GR Yaris sudah diakui sebagai hathback terekstrem Toyota. Namun itu belum cukup panas bagi pabrikan. Sebuah GR Yaris berpakaian lebih gahar kedapatan sedang dites di Nürburgring. Hot hatch tiga pintu Toyota beberapa kali tertangkap basah sedang menyerang tikungan S.
Eksekusi terkomposisi rapi, lincah bak bersahabat dekat dengan aspal. Pun goyangan tubuh terlihat kaku sebagaimana wajarnya edisi kencang yang diracik di Green Hell. Ditujukan demi ketepatan serangan arah setir. Mengusung teknologi dunia reli yang dikemas untuk penggunaan jalan raya.
Baca Juga: Toyota Hilux dan Fortuner Facelift 2020 Raih Rating Terbaik ASEAN NCAP
Satu hal menjadi sorotan, diduga kuat ini adalah bagian dari pengujian GRMN Yaris. Sebuah versi lebih buas dari model berjalan. Tanpa kamuflase wujudnya cukup familiar, hanya saja terdapat beberapa perbedaan kentara. Ia tampil lebih gahar dengan sirip canards pada bumper depan, lubang angin di belakang sepatbor, disudahi spoiler tinggi mejeng percaya diri.
Meski begitu, belum ada bocoran apapun mengenai spesifikasi. Pun eksistensi GRMN Yaris baru sebatas spekulasi tanpa konfirmasi langsung dari pabrikan. Banyak kemungkinan. Melansir dari Motor1, boleh jadi Toyota sedang menyiapkan Yaris versi kompetisi. Yang jelas, rangkaian bodikit tadi tentu mengindikasikan edisi lebih gahar.
Baca Juga: Spy Shot Nissan Magnite Berkeliaran dengan Kamuflase Tipis
Kalau mengacu pada strategi line up Toyota masa kini, sebenarnya ada beberapa tingkatan model sporty. Paling rendah diisi oleh GR Sport dengan sedikit sentuhan performa dan penambahan bodikit dari model standar. Di atasnya, keseriusan mengasah potensi semakin bertambah. Strata berlanjut ke GR, dan puncaknya diduduki oleh GRMN (Gazoo Racing Masters of Nürburgring). Seperti edisi terbatas Vitz (Yaris) GRMN di generasi sebelum.
Andai benar GRMN Yaris sedang bersiap diri, ekspektasikan saja kekuatan memacunya dipompa lagi. Ya, ketimbang Toyota Vitz buas (GRMN) versi pendahulu, GR Yaris termutakhir tentu jauh lebih hebat. Sebagai gambaran, sang hot hatch kini dibekali pemacu tiga silinder 1.600 cc dengan torehan output sampai 272 PS dengan torsi puncak 370 Nm. Tersalur menuju keempat roda melalui sistem AWD GR-Four untuk mencipta tendangan di hatchback seberat 1.280 kg. DNA reli begitu kental, membuatnya begitu lincah di berbagai permukaan jalan.
Pabrikan juga bisa saja bikin sang hatchback kencang lebih ringan dengan menambah pemanfaatan serat karbon. Bila sebelumnya hanya eksis di atap, mungkin komponen lain turut diganti ke material ringan namun kokoh itu. Ditambah lagi penyesuaian suspensi guna meningkatkan kelincahan di setiap tikungan. Kendati begitu, jangan dulu dianggap terlalu serius. Kita tunggu saja kepastiannya begitu Toyota sudah buka-bukaan tentang misteri ini. (Krm/Odi)
Sumber: Motor1
Baca Juga: Kia Sonet Sudah Terpampang di Laman Resmi, Sebentar Lagi Meluncur?
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.