangan. Belum lagi Lane Tracing Assist untuk terus menjaga mobil berada di tengah jalur serta Plus Support demi memitigasi risiko tabrakan akibat salah injak pedal gas.

Toyota Aqua

Selain itu, pertama di mobil kompak Toyota, Aqua kebagian Toyota Teammate Advanced Park and Parking Support Brake. Menyuguhkan kemampuan parkir otomatis sepenuhnya tanpa perlu berinteraksi dengan alat kemudi. Sementara itu, Parking Support Brake mengurangi kemungkinan menabrak saat parkir lewat peringatan hingga bantuan pengereman.

Toyota Aqua mungkin bukan mobil Plug-in Hybrid (PHEV) dengan baterai ekstra besar. Kendati begitu, baterai bawaan dapat dimanfaatkan untuk memberikan suplai listrik ke luar. Sudah berbekal power outlet AC 100 V/1.500 W plus Emergency Power Supply Mode, berfungsi terutama di saat genting. Bisa memberikan daya untuk perabot sejenis kompor listrik atau pengering rambut.

Ia bakal segera menyapa publik 24-25 Juli di Jepang. Akan hadir empat tingkatan trim dengan masing-masing ditawarkan dalam spek penggerak roda depan dan AWD E-Four. Banderolnya sendiri dimulai dari 1,98 juta hingga 2,598 juta Yen atau sekitar Rp261 jutaan hingga Rp342 jutaan. Selain versi standar, Aqua juga dipasarkan dengan format Welcab khusus penyandang disabilitas. (Krm/Odi)

Baca Juga: Lexus NX 2022 Debut Global, Kenalkan PHEV Pertama Pabrikan

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Toyota Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil Toyota dari Carvaganza

  • Toyota Angka Isu Percepatan Transisi Energi di Seri Ke-7 Seminar Nasional
    Toyota Angka Isu Percepatan Transisi Energi di Seri Ke-7 Seminar Nasional
    Muhammad Hafid . 04 Nov, 2024
  • Carvaganza Editors' Choice 2024, Best Product Development Award: All New Toyota Hilux Rangga
    Carvaganza Editors' Choice 2024, Best Product Development Award: All New Toyota Hilux Rangga
    Tomi Tomi . 30 Okt, 2024
  • Lebih dari Rombak Desain, Berikut Keunggulan Ditawarkan Toyota Hilux Rangga
    Lebih dari Rombak Desain, Berikut Keunggulan Ditawarkan Toyota Hilux Rangga
    Setyo Adi . 17 Okt, 2024
  • Toyota Umumkan Harga Lengkap Hilux Rangga, Terjangkau Untuk Dukung Bisnis
    Toyota Umumkan Harga Lengkap Hilux Rangga, Terjangkau Untuk Dukung Bisnis
    Tomi Tomi . 15 Okt, 2024
  • Segini Bocoran Harga Toyota Hilux Rangga, Pekan Depan Meluncur
    Segini Bocoran Harga Toyota Hilux Rangga, Pekan Depan Meluncur
    Anjar Leksana . 12 Okt, 2024

Artikel Mobil Toyota dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Mobil Hybrid Tetap Wajib Rutin Ganti Oli, Ini Alasannya
    Mobil Hybrid Tetap Wajib Rutin Ganti Oli, Ini Alasannya
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini
  • Carvaganza Editors' Choice 2024, Best Product Development Award: All New Toyota Hilux Rangga
    Carvaganza Editors' Choice 2024, Best Product Development Award: All New Toyota Hilux Rangga
    Ardiantomi . 30 Okt, 2024
  • Toyota Hilux Rangga Pick Up Termurah Dijual Rp190 Jutaan, Konsumen Dapat Apa Saja?
    Toyota Hilux Rangga Pick Up Termurah Dijual Rp190 Jutaan, Konsumen Dapat Apa Saja?
    Anjar Leksana . 18 Okt, 2024
  • Skema Kredit All New Toyota Hilux Rangga, Angsuran Mulai Rp5 Jutaan
    Skema Kredit All New Toyota Hilux Rangga, Angsuran Mulai Rp5 Jutaan
    Setyo Adi Nugroho . 17 Okt, 2024
  • Tidak Cuma Desain, Ini Daftar Keunggulan All New Toyota Hilux Rangga!
    Tidak Cuma Desain, Ini Daftar Keunggulan All New Toyota Hilux Rangga!
    Setyo Adi Nugroho . 16 Okt, 2024
  • Daftar Lawan Toyota Hilux Rangga di Segmen Kendaraan Niaga Ringan
    Daftar Lawan Toyota Hilux Rangga di Segmen Kendaraan Niaga Ringan
    Anjar Leksana . 16 Okt, 2024
  • Sejarah 19 Tahun Toyota Fortuner Berjaya di Indonesia
    Sejarah 19 Tahun Toyota Fortuner Berjaya di Indonesia
    Eka Zulkarnain . 20 Sep, 2024
  • Pertarungan Berlanjut, Pilih New Toyota Fortuner atau New Mitsubishi Pajero Sport?
    Pertarungan Berlanjut, Pilih New Toyota Fortuner atau New Mitsubishi Pajero Sport?
    Setyo Adi Nugroho . 09 Sep, 2024
  • Komparasi Tiggo 5X Lawan WR-V, Rocky, dan Raize
    Komparasi Tiggo 5X Lawan WR-V, Rocky, dan Raize
    Setyo Adi Nugroho . 19 Jun, 2024
  • Komparasi Low SUV Anyar, Citroen C3 Aircross dan Toyota New Rush GR Sport
    Komparasi Low SUV Anyar, Citroen C3 Aircross dan Toyota New Rush GR Sport
    Setyo Adi Nugroho . 08 Mei, 2024
  • First Drive New Toyota Fortuner 4x2 VRZ: Tambah Fitur TSS dan T-intouch
    First Drive New Toyota Fortuner 4x2 VRZ: Tambah Fitur TSS dan T-intouch
    Setyo Adi Nugroho . 13 Sep, 2024
  • Off-road Test New Toyota Fortuner 2.8 GR-S 4x4: Untuk Segala Medan
    Off-road Test New Toyota Fortuner 2.8 GR-S 4x4: Untuk Segala Medan
    Setyo Adi Nugroho . 12 Sep, 2024
  • First Drive New Toyota Fortuner GR-S 4x4: Kaya Fitur, Rasa Masih Sama
    First Drive New Toyota Fortuner GR-S 4x4: Kaya Fitur, Rasa Masih Sama
    Alvando Noya . 09 Sep, 2024
  • First Drive Toyota Hilux Rangga Standard MT:  Calon Bintang Kendaraan Niaga
    First Drive Toyota Hilux Rangga Standard MT: Calon Bintang Kendaraan Niaga
    Setyo Adi Nugroho . 25 Jul, 2024
  • Road Test Toyota Yaris Cross Hybrid: Sangat Irit Diajak ke Luar Kota!
    Road Test Toyota Yaris Cross Hybrid: Sangat Irit Diajak ke Luar Kota!
    Anjar Leksana . 25 Apr, 2024