Toyota Fortuner dirancang untuk mengatasi berbagai kondisi jalan, termasuk semi off-road. Namun, bila diubah menjadi mobil performa tinggi yang ideal untuk trek sirkuit, hasilnya adalah Toyota Hyper-F Concept yang berbasis Fortuner, yang debut di Bangkok Auto Salon 2024.
Mobil ini dilengkapi dengan berbagai aksesori yang mengubah penampilannya secara drastis. Termasuk body kit besar dan pengaturan kursi untuk empat penumpang. Modifikasi ini adalah karya dari TCD (Toyota Customizing & Development) Asia yang berbasis di Thailand. Pemasangan body kit yang kompleks meningkatkan aerodinamika dan downforce, seolah-olah mobil ini disiapkan untuk kompetisi di sirkuit. Fitur eksterior mencakup grille besar, intake udara yang luas, splitter, dan kap mesin dengan ventilasi.
Di samping, TCD Asia memasang fender wide body yang meluas ke semua sudut, yang juga mendukung roda dengan tapak lebih lebar. Ban yang digunakan adalah produk dari Dunlop. Fender tersebut dikombinasikan dengan side skirt yang menyatu dengan underlip depan. Uniknya, sayap samping ini juga berfungsi sebagai tempat keluaran akhir saluran pembuangan gas, yang berarti knalpot tidak diperpanjang hingga ke bagian belakang mobil.
Bagian belakangnya juga tidak kalah agresif. Bumper dilengkapi dengan diffuser besar yang efektif mengalirkan udara dari bawah, menjadi lanjutan dari fender wide body karena bumper yang lebih lebar. Spoiler besar yang terpasang di atap mengikuti kontur tepi, bersebelahan dengan tempat lampu high mount.
Interior juga mengalami perubahan. Konfigurasi jok tiga baris yang dapat menampung tujuh penumpang telah dihilangkan. Sebagai gantinya, dipilih kursi individual bergaya bucket yang disusun untuk empat penumpang. Namun, informasi detail mengenai interior kabin belum tersedia.
Untuk informasi tambahan, Mitsui Chemicals dan APRK Corporation dari Jepang menyediakan beberapa material berteknologi tinggi untuk pengembangan model konsep ini. Termasuk di dalamnya adalah TAFNEX CF/PP, yaitu serat karbon yang diperkuat dengan resin polipropilen. Sementara itu, perangkat lainnya dibuat dari pelet plastik dengan menggunakan printer 3D.
Spesifikasi jantung mekanis tidak diungkapkan, namun dijelaskan bahwa ini adalah mobil konsep dengan performa tinggi. Hal ini menandakan perubahan pada komponen internal yang mempengaruhi performa. Diperkirakan juga terjadi transformasi pada bagian kaki-kaki, seperti suspensi yang lebih pendek dan sistem pengereman yang lebih canggih.
Versi Fortuner yang paling sporty dan bertenaga adalah model GR Sport yang saat ini tersedia di Thailand. Dengan mesin turbodiesel 2,8 liter, ia menghasilkan tenaga maksimal 221 hp dan torsi 550 Nm, setara dengan Hilux GR Sport versi Australia.
Toyota sedang mempertimbangkan untuk memproduksi SUV dengan merek GR, meskipun Fortuner yang berbasis truk mungkin bukan pilihan yang paling ideal. Departemen Gazoo Racing mungkin akan mengembangkan SUV dengan platform TNGA yang lebih fokus pada performa di jalan raya. (Hfd)
Sumber: TCD Asia
Baca Juga: Toyota Sedang Tes Jalan Hilux Hidrogen, Jarak Tempuh Tembus 600 Km
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.