Toyota bZ3, Sedan Listrik Murni yang Menggunakan Teknologi Cina
KEY TAKEAWAYS
Alasan menggandeng perusahaan Cina untuk mempercepat teknologi listrik murni Toyota
SUV bZ4X hasil kolaborasi GAC-Toyota, sedan bZ3 memanfaatkan teknologi BYDBetul, bZ3 merupakan sedan listrik pertama Toyota. Faktanya kalau berbicara soal elektrifikasi, Jepang tertinggal jauh dari Negeri Tirai Bambu. Mobil listrik ini dibuat di perusahaan patungan FAW-Toyota. Jika tak ada aral melintang, ia bakal diluncurkan di pasar mobil listrik Cina pada akhir kuartal empat 2022. Asal tahu, bZ3 merupakan versi produksi dari mobil konsep bZ SDN 2021. Kalau dilihat dari visual, bentuk muka mirip dengan bZ4X yang dipajang TAM selama GIIAS kemarin.
Ada cerita kenapa Toyota begitu tertinggal soal teknologi listrik murni. Mereka mempertahankan sistem hybrid begitu lama. Sehingga benar-benar kalah dari produsen EV di Cina. Lebih buruk lagi, sebagian besar hybrid Toyota adalah jenis HEV, bukan PHEV. Di market Tiongkok hanya EV, PHEV, dan FCEV yang dihitung sebagai Kendaraan Energi Terbarukan (NEV). Dan hanya NEV yang memenuhi syarat untuk menerima berbagai subsidi dan fasilitas insentif dari negara.
Jadi mereka putar otak. Sejumlah jurus jitu dikeluarkan untuk mendapatkan teknologi EV di pasar Cina dengan cepat. Maka, Toyota membeli teknologi dari pabrikan lain. Awal tahun ini, perusahaan meluncurkan bZ4X besutan GAC-Toyota. Faktanya, motor listrik tertanam disediakan oleh GAC.
Baca Juga: Toyota Sienta Terbaru Mempertahankan Keunikan Desain dan Kepraktisan Tinggi
Lantas cara lain dilakukan dalam membesut bZ3 sebagai produk massal. Toyota pergi ke BYD. Tepatnya, ke perusahaan bernama Fudi Industrial. Sebuah anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh BYD dan menjual teknologi EV ke produsen mobil lain. Namun mengenai struktur rancang bangun kendaraan, berpijak pada arsitektur e-TNGA milik Toyota sendiri.
Toyota bZ3 menggunakan baterai BYD Blade LFP, tetapi ukurannya belum diketahui. Formatnya penggerak roda belakang. Motor 'TZ200-XS002' terpasang dalam dua tipe: 183 hp di model dasar dan 244 hp buat spesifikasi teratas. Kecepatan tertinggi dibatasi hingga 160 km/jam bagi kedua versi. Ukuran tubuh: 4.725 mm x 1.835 mm x 1.475 mm plus jarak sumbu roda 2.880 mm dan berat 1.835 kg. Sedangkan profil ban opsional, berukuran 16 inci dan 18 inci.
Nah, mengenai desain. Dalam pandangan pribadi, Toyota bZ3 terlihat oke. Tampak futuristik, sporty nan bergaya trendi. Namun, sangat jauh berbeda dibanding bahasa desain andalan mereka sendiri (Keen Look). Mungkin disesuaikan dengan market sana, jadi bentuk tubuh sangat terasa seperti pabrikan Cina lainnya. Sangat apresiasi, muka adalah bagian yang paling keren. Tampilan bernuansa Toyota 86. Sekadar info tambahan, sang sedan EV ini segera debut di Guangzhou Auto Show pada November 2022. Lalu meluncur di pasar Cina sesudahnya. (Alx/Odi)
Baca Juga: Pajang Kendaraan Listrik di GIIAS 2022, Toyota Jelaskan Multiple Pathway
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Mobil Toyota Unggulan
- Populer
Artikel Mobil Toyota dari Carvaganza
Artikel Mobil Toyota dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Road Test