Ada yang menarik saat Toyota Astra Motor memberikan gambar rancangan booth GIIAS 2022. Khususnya di bagian Gazoo Racing. Terpampang jelas foto GR 86 di pojok depan berkelir merah. Hal ini bisa menjadi indikasi, mereka segera merilis produk di pameran otomotif besar di ICE, BSD City. Apalagi saat menengok laman resmi TAM, tertulis New Toyota 86 sudah sold out. Alias tidak ada stok lagi. Bukan tak mungkin, generasi anyar mengaspal pertengahan bulan nanti. Mari tengok dulu spesifikasinya.
Lantaran GR 86 merupakan produk global. Diyakini spesifikasi tak bakal berbeda jauh. Volume enjin boxer terpasang membesar. Dari 2,0 liter menjadi 2,4 liter yang disedot secara alami. Ia menggunakan mesin ringan nan kompak serta pusat gravitasi rendah. Sejalan dengan iterasi sebelumnya. GR 86 sekarang memiliki kapasitas jantung pacu 2.387 cc, berkonfigurasi empat silinder boxer.
Dengan ukuran diameter langkah 94 mm x 86 mm plus rasio kompresi tinggi 1:12,5. Olah pembakaran internal memberikan daya 235 PS pada 7.000 rpm. Kemudian momen puntir maksimal didapat 250 Nm sejak 3.700 rpm. Penyaluran daya ke roda belakang menggunakan opsi girboks manual maupun otomatis 6-speed.
Hasilnya, ia sanggup menghunuskan performa berkendara superior. Untuk tancap gas dari 0-100 km/jam hanya dalam tempo 6,3 detik ― turun dari 7,4 detik di model sebelumnya. Menurut Toyota, respons enjin juga telah ditingkatkan. Jadi dapat memberikan sensasi berkendara tangkas, mulus dan akselerasi kilat. Mudah digapai, sejak rpm rendah hingga tinggi. Fun to drive dijanjikan tetap melekat di dalam tubuh sang suksesor, GR 86.
Dimensi GR 86 baru hampir mirip dengan model sebelumnya. Panjang mobil 4.265 mm, lebar 1.775 mm, tinggi 1.310 plus wheelbase 2.575 mm. GR 86 menampilkan komponen aerodinamis seperti saluran udara, spoiler ambang samping dan bagian lain guna meningkatkan respons juga stabilitas kemudi.
Versi GR 86 AT menggunakan perangkat Subaru EyeSight Driver Assist Technology. Sistem diklaim memberikan dukungan keselamatan selama berkendara sehari-hari. Contoh pre-collision safety, fitur keamanan untuk membantu menghindari atau mengurangi dampak tabrakan. Lalu bantuan penyelamatan darurat, termasuk collision avoidance support guna meminimalisasi tabrakan jika terjadi kecelakaan.
Baik GR 86 maupun Subaru BRZ terlihat identik dari siluet samping. Namun di produk berlencana Toyota, kisi-kisi dibikin persegi panjang. Jaring-jaring hitam menghiasi mimik depan. Sementara di pojok bumper terdapat garis bumerang terbalik untuk menambah komposisi samping. Kalau menurut pribadi, tampilan itu bikin 86 terlihat cantik nan anggun. Bukan garang, apalagi atletis seperti model lawas. Nantikan kedatangannya di GIIAS 2022. (Alx/Odi)
Baca Juga: Akio Toyoda Ingin Performa Toyota 86 Beda dari Subaru BRZ
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.