Toyota Corolla Cross Hybrid Lebih Oke Ketimbang Versi 1.8 Konvensional?

Toyota Corolla Cross

JAKARTA – Toyota memperkuat lini SUV di Tanah Air dengan memperkenalkan Corolla Cross pekan lalu. Ada dua pilihan yaitu Corolla Cross 1.8 liter reguler dan hybrid. Banderol masing-masing Rp 457,8 juta untuk model konvensional serta Rp 497,8 juta untuk versi hybrid. Keduanya adalah harga on the road Jakarta.

Selisihnya cuman Rp 40 juta. Angka ini niscaya tidak begitu besar bagi konsumen kelas menengah ke atas. Apalagi saat pembelian melalui skema kredit, tak terlalu kentara beda. Berikut ini poin-poin yang bikin varian HEV lebih layak dimiliki konsumen.

Tak rugi bila konsumen mengongkosi lebih tatkala memboyong Corolla Cross Hybrid. Performa enjin jauh lebih baik berkat imbuhan motor penggerak. Walau sama-sama bervolume 1.8 liter, namun kompresi ruang bakar beda. Si HEV memiliki rasio 13:1 sedangkan reguler 10:1. Jantung mekanis berkode 2ZR-FXE punya kubikasi 1.798 cc 4-silinder DOHC. Plus teknologi VVT-i yang sanggup menghasilkan power maksimum 98 PS dan torsi 142 Nm.

Baca juga: Bedah Varian Toyota Corolla Cross, Pilih Konvensional atau Hybrid?

Toyota Corolla Cross

Motor Listrik

Lalu dorongan dari synchronous motor permanent magnet 600 V. Motor gerap mampu hasilkan dorongan ekstra sebesar 72 PS plus torsi 163 Nm. Terpasang baterai nickel-metal hydride 28 modules 168 cells di atas papan konstruksi TNGA. Power unit ini diklaim lebih efisien dan emisi CO2 (98 gram/km) juga lebih rendah dari model gasoline. Kalau mengacu dari data Toyota Thailand, konsumsi bensin kombinasi mencapai 23,3 km/liter.

“Untuk pasar Indonesia kami sediakan dua varian Corolla Cross yang harganya tak sampai Rp 500 juta. Mobil ini jadi kendaraan HEV paling murah dalam lini produk Toyota Astra Motor. Cocok bagi konsumen penyuka kendaraan ramah lingkungan. Bahkan konsumsi bahan bakar sekitar 50 persen lebih efisien. Dan itu bisa dipenuhi oleh kendaraan elektrifikasi. Lalu dengan platform TNGA-C, rasa berkendara lebih nyaman serta handling menyenangkan,” papar Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director Toyota Astra Motor.

Kehadiran model baru ini membuat jajaran hybrid Toyota di Indonesia, sudah memiliki 5 model. Corolla Cross Hybrid dijual mulai Rp 497,8 juta, kemudian Corolla Altis Hybrid (mulai Rp 586,250 juta), C-HR Hybrid (mulai Rp 546,290 juta), Camry Hybrid (mulai Rp 842,150 juta), dan Alphard Hybrid.

Baca juga: Ini Alasan Corolla Cross Tak Dilengkapi Toyota Safety Sense

Toyota Corolla Cross

Versi Hybrid

Soal fitur keamanan tak perlu ditagukan. Jajaran Corolla Cross dilengkapi dengan paket fitur pasif dan aktif guna memberi rasa tenang pada penghuni kabin. Mulai dari rem ABS, EBD, 3 point seatbelt with pretensioner and force limiter, 7-airbags, Hill Start Assist (HSA). Tak ketinggalan Vehicle Stability Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS), sensor parkir di depan belakang, kamera parkir. Serta imbuhan immobilizer juga alarm.

Namun khusus model hybrid, pengemudi Corolla Cross HEV juga mendapat tambahan peranti kenyamanan. Tersedia pengaturan posisi duduk enam arah secara elektrik. Power back door dilengkapi kick sensor yang memberi kemudahan untuk mengakses pintu bagasi. Lantas beberapa hal jadi pembeda lain dari versi reguler. Di bagian eksterior, logo mobil dan sorot lampu depan diberi sentuhan (garnish) kelir biru. Tujuannya menunjukan sebagai sosok kendaraan elektrik. Pelek pakai alloy ukuran 18 inci dark grey chrome.

“Pertanyaan lain muncul, bagaimana soal perawatan Corolla Cross Hybrid? Konsumen tak perlu khawatir. Harga resmi itu sudah termasuk biaya servis. Jadi gratis ongkos sampai dengan servis berkala keenam kali. Maksimum 4 tahun atau 50.000 km (bergantung mana yang tercapai lebih dahulu). Itu pula termasuk di bebas biaya jasa dan suku cadang. Jadi kami sudah memikirkan kemudahan dalam memiliki kendaraan Toyota. Atau kalau mau praktis lagi ada KINTO. Ini merupakan solusi memakai mobil baru dengan cara berlangganan pertama di Indonesia. Khusus untuk konsumen individu. Anda tak perlu memikir pajak serta perawatan, tinggal pakai saja,” imbuh dia. (Alx/Raju)

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Toyota Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil Toyota dari Carvaganza

