Inden pembelian Toyota Raize gres masih mengular. Maklum, kompak SUV 4 meteran ini mendapat subsidi PPnBM dari pemerintah 100 persen. Namun demikian, sekarang ada yang menjual unit bekasnya. Misal seken tahun produksi 2021 tipe 1.0 turbo TSS single tone dilepas Rp279 juta. Sementara kalau unit gres dari diler dibanderol Rp278,8 juta OTR Jakarta (sudah termasuk potongan pajak barang mewah). Artinya selisih hanya Rp200 ribu saja. Menarik?
Kalau dilihat kondisi Raize bekas rata-rata masih kinclong seperti baru. Kalau Anda ingin memiliki Toyota Raize secara cepat, tanpa harus antre atau inden. Maka ambil unit seken bisa menjadi alternatif. Paling jarak tempuh belum banyak. Toh, usia pemakaian jua baru kemarin, istilahnya. Ia banyak digandrungi kawula muda sebagai kendaraan perkotaan. Dimensinya kompak dengan panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm, dan tinggi 1.635 mm.
Meski begitu, Raize tetap terlihat proporsional berkat wheelbase mencapai 2.525 mm dan ground clearance setinggi 200 mm. Kemudian urusan pijakan. Pelek berukuran 17 inci, varian GR Sport TSS disemprot hitam penuh biar tambah sangar. Kalau berdasar pengakuan TAM, varian atas ini paling banyak dipesan konsumen. Oke, saat bicara harga baru maupun bekas memang bersinggungan dengan Toyota Rush GR Sport.
Baca Juga: Panduan Memiliki Toyota Calya Bekas, LCGC 7-Seater Praktis untuk Harian
Tapi seluruh Raize sudah dilengkapi fitur keamanan lengkap di segmennya. Jauh lebih komplet dari Rush sekalipun. Konsumen mendapat sistem pengereman dengan Anti-lock Braking System (ABS). Lanjut Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Seatbelt Warning, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, serta Alarm+Immobilizer. Di trim GR Sport TSS mengantongi enam titik bantalan udara, Pre-collision System, Adaptive Cruise Control, Front Departure Alert, Lane Departure Assist with Steering Assist. Lanjut Pedal Misoperation Control, Rear Cross Traffic Alert, juga Blind Spot Monitoring.
Raize GR Sport TSS disokong mesin bensin 1KR-VET 998 cc. Konfigurasinya tiga silinder segaris VVT-i, 12 valve, DOHC plus dorongan turbo. Dengan diameter langkah 71.0 mm x 83.9 mm plus rasio kompresi 9,5 : 1. Ledakan piston torsi puncak 140 Nm, mulai dari 2.400 hingga 4.000 rpm. Kemudian tenaga maksimal digapai 98 PS pada 6.000 rpm. Ada banyak benefit dari penggunaan turbo di mobil perkotaan. Terutama meminimalisasi kendala ruang mesin, struktur enjin dan bobot kendaraan pada jenis pemompa daya naturally aspirated.
Jantung mekanis bervolume kecil yang dibekali peranti turbocharge dapat menyemburkan tenaga lebih besar. Ini dalam konteks jika dibandingkan pemacu non-turbo meskipun kapasitas mesinnya sama, bahkan lebih besar. Walau ruang bakar 998 cc, namun konstanta tenaga tak kalah dari 1.500 cc naturally aspirated. Tapi ada catatan. Misal betul Anda berminat beli bekas maupun baru. Coba rasakan lebih teliti sendiri. Apakah enjin terasa bergetar atau tidak, saat posisi langsam. (Alx/Odi)
Baca Juga: Toyota Sienta Q 2016 Bekas, MPV Praktis yang Harganya Makin Terjangkau
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.