Mimpi penggemar GR Supra yang ingin transmisi manual akhirnya terwujud. Toyota resmi meluncurkannya lengkap dengan tambahan kopling dan girboks 6-percepatan. Dari luar bisa dikenali bila melongok ke buritan. Kalau emblem "Supra" berwarna merah berarti itu model 6MT. Lalu pertanyaan utamanya adalah, pakai transmisi punya siapa?
Toyota tidak membukanya secara gamblang. Tapi kami yakin masih dari punya BMW juga. Walau begitu, pabrikan Jepang tak membiarkan ala kadarnya. Ada banyak penyesuaian agar tune-in dengan mekanikal yang sudah diramu istimewa.
Kata pabrikan, transmisi manual 6-speed terbaru dirancang khusus. Terutama untuk dipasangkan dengan mesin 6-silinder 3,0-liter turbocharger bertenaga 387 PS dan torsi 499 Nm. Tim enjinir memodifikasi rumah transmisi, driveshaft dan gear, lalu melepas elemen yang tak diperlukan. Seperti paket peredam akustik sehingga mampu menghemat bobot. Kemudian memakai kampas kopling berdiameter lebih besar dengan per diperkuat.
Toyota melabelinya sebagai "intelligent Manual Transmission" (iMT). Masih ada upgrade bagian lain, salah satunya memperpendek final drive. Tadinya 3,15 menjadi 3,46. Ini untuk menghasilkan akselerasi awal "menjambak". Kemudian meng-update software juga buat performa. Fokusnya ke torsi mesin ketika kopling ditekan dan dilepas saat perpindahan gigi. Lebih mengejar konsistensi performa terutama saat menurunkan gigi. Kalau tidak suka sistem iMT, bisa dimatikan bila mode Sport aktif.
Baca Juga: Confirmed! Toyota GR Supra Akan Bertransmisi Manual
Bahkan sampai tuas transmisi pun diperhatikan. Gear knob dirancang seringan 200 gram saja. Selektor sesuai rasio juga dibuat enteng dan mudah. Letak drive mode sampai bergeser sedikit. Peranti aktif seperti kontrol traksi, kontrol stabilitas dan anti-roll system juga dikalibrasi ulang untuk girboks ini. Saat mode Track, dijamin gampang melakukan drifting. Tak kalah menarik fungsi Hairpin+ yang dirancang agar berkendara di jalanan penuh tikungan semakin mengasyikkan.
Transmisi manual tersedia untuk GR Supra trim 3.0 dan 3.0 Premium, selain tetap ada opsi otomatis. Sebagai bentuk perayaan, Toyota menawarkan varian A91-MT Edition yang terbatas hanya 500 unit. Cuma diberi transmisi manual, tapi dengan sentuhan kemewahan berbeda. Misalnya jok dibalut material kulit Cognac dan setir dibungkus Alcantara. Trim ini khusus untuk pasar Amerika Serikat dan baru akan tiba akhir tahun nanti.
Kini kelegendarisan Supra A80 semakin diwarisi. Girboks manual akan menjadi perpaduan sempurna bersama mesin 6-silinder inline. Plus penggerak roda belakang (RWD), pastinya sebuah sarana bersenang-senang yang lebih murni. Sayang cuma untuk enjin 3,0-liter. Pembeli varian 4-silinder 2,0-liter turbo tetap akan mendapatkan otomatis 8-percepatan. Namun setidaknya semua model Toyota GR menyediakan transmisi manual. Mulai dari GR86, GR Yaris, GRMN Yaris sampai GR Corolla. (Odi)
Baca Juga: Formulasi Klasik di Balik Kelahiran Toyota GR Supra
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.