  • TEST DRIVE: Kemampuan Toyota Hilux Rangga Lebih Dari Sekadar Desain Modis
    TEST DRIVE: Kemampuan Toyota Hilux Rangga Lebih Dari Sekadar Desain Modis
    Zenuar Yoga . 23 Des, 2024
  • AXIC dan Toyota Carbon Fighter Gelar Aksi Hijau Demi Netralitas Karbon
    AXIC dan Toyota Carbon Fighter Gelar Aksi Hijau Demi Netralitas Karbon
    Muhammad Hafid . 20 Des, 2024
  • Toyota Sambut Positif Kebijakan Insentif Pajak Kendaraan Hybrid
    Toyota Sambut Positif Kebijakan Insentif Pajak Kendaraan Hybrid
    Zenuar Yoga . 18 Des, 2024
  • GR Enthusiast Rayakan HUT Pertama Track Day di Mandalika
    GR Enthusiast Rayakan HUT Pertama Track Day di Mandalika
    Setyo Adi . 18 Des, 2024
  • Toyota Bakal Rilis Hilux Rangga Berwujud SUV Tahun Depan
    Toyota Bakal Rilis Hilux Rangga Berwujud SUV Tahun Depan
    Zenuar Yoga . 17 Des, 2024

Artikel Mobil Toyota dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Pilih-pilih Low MPV Terbaru di Akhir Tahun
    Pilih-pilih Low MPV Terbaru di Akhir Tahun
    Setyo Adi Nugroho . 24 Des, 2024
  • Pilih-pilih Low MPV Terbaru di Akhir Tahun
    Pilih-pilih Low MPV Terbaru di Akhir Tahun
    Setyo Adi Nugroho . 24 Des, 2024
  • Daftar Mobil Murah di Akhir Tahun, Ada Brio Satya, Agya, Ayla, Sigra dan Calya
    Daftar Mobil Murah di Akhir Tahun, Ada Brio Satya, Agya, Ayla, Sigra dan Calya
    Setyo Adi Nugroho . 24 Des, 2024
  • Daftar Mobil Murah di Akhir Tahun, Ada Brio Satya, Agya, Ayla, Sigra dan Calya
    Daftar Mobil Murah di Akhir Tahun, Ada Brio Satya, Agya, Ayla, Sigra dan Calya
    Setyo Adi Nugroho . 24 Des, 2024
  • Komunitas GR Enthusiast Rayakan Puncak HUT Perdana di Sirkuit Mandalika
    Komunitas GR Enthusiast Rayakan Puncak HUT Perdana di Sirkuit Mandalika
    Setyo Adi Nugroho . 18 Des, 2024
  • Daftar Lawan Toyota Hilux Rangga di Segmen Kendaraan Niaga Ringan
    Daftar Lawan Toyota Hilux Rangga di Segmen Kendaraan Niaga Ringan
    Anjar Leksana . 16 Okt, 2024
  • Sejarah 19 Tahun Toyota Fortuner Berjaya di Indonesia
    Sejarah 19 Tahun Toyota Fortuner Berjaya di Indonesia
    Eka Zulkarnain . 20 Sep, 2024
  • Pertarungan Berlanjut, Pilih New Toyota Fortuner atau New Mitsubishi Pajero Sport?
    Pertarungan Berlanjut, Pilih New Toyota Fortuner atau New Mitsubishi Pajero Sport?
    Setyo Adi Nugroho . 09 Sep, 2024
  • Komparasi Tiggo 5X Lawan WR-V, Rocky, dan Raize
    Komparasi Tiggo 5X Lawan WR-V, Rocky, dan Raize
    Setyo Adi Nugroho . 19 Jun, 2024
  • Komparasi Low SUV Anyar, Citroen C3 Aircross dan Toyota New Rush GR Sport
    Komparasi Low SUV Anyar, Citroen C3 Aircross dan Toyota New Rush GR Sport
    Setyo Adi Nugroho . 08 Mei, 2024
  • Test Drive Pikap Toyota Hilux Rangga: Bukan Sekadar Kendaraan Niaga Biasa
    Test Drive Pikap Toyota Hilux Rangga: Bukan Sekadar Kendaraan Niaga Biasa
    Zenuar Yoga . 23 Des, 2024
  • First Drive New Toyota Fortuner 4x2 VRZ: Tambah Fitur TSS dan T-intouch
    First Drive New Toyota Fortuner 4x2 VRZ: Tambah Fitur TSS dan T-intouch
    Setyo Adi Nugroho . 13 Sep, 2024
  • Off-road Test New Toyota Fortuner 2.8 GR-S 4x4: Untuk Segala Medan
    Off-road Test New Toyota Fortuner 2.8 GR-S 4x4: Untuk Segala Medan
    Setyo Adi Nugroho . 12 Sep, 2024
  • First Drive New Toyota Fortuner GR-S 4x4: Kaya Fitur, Rasa Masih Sama
    First Drive New Toyota Fortuner GR-S 4x4: Kaya Fitur, Rasa Masih Sama
    Alvando Noya . 09 Sep, 2024
  • First Drive Toyota Hilux Rangga Standard MT:  Calon Bintang Kendaraan Niaga
    First Drive Toyota Hilux Rangga Standard MT: Calon Bintang Kendaraan Niaga
    Setyo Adi Nugroho . 25 Jul, 2024