Toyota mengganti trim TRD Sportivo dengan GR Sport. Beberapa model varian teratas sudah menyandang logo baru. Sebagian ada yang kembaran Daihatsu juga. Seperti Rush-Terios, Avanza Xenia, Agya-Ayla dan Raize-Rocky. Meski begitu, Daihatsu tentu tidak mendapat sentuhan sama. Melainkan punya entitas tersendiri.
Lantas, apakah PT Astra Daihatsu Motor (ADM) akan mengikuti jejak yang sama dengan Toyota memperkenalkan lini sport di Tanah Air? Sedikit cerita, di pasar Jepang, Daihatsu memiliki merek performa bernama D-Sport. Ini seperti M di BMW atau AMG di Mercedes-Benz namun ubahannya lebih banyak ke mobil-mobil berkubikasi mesin kecil atau dikenal kei car.
Divisi performa D-Sport melakukan penelitian dan pengembangan suku cadang agar memberikan performa berkendara bagi produk-produk Daihatsu secara berkala. Komponen seperti knalpot, filter udara, suspensi, perangkat pengereman, dikembangkan menjadi perangkat yang membuat performa produk Daihatsu meningkat.
Menanggapi hal itu, Marketing & Customer Relation PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso mengungkapkan pihaknya tidak akan mengikuti langkah Toyota. “Kalau Toyota punya GR Sport, mereka membuat varian spesial itu tak hanya estetika tapi performa. Kalau Daihatsu sampai saat ini, ADM dan DSO masih bekerja sama untuk fokus ke estetika,” ucapnya saat konferensi pers beberapa waktu lalu.
Hendrayadi mengungkapkan langkah yang diambil Daihatsu berdasarkan kebutuhan konsumen. Selain itu, masing-masing merek memiliki strategi pemasaran sendiri yang pastinya sesuai dengan target pasar. “Segmentasi antara Daihatsu dan Toyota berbeda, segmentasi kami hanya memenuhi pasar dulu. Jadi saat ini kami ke estetika, untuk performa belum,” tambahnya.
Berkaca dari Rocky, Daihatsu menawarkannya dalam varian ADS atau Astra Daihatsu Styling serta ASA atau Advance Safety Assist. Daihatsu memisahkan kedua varian teratas dari fitur yang disematkan serta tampilan yang lebih elegan.
Baca Juga: Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Hybrid Dikabarkan Meluncur November
Melihat tawaran Daihatsu untuk varian Rocky teratas jelas membuat pertanyaan. Apa yang membedakan kedua trim ini? Masing-masing menawarkan mesin 1.0L turbo dengan transmisi CVT terbaru. Perbedaan terlihat dari eksteriornya dan beberapa fitur di dalamnya. ADS berkonsentrasi pada penampilan. Ini terlihat dari banyaknya aksesori di sekeliling Rocky seperti skid plate, side body moulding, serta side stone guard.
Tampak depannya lebih sporty dengan grille depan dan bagasi belakang diberikan aksen krom sebagai pembeda. Ciri khas lain adalah hadirnya tulisan ADS di beberapa titik di sekitar bodi Rocky. Interior varian ADS mendapat kelebihan berupa active subwoofer speaker untuk kenyamanan hiburan.
Daihatsu Rocky ASA tidak memiliki semua itu. Tampilannya lebih sederhana dengan tampang depannya menggunakan grille dengan balutan warna hitam. Bagi yang gemar tampilan sporty jelas akan menengok varian ADS untuk dipinang. Tapi ASA punya fitur keselamatan paling lengkap. Sebut saja pre-collision warning, pre-collision braking, pedal misoperation control, front departure alert, lane departure warning, dan lane departure prevention untuk mencegah kecelakaan.
Soal harga, kedua varian ini ditawarkan dengan selisih dana yang tipis. Varian tertinggi masing-masing varian, yakni CVT dengan cat two tone adalah Rp239,6 juta untuk varian ASA dan Rp238,9 juta untuk varian ADS. (Sta/Odi)
Baca Juga: Astra Daihatsu Motor Capai Produksi Tujuh Juta Unit
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.