Generasi terbaru Toyota Land Cruiser resmi meluncur untuk pasar Jepang. Keturunan terakhir sang legenda off-road, mengusung berbagai penyempurnaan dari model sebelumnya. Toyota Motor Corporation memasarkan lima tingkatan trim. Varian terendah GX bermesin bensin twin-turbo, dibanderol mulai dari 5,1 juta Yen atau sekitar Rp670 jutaan.
Di atasnya masih ada AX senilai 5,5 juta Yen (Rp723 jutaan), VX 6,3 juta Yen (Rp828 jutaan), ZX 7,3 juta Yen (Rp959 jutaan), dan puncaknya diduduki GR Sport 7,7 juta Yen (Rp1,012 miliar). Di samping itu, ada seleksi pemacu diesel twin-turbo untuk dua trim teratas seharga 7,6 juta Yen (Rp999 jutaan) dan 8 juta Yen (Rp1,05 miliar).
Cukup menarik GR Sport sebagai puncak trim. Ia kebagian segala kehebatan fitur baru LC 300 lengkap gaya cenderung tangguh nan kasar ketimbang membawa wibawa pejabat. Jadi sorotan adalah fitur pendukung offroad-nya. Eksklusif Mengusung sistem E-KDSS (Electronic-Kinetic Dynamic Suspension System) yang dapat mengatur kuncian stabilizer depan dan belakang secara independen. Meningkatkan stabilitas di jalan beraspal plus menambah kapabilitas menerjang medan berat. Bukan itu saja, GR Sport mendapatkan diff-lock elektronik depan dan belakang.
Namun jelas semua mendapatkan penyempurnaan basis pembangun pada seri 300. Sebut saja update sasis ladder frame TNGA-F. Diperkuat lewat teknik pengelasan termutakhir, rigiditas meningkat 20% dari seri 200. Belum lagi disempurnakan diet bodi 200 kg dengan bonnet, atap, dan panel pintu aluminium. Diramaikan penyempurnaan balans bobot dengan revisi posisi mesin lebih mundur dan turun.
Baca Juga: Mengenal Kehebatan Teknologi E-KDSS Milik Toyota Land Cruiser 300
Revisi platform menghadirkan suspensi double wishbone baru di depan dan rigid-axle trailing link. Dioptimalkan untuk meningkatkan kenyamanan berkendara dan stabilitas pengendalian. Tapi bukan itu saja, aransemen ini memperbaiki artikulasi roda sehingga pergerakan kaki-kaki lebih bebas dan menapak lebih baik ke permukaan. Semua itu diselesaikan Linear Solenoid Adaptive Variable Suspension (AVS). Mengendalikan redaman secara independen di setiap sisi – hadir sebagai standar di ZX dan GR Sport.
Tersaji dua seleksi pemacu V6 Twin Turbo untuk Land Cruiser. Unit peminum bensin V35A-FTS 3.500 cc siap gelontorkan 415 PS dengan torsi 650 Nm. Sementara itu, model diesel F33A-FTV 3.300 cc hadirkan 309 PS dan torsi buas 700 Nm. Seluruh putaran dari mesin ini akan kemudian tersalur menuju keempat roda via transmisi otomatis Direct-Shift 10 percepatan.
Penerus Land Cruiser ini sendiri lahir dari Assembly Yoshiwara Plant, Toyota Auto Body Co., Ltd. Mengawinkan sasis racikan Toyota Motor Corporation Honsha Plant. Nantinya, ia akan dibawa berkenalan langsung di diler 21-22 Agustus 2021. (Krm/Odi)
Baca Juga: Toyota Land Cruiser 300 Mendebut Bawa Banyak Penyempurnaan
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.