Generasi keempat duo MPV Toyota Noah dan Voxy resmi meluncur di Jepang. Seperti teaser beberapa waktu lalu, pabrikan menjanjikan perubahan desain lebih modern dalam basis TNGA (GA-C) yang dimelarkan. Tentu bersamaan penambahan fitur dan teknologi Toyota terkini.
Kedua MPV bersaudara kembali berjalan beriringan. Walau mereka bertalian darah erat dan banyak berbagi komponen serupa, target konsumennya tidak sama. Seperti Alphard dan Vellfire, ada yang lebih menekankan kemewahan selain sporty. Dalam hal ini Noah tampak lebih konvensional dan sederhana. Sementara Voxy punya desain berani dan tampil mencolok.
Secara profil masih identik seperti model terdahulu. Bodi kotak dengan jendela-jendela besar serta pintu geser elektrik. Sulit mengubah bentuk tubuh di segmen ini. Karena penawaran utama untuk konsumen adalah kabin superlapang segenap akomodasi plus kepraktisan tinggi. Makanya tidak bisa berharap ada rombakan total di desain, selain perubahan wajah dan buritan. Membedakan keduanya mudah saja. Muka Voxy lebih agresif lewat headlamp bertingkat. Grille begitu besar hampit melahap seluruh bemper. Bentuk lampu belakang sebenarnya sama. Namun dibedakan dari pola dan warna.
Melihat data dimensi, justru terjadi penyusutan sedikit. Terutama panjang bodi, menjadi 4.695 mm dari sebelumnya 4.710 mm dan lebar jadi 1.730 mm dari 1.735 mm. Wheelbase tetap 2.850 mm, hanya meninggi sedikit ke 1.895-1.925 mm.
Kabin adalah tempat terbaik dalam menikmati kenyamanan Noah-Voxy. Menariknya bukan hanya tersedia dalam konfigurasi 7-seater, tapi juga 8-seater. Tinggi kabin mencapai 1.405 mm, sehingga terhampar luas ruang kepala, kaki, hingga kargo. Bahkan ada tambahan ruang di balik dek bagasi.
Akses penumpang tak hanya dipermudah pintu geser elektrik. Tapi juga ditambahkan foot step dan pegangan yang dapat digunakan anak kecil. Pintu bagasi punya fitur unik. Dilengkapi mekanisme anti-terjepit bernama "Karakuri". Diklaim sebagai yang pertama diterapkan mobil tanpa sistem power backdoor. Versi Welcab turut disediakan Toyota. Dapat digabungkan dengan kursi "Weljoin", intinya untuk melayani konsumen penyandang disabilitas dengan baik.
Baca Juga: Toyota Mulai Beri Sinyal Noah dan Voxy 2022, Meluncur Januari
Tata letak dan desain dasbor terasa modern berkat monitor besar 8-inci atau 10,5-inci. Dibuat sepraktis mungkin dengan ruang penyimpanan dan cup holder yang ergonomis. Masih ada monitor di atap dan sistem audi premium agar penumpang belakang bisa makin menikmati perjalanan panjang.
Ada dua pilihan mesin. Pertama naturally aspirated Dynamic Force M20A-FKS 2,0-liter dengan keluaran daya 170 PS dan 202 Nm. Dipasangkan ke transmisi CVT Direct-Shift, bisa ke empat roda (AWD) atau depan saja (FWD). Kedua yaitu hybrid yang memadukan enjin 2ZR-FXE 1,8-liter 140 PS. Khusus ini punya opsi sistem penggerak empat roda (AWD) E-Four.
Toyota Safety Sense tersedia sebagai peranti keselamatan. Sekaligus mengenalkan Proactive Driving Assist yang mampu menginterfensi kemudi dan deselerasi, untuk mencegah mobil terlalu dekat dengan pejalan kaki, pesepeda dan mobil terparkir di sisi jalan. Setidaknya untuk mengantisipasi obyek-obyek sekitar yang berpotensi bergerak secara mendadak. Sistem juga bertugas mengantisipasi penurunan kecepatan yang tak perlu. Misalnya mendekati obyek di depan, tujuannya mengurangi frekuensi perpindahan pedal gas dan rem.
Sistem pre-collision juga makin canggih. Sekarang bisa mendeteksi kendaraan atau pemotor di persimpangan jalan. Bisa mendeteksi kendaraan datang dari arah berlawanan saat mobil masuk ke area persimpangan. Paket termasuk low speed acceleration control, parking support brakes, emergency steering assist, lane change assist, front cross-traffic alert dan masih banyak lainnya.
Kedua MPV sudah mulai dipasarkan di Jepang. Toyota Noah dibanderol dari 2.670.000 yen (Rp336 juta) sampai 3.890.000 yen (Rp489 juta). Sementara Voxy dari 3.090.000 yen (Rp389 juta) hingga 3.960.000 yen (Rp498 juta).
Mungkin sekali. Saat ini konsumen lokal mengenal Toyota Voxy dari 2017. Ia adalah generasi ketiga penerus Toyota Nav1 sebelumnya. Masih dijual hanya satu varian bermesin 2,0-liter. Harga per Januari 2022 Rp510,85 juta. Memasuki usia ke-5, berarti sudah umurnya untuk beregenerasi. Mengingat sekarang diimpor utuh dari Jepang, besar peluang model pengganti datang tahun ini juga. Pantas ditunggu! (Odi)
Baca Juga: Mazda2 Hybrid 2022 Berbasis Toyota Yaris Debut untuk Pasar Eropa
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.