Toyota Coms Lolos Uji Tipe, Mungkinkah Dijual?

Toyota Coms

Toyota Astra Motor (TAM) memang belum punya produk kendaraan listrik murni (EV). Namun dalam paparan daftar kendaraan setrum yang lolos uji tipe Kementerian Perhubungan, sudah ada model terdaftar. Tertera ZAD-TAK30 (4x2) AT, alias Toyota Coms. Kalau sudah lulus uji, menandakan memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan di Indonesia. Besar kemungkinan siap dijual untuk pasar Indonesia.

Sebetulnya kemunculan Coms sempat diisyaratkan oleh salah satu petinggi TAM, tatkala merilis mobil hybrid. “Dengan kedatangan Prius PHEV ini, kami berharap dinamika pasar kendaraan elektrifikasi semakin tinggi. Sehingga tujuan untuk akselerasi kendaraan elektrik bisa tercapai. Ke depannya, sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Kami tentu bakal terus melengkapi segmen mobil di Indonesia dengan berbagai line-up. Termasuk Battery Electric Vehicle (BEV),” terang Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota Astra Motor, beberapa waktu lalu.

Walau ekosistem pasar mobil listrik murni belum terbentuk. Setidaknya jika kelak TAM merilis Coms, maka senada dengan canangan pemerintah soal mobilitas niremisi. Ini tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) No 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk transportasi jalan. Belum lagi beleid dari Bank Indonesia yang mencoba merangsang konsumen berupa iming-iming uang muka 0 persen bagi mobil BEV.

Baca Juga: Toyota Camry XV50 Bekas, Sedan Pejabat Seharga Toyota Vios

Toyota Coms

Spesifikasi

Coms sementara ini diproduksi menggunakan jenis baterai timbal asam konvensional, bukan lithium ion. Penyimpan daya ini dipakai untuk mengaliri tenaga dari motor penggerak tunggal. Daya terpancar sekitar 6,8 PS kemudian dorongan torsi puncak 40 Nm dari spesifikasi global. Energi kinetik disalurkan ke roda belakang via direct drive.

Kemungkinan kinerja itu bisa berubah berdasar kebutuhan pasar dan kemampuan dinamo gerak. Lalu formulasi itu digunakan untuk menjelajah perkotaan sekitar 50 km. Waktu pengisian diturunkan menjadi sekitar enam jam hingga penuh. Generasi sebelumnya butuh delapan jam, lebih lama. Motor listrik mampu mendorong Coms dengan kecepatan sekitar 60 km/jam. Kapasitas muatan bagasi diperkirakan lebih dari 30 kg. Unit tersedia dalam dua varian, P.COM sebagai mobil pribadi dan B.COM untuk teman bisnis.

Di Jepang Toyota Coms banyak digunakan sebagai kendaraan pengantar minuman dan barang. Atau armada logistik dalam bisnis dengan aplikasi jarak pendek. Apa cocok untuk pasar sini? Melihat tren di sana, kendaraan sangat pas bila dipakai atau jadi mitra Gojek serta Grab.

Bertubuh supermungil, Coms lahir dari racikan tangan dingin Toyota Auto Body. Rancang bangun seutuhnya dilakukan di pusat riset dan pengembangan di Jepang. Bentuk sekilas mirip i-Road namun punya banyak diferensiasi. Ia hanya berkonfigurasi single seater. Sebagai kendaraan listrik kompak, mobil dirancang untuk mobilitas perkotaan. Dari kali pertama dikenalkan pada 2000 di Tokyo Motor Show. Sekarang, profil tubuh banyak berubah.

Mobil memakai empat roda, alih-alih i-Road dengan tiga ban. Jadi seperti mobil normal untuk dikendarai.Sorot mata Toyota Coms bulat, pakai teknologi LED dengan lampu sein kuning terpisah. Kemudian sepasang fog lamp tertanam tepat di bawahnya. Ia terlihat tak memiliki grille depan, namun digantikan oleh sebuah panel sebagai lokasi pengisian baterai. Penggunaan pelek ada yang pakai model kaleng dan berpalang dual tone 12 inci. Lalu di buritan seolah memiliki patahan mirip bak pikap tapi lebih kecil. Ini memungkinkan kendaraan membawa boks tertentu. Jadi, usai lolos uji tipe kendaraan bermotor, tinggal nantikan saja kapan Toyota mengenalkan produk anyar ini. (Alx/Odi)

Baca Juga: Deretan Mobil Listrik yang Mau Masuk Pasar Indonesia

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Toyota Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil Toyota dari Carvaganza

