Toyota Memperlihatkan Konsep Hilux Bertenaga Listrik
KEY TAKEAWAYS
Toyota Hilux BEV mirip konsep Innova EV kalau melihat perubahan desain
Walau masih konsep, sangat mungkin terealisasi karena diperkenalkan sendiri oleh Akio ToyodaAda kejutan dalam perayaan ulang tahun ke-60 Toyota di Thailand. Pabrikan pamer model masa depan untuk segmen kendaraan niaga. Ada dua model, Hilux Revo BEV Concept dan sebuah pikap unik dengan nama IMV 0. Keduanya dikenalkan oleh CEO Toyota, Akio Toyoda, yang mengungkapkan perhatiannya terhadap pasar kendaraan di Thailand secara khusus.
"Kedua model ini, mereka merepresentasikan dua tujuan berbeda dalam spektrum dunia otomotif. Hadir untuk kebutuhan yang berbeda dan konsumen yang berbeda pula. Satu didesain untuk kebutuhan pengembangan ekonomi dan mobilitas untuk semua, model satunya dibuat untuk mencapai netralitas karbon dan lingkungan yang lebih baik. Saya percaya kedua produk ini nantinya akan bisa meningkatkan kualitas hidup banyak orang dan menyediakan banyak kesempatan ekonomi," ucap Toyoda dalam sambutannya di perayaan ulang tahun ke-60 Toyota Thailand, (14/12).
Hilux Revo BEV dan IMV 0 diperkirakan akan lahir dalam waktu dekat. Setidaknya dalam jarak satu tahun dari sekarang. Soal detail, Hilux Revo BEV terlihat masih menggunakan basis sama dengan Hilux yang dipasarkan di Thailand dan Indonesia. Toyota tidak terlalu mengubah banyak hal di SUV ini. Sekilas bahkan pendekatannya mirip Innova EV. Grille depan berganti dengan panel tertutup yang menjadi penanda tidak ada mesin konvensional di bagian depan kendaraan ini.
Baca Juga: Toyota Hilux GR Sport Resmi Dijual, Harganya Rp728,2 Juta
Bentuk yang menarik justru datang dari IMV 0. Sekilas teringat dengan bentuk Kijang kotak atau biasa dikenal Kijang Doyok. Namu dibuat futuristik dengan flatbed di bagian belakang untuk mengangkut barang. Ini membuat potongan sepertiga bagian depan kendaraan konsep ini terlihat klasik juga modern. Sedikit sentuhan produk modern Toyota terasa di bagian grille depan yang mengingatkan pada SUV Land Cruiser terbaru.
Masih memakai platform IMV (Innovative International Multi-Purpose Vehicle). Konstruksi yang dibuat Toyota pada 2002 lalu untuk menciptakan produk kendaraan terjangkau dan kuat. Toyoda sendirilah yang memimpin pengembangan platform ini yang membuat pasar Thailand menjadi favorit orang nomor satu di Toyota tersebut. Penggunaan platform di IMV 0 diharapkan bisa disesuaikan dengan beragam kebutuhan konsumen terhadap model niaga.
Rangka modular ini juga memberikan keuntungan untuk sumber tenaga yang disematkan pada truk ringan tersebut. Toyota mengungkapkan akan mencoba beragam teknologi, selain full electric vehicle ada juga mesin hidrogen. Ini menjadi salah satu jalan Toyota untuk membuka kemungkinan dengan beragam teknologi memangkas emisi karbon. Meski sempat mendapatkan kritikan terkait langkah Toyota yang terkesan setengah hati mendukung model EV, Toyoda masih percaya hidrogen sama menjanjikannya dengan teknologi BEV untuk mobilitas masa depan.
Toyoda juga mengungkapkan keseriusannya menggarap teknologi hidrogen. Dengan menggandeng perusahaan Thailand Charoen Pokphand Group untuk mengembangkan teknologi hidrogen menggunakan limbah pertanian. Harapannya, suatu saat nanti teknologi hidrogen ini dapat menjadi sumber tenaga mesin hidrogen dengan perpaduan transmisi manual yang dipasangkan ke Toyota IMV 0. (Sta/Odi)
Baca Juga: Ini Perubahan Mesin dan Transmisi Toyota Kijang Innova Terbaru
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Mobil Toyota Unggulan
- Populer
Artikel Mobil Toyota dari Carvaganza
Artikel Mobil Toyota dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Road Test