Toyota Recall Kijang Innova dan Fortuner, Ada Masalah Sistem Pengereman
JAKARTA -- Toyota kembali melakukan program perbaikan alias recall untuk produk Toyota Kijang Innova dan Toyota Fortuner. Ini merupakan recall yang kedua kalinya. Bulan lalu isunya ada masalah pada soal pompa bensin. Kini ada kendala pengereman, tapi khusus untuk tahun produksi Agustus 2019. Konsumen diimbau untuk segera mendatangi bengkel lalu mengecek brake vacuum hose pada kendaraan terdampak. Inisiasi dilangsungkan secara global oleh Toyota Motor Corp. Kemudian diikuti distributor resmi termasuk PT Toyota Astra Motor (TAM) sebagai pemegang merek di Indonesia.
Disebutkan jika ada potensi masalah di Brake vacuum hose. Ini adalah selang elastis yang menghubungkan antara brake booster dan pompak vakum. Ia bertugas menarik udara pada brake booster sehingga tekanan pada pedal rem lebih enteng. Perangkat yang terpasang pada Fortuner juga Innova itu disinyalir dapat berubah bentuk seiring waktu. Jadi kinerja tekanan bisa terkendala, atau malah menambah potensi risiko penghela laju kendaraan. Rem bisa terhambat, alias tidak berfungsi normal.
“Kami mempunyai komitmen kuat dalam menghadirkan Peace of Mind dan Total Ownership Experince bagi pelanggan. Perusahaan memberikan layanan aftersales terbaik dan memastikan kendaraan milik pelanggan dalam kondisi prima. Untuk itu, kami sangat anjurkan agar pemilik Kijang Innova dan Fortuner dengan produksi Agustus 2019. Segera mengecek kendaraannya demi kenyamanan serta keselamatan berkendara,” ujar Henry Henry Tanoto Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM), dalam rilis resmi.
Henry berharap, para pemilik Kijang Innova dan Fortuner acuh, serta memberikan atensi besar pada program penarikan ulang kendaraan. Sebab, problem yang muncul pada brake vacuum hose agak sulit untuk dideteksi sendiri. Apalagi rem merupakan komponen utama yang tergolong riskan. Sehingga, pelanggan disarankan segera melakukan pengecekan.
Semua bisa dilakukan melalui berbagai saluran komunikasi. Baik secara digital melalui situs resmi. Bisa pula mendatangi secara langsung ke bengkel resmi Toyota terdekat. Lazimnya recall, seluruh proses pengecekan maupun penggantian komponen dilakukan tanpa biaya sama sekali. Toyota mengaku sudah berkirim kepada pelanggan melalui surat resmi maupun melalui saluran komunikasi seperti di laman resmi. Seluruh jaringan juga dilibatkan untuk memastikan kelancaran penggantian brake vacuum hose pada Kijang Innova dan Fortuner.
Anda bisa mengakses Toyota Customer Care (24 jam) di nomor telpon 1-500-315. Selain itu, pelanggan dapat juga melakukan pengecekan dengan mengunjungi website resmi Toyota di www.toyota.astra.co.id/ssc. Caranya masukkan nomor rangka, selanjutnya muncul informasi apakah kendaraannya masuk dalam program penggantian brake vacuum hose ini.
Selama masa pandemi COVID-19. Pemeriksaan kendaraan dapat dilakukan melalui beberapa metode sesuai protokol berlaku. Hal ini dilakukan untuk memastikan keselamatan teknisi maupun pelanggan tetap menjadi fokus utama. Lantas itu bisa dikerjakan melalui layanan Toyota Mobile Service yang datang langsung ke tempat pelanggan.
Namun pengguna diwajibkan melakukan booking terlebih dahulu untuk mengecek ketersediaan layanan ini. Sementara untuk pelanggan yang melakukan proses penggantian di bengkel juga sama. Pesan dulu, agar bengkel dapat mempersiapkan stall, teknisi dan parts yang hendak diganti. Prosesnya berlangsung sekitar 2 jam pengerjaan secara cuma-cuma. (Alx)
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Mobil Toyota Unggulan
- Terbaru
- Yang Akan Datang
- Populer
Artikel Mobil Toyota dari Carvaganza
Artikel Mobil Toyota dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Road Test