  • Toyota Angka Isu Percepatan Transisi Energi di Seri Ke-7 Seminar Nasional
    Toyota Angka Isu Percepatan Transisi Energi di Seri Ke-7 Seminar Nasional
    Muhammad Hafid . 04 Nov, 2024
  • Carvaganza Editors' Choice 2024, Best Product Development Award: All New Toyota Hilux Rangga
    Carvaganza Editors' Choice 2024, Best Product Development Award: All New Toyota Hilux Rangga
    Tomi Tomi . 30 Okt, 2024
  • Lebih dari Rombak Desain, Berikut Keunggulan Ditawarkan Toyota Hilux Rangga
    Lebih dari Rombak Desain, Berikut Keunggulan Ditawarkan Toyota Hilux Rangga
    Setyo Adi . 17 Okt, 2024
  • Toyota Umumkan Harga Lengkap Hilux Rangga, Terjangkau Untuk Dukung Bisnis
    Toyota Umumkan Harga Lengkap Hilux Rangga, Terjangkau Untuk Dukung Bisnis
    Tomi Tomi . 15 Okt, 2024
  • Segini Bocoran Harga Toyota Hilux Rangga, Pekan Depan Meluncur
    Segini Bocoran Harga Toyota Hilux Rangga, Pekan Depan Meluncur
    Anjar Leksana . 12 Okt, 2024

Artikel Mobil Toyota dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Mobil Hybrid Tetap Wajib Rutin Ganti Oli, Ini Alasannya
    Mobil Hybrid Tetap Wajib Rutin Ganti Oli, Ini Alasannya
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini
  • Carvaganza Editors' Choice 2024, Best Product Development Award: All New Toyota Hilux Rangga
    Carvaganza Editors' Choice 2024, Best Product Development Award: All New Toyota Hilux Rangga
    Ardiantomi . 30 Okt, 2024
  • Toyota Hilux Rangga Pick Up Termurah Dijual Rp190 Jutaan, Konsumen Dapat Apa Saja?
    Toyota Hilux Rangga Pick Up Termurah Dijual Rp190 Jutaan, Konsumen Dapat Apa Saja?
    Anjar Leksana . 18 Okt, 2024
  • Skema Kredit All New Toyota Hilux Rangga, Angsuran Mulai Rp5 Jutaan
    Skema Kredit All New Toyota Hilux Rangga, Angsuran Mulai Rp5 Jutaan
    Setyo Adi Nugroho . 17 Okt, 2024
  • Tidak Cuma Desain, Ini Daftar Keunggulan All New Toyota Hilux Rangga!
    Tidak Cuma Desain, Ini Daftar Keunggulan All New Toyota Hilux Rangga!
    Setyo Adi Nugroho . 16 Okt, 2024
  • Daftar Lawan Toyota Hilux Rangga di Segmen Kendaraan Niaga Ringan
    Daftar Lawan Toyota Hilux Rangga di Segmen Kendaraan Niaga Ringan
    Anjar Leksana . 16 Okt, 2024
  • Sejarah 19 Tahun Toyota Fortuner Berjaya di Indonesia
    Sejarah 19 Tahun Toyota Fortuner Berjaya di Indonesia
    Eka Zulkarnain . 20 Sep, 2024
  • Pertarungan Berlanjut, Pilih New Toyota Fortuner atau New Mitsubishi Pajero Sport?
    Pertarungan Berlanjut, Pilih New Toyota Fortuner atau New Mitsubishi Pajero Sport?
    Setyo Adi Nugroho . 09 Sep, 2024
  • Komparasi Tiggo 5X Lawan WR-V, Rocky, dan Raize
    Komparasi Tiggo 5X Lawan WR-V, Rocky, dan Raize
    Setyo Adi Nugroho . 19 Jun, 2024
  • Komparasi Low SUV Anyar, Citroen C3 Aircross dan Toyota New Rush GR Sport
    Komparasi Low SUV Anyar, Citroen C3 Aircross dan Toyota New Rush GR Sport
    Setyo Adi Nugroho . 08 Mei, 2024
  • First Drive New Toyota Fortuner 4x2 VRZ: Tambah Fitur TSS dan T-intouch
    First Drive New Toyota Fortuner 4x2 VRZ: Tambah Fitur TSS dan T-intouch
    Setyo Adi Nugroho . 13 Sep, 2024
  • Off-road Test New Toyota Fortuner 2.8 GR-S 4x4: Untuk Segala Medan
    Off-road Test New Toyota Fortuner 2.8 GR-S 4x4: Untuk Segala Medan
    Setyo Adi Nugroho . 12 Sep, 2024
  • First Drive New Toyota Fortuner GR-S 4x4: Kaya Fitur, Rasa Masih Sama
    First Drive New Toyota Fortuner GR-S 4x4: Kaya Fitur, Rasa Masih Sama
    Alvando Noya . 09 Sep, 2024
  • First Drive Toyota Hilux Rangga Standard MT:  Calon Bintang Kendaraan Niaga
    First Drive Toyota Hilux Rangga Standard MT: Calon Bintang Kendaraan Niaga
    Setyo Adi Nugroho . 25 Jul, 2024
  • Road Test Toyota Yaris Cross Hybrid: Sangat Irit Diajak ke Luar Kota!
    Road Test Toyota Yaris Cross Hybrid: Sangat Irit Diajak ke Luar Kota!
    Anjar Leksana . 25 Apr, 2024