Toyota, Subaru dan Mazda Jalin Kerja Sama Rancang Mesin Ramah Lingkungan

Toyota, Subaru dan Mazda

Tiga raksasa otomotif Jepang, Toyota, Mazda, dan Subaru, berkolaborasi mengembangkan mesin berteknologi ramah lingkungan. Masing-masing perusahaan akan memproduksi mesin khas yang kompatibel dengan teknologi elektrifikasi. Selain itu, mesin-mesin ini dirancang untuk menggunakan berbagai jenis bahan bakar netral karbon. Kolaborasi ini dimungkinkan karena Toyota memiliki sebagian saham Subaru dan sekitar 5% saham Mazda.

Namun, ketiga perusahaan ini akan tetap bersaing dalam memproduksi kendaraan dengan mesin unik mereka. Toyota akan mengembangkan mesin 4 silinder segaris, Subaru akan fokus pada mesin Boxer, dan Mazda akan mengembangkan kembali teknologi mesin rotary. Pendekatan multi-jalur ini diambil di tengah perlambatan pasar kendaraan listrik global, menandakan bahwa mesin pembakaran internal masih memiliki masa depan.

"Untuk memberikan berbagai pilihan kepada pelanggan kami dalam mencapai netralitas karbon, penting bagi kami untuk mengatasi tantangan pengembangan mesin yang sesuai dengan lingkungan energi masa depan. Ketiga perusahaan dengan aspirasi yang sama ini akan meningkatkan teknologi mesin melalui persaingan yang sehat," ujar Koji Sato, Presiden & CEO Toyota.

Komitmen mereka adalah menciptakan mesin pembakaran internal yang mendukung pelestarian lingkungan melalui dekarbonisasi. Mereka akan mengoptimalkan integrasi unit penggerak listrik dalam powertrain mereka dan menciptakan generasi hybrid baru. Selain itu, netralitas karbon juga dapat dicapai dengan beralih dari bahan bakar fosil ke solusi alternatif seperti e-fuel, biofuel, dan hidrogen cair, yang telah teruji dalam balapan.

subaru

"Mencapai masyarakat netral karbon adalah tantangan yang dihadapi oleh semua industri dan masyarakat Jepang secara umum. Sambil terus memperbaiki teknologi elektrifikasi, kami juga akan memperbaiki mesin yang beroperasi secara horizontal untuk menggunakan bahan bakar netral karbon di masa depan. Ke depannya, ketiga perusahaan dengan aspirasi yang sama akan terus berupaya mencapai keunggulan berkelanjutan dalam manufaktur mobil Jepang," ujar Atsushi Osaki, Presiden & CEO Subaru.

Selain fokus pada netralitas karbon, mesin baru ini juga akan tetap menyediakan pengalaman berkendara yang menyenangkan. Oleh karena itu, pengurangan kapasitas mesin tidak akan mengurangi performa kendaraan dan bahkan diharapkan memiliki aerodinamika yang lebih baik. Selain itu, insinyur pabrikan juga akan memastikan mesin tersebut memenuhi berbagai aturan emisi yang berlaku di banyak negara, termasuk Euro7.

Dalam kesempatan yang sama, ketiga perusahaan otomotif juga memperkenalkan produk baru mereka yang didukung oleh teknologi mesin ICE ramah lingkungan. Toyota memperkenalkan prototipe Prius dengan mesin 4-silinder 1.5-liter yang sedang dikembangkan bersama mesin 2.0-liter. Subaru menampilkan prototipe Crosstrek yang juga didukung oleh teknologi hybrid terbaru dari perusahaan. Sementara itu, Mazda memamerkan teknologi rotary-EV-nya, dengan beberapa unit rotor yang berfungsi sebagai generator listrik.

"Kami akan terus menawarkan mobil yang menarik kepada pelanggan dengan menyempurnakan mesin pembakaran internal untuk era elektrifikasi dan memperluas pilihan untuk mencapai netralitas karbon. Mengingat mesin rotari kompatibel dengan elektrifikasi dan bahan bakar netral karbon, Mazda akan terus mengembangkan teknologi ini melalui kerja sama dan kompetisi untuk memastikan dapat memberikan kontribusi yang signifikan," lanjut pernyataan tersebut. (Ndo)

Baca Juga: Siklus Hidup BMW Z4 Segera Berakhir, Masa Depan Toyota Supra Tak Jelas

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • Kolaborasi VinFast & Timnas Indonesia, Sambut Prestasi dan Masa Depan Hijau
    Kolaborasi VinFast & Timnas Indonesia, Sambut Prestasi dan Masa Depan Hijau
    Wahyu Hariantono . Hari ini
  • Adu Fitur dan Spek AION V Lawan SUV Listrik EX5 dan Atto3
    Adu Fitur dan Spek AION V Lawan SUV Listrik EX5 dan Atto3
    Alvando Noya . Hari ini
  • IIMS 2025: 6 Pilihan Mobil Listrik di Bawah Rp400 Juta
    IIMS 2025: 6 Pilihan Mobil Listrik di Bawah Rp400 Juta
    Anjar Leksana . Hari ini
  • IIMS 2025: VW ID. Buzz Meluncur Versi Long Wheelbase, Dijual Rp1,49 Miliar
    IIMS 2025: VW ID. Buzz Meluncur Versi Long Wheelbase, Dijual Rp1,49 Miliar
    Alvando Noya . Hari ini
  • Erick Thohir Naksir VinFast VF 3, Langsung SPK di IIMS 2025
    Erick Thohir Naksir VinFast VF 3, Langsung SPK di IIMS 2025
    Eka Zulkarnain H . Hari ini

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Mazda Tawarkan Program Jualan dan Aftersales Menarik di BCA Expoversary 2025
    Mazda Tawarkan Program Jualan dan Aftersales Menarik di BCA Expoversary 2025
    Eka Zulkarnain . Hari ini
  • Volkswagen ID.Buzz Long Wheelbase Resmi Hadir di Indonesia
    Volkswagen ID.Buzz Long Wheelbase Resmi Hadir di Indonesia
    Alvando Noya . 22 Feb, 2025
  • Erick Thohir Membeli VinFast VF 3 di IIMS 2025, Pesan Warna Merah
    Erick Thohir Membeli VinFast VF 3 di IIMS 2025, Pesan Warna Merah
    Eka Zulkarnain . 22 Feb, 2025
  • Mercedes-Benz G-Class Listrik Meluncur di Event The World Beyond
    Mercedes-Benz G-Class Listrik Meluncur di Event The World Beyond
    Wahyu Hariantono . 22 Feb, 2025
  • Hyundai Luncurkan Staria Terbaru, Tawarkan Varian 9-Seater dan 7-Seater
    Hyundai Luncurkan Staria Terbaru, Tawarkan Varian 9-Seater dan 7-Seater
    Zenuar Yoga . 22 Feb, 2025
  • Komparasi Spesifikasi AION V, Geely EX5 dan BYD Atto3
    Komparasi Spesifikasi AION V, Geely EX5 dan BYD Atto3
    OTO . Hari ini
  • Harga Bersaing, Adu Kekuatan Hyptec HT Vs BYD Sealion 7
    Harga Bersaing, Adu Kekuatan Hyptec HT Vs BYD Sealion 7
    OTO . Hari ini
  • Review Test Suzuki S-Presso di IIMS 2025: Mobil Murah Masih Relevan Buat Harian
    Review Test Suzuki S-Presso di IIMS 2025: Mobil Murah Masih Relevan Buat Harian
    Ardiantomi . 21 Feb, 2025
  • Review Keunggulan New Mitsubishi Pajero Sport, Pemain Kuat di Segmen SUV 7-Seater
    Review Keunggulan New Mitsubishi Pajero Sport, Pemain Kuat di Segmen SUV 7-Seater
    Alvando Noya . 21 Feb, 2025
  • 7 Mobil Konsep dan Special Show di IIMS 2025
    7 Mobil Konsep dan Special Show di IIMS 2025
    Ardiantomi . 20 Feb, 2025
  • Pascaliburan Jangan Lupa Cek Bagian Kendaraan Ini!
    Pascaliburan Jangan Lupa Cek Bagian Kendaraan Ini!
    Setyo Adi Nugroho . 30 Jan, 2025
  • Potensi Masalah Kendaraan di Perjalanan Sepanjang Waktu Liburan
    Potensi Masalah Kendaraan di Perjalanan Sepanjang Waktu Liburan
    Setyo Adi Nugroho . 30 Jan, 2025
  • Tips Berkendara Saat Hujan di Libur Nataru
    Tips Berkendara Saat Hujan di Libur Nataru
    Setyo Adi Nugroho . 30 Des, 2024
  • Perhatikan Faktor Ini untuk Atasi Mesin Hilang Tenaga dan Ngelitik
    Perhatikan Faktor Ini untuk Atasi Mesin Hilang Tenaga dan Ngelitik
    Setyo Adi Nugroho . 30 Des, 2024
  • Berkendara Liburan Akhir Tahun, Persiapkan Hal Ini Biar Aman dan Nyaman
    Berkendara Liburan Akhir Tahun, Persiapkan Hal Ini Biar Aman dan Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 11 Des, 2024
  • First Drive Chery Tiggo Cross: Mengancam Lawan dengan Paket Fitur dan Harga!
    First Drive Chery Tiggo Cross: Mengancam Lawan dengan Paket Fitur dan Harga!
    Setyo Adi Nugroho . 12 Feb, 2025
  • Test Drive New Hyundai Creta N Line: Semakin Asyik Dikendarai
    Test Drive New Hyundai Creta N Line: Semakin Asyik Dikendarai
    Anjar Leksana . 12 Feb, 2025
  • First Drive Mazda CX-80 PHEV: Performa dan Konsumsi BBM Impresif!
    First Drive Mazda CX-80 PHEV: Performa dan Konsumsi BBM Impresif!
    Setyo Adi Nugroho . 31 Jan, 2025
  • Test Drive Mazda CX-30: Karakter Sporty Mendominasi Plus Kenyamanan Ekstra
    Test Drive Mazda CX-30: Karakter Sporty Mendominasi Plus Kenyamanan Ekstra
    Setyo Adi Nugroho . 21 Jan, 2025
  • Test Drive Pikap Toyota Hilux Rangga: Bukan Sekadar Kendaraan Niaga Biasa
    Test Drive Pikap Toyota Hilux Rangga: Bukan Sekadar Kendaraan Niaga Biasa
    Zenuar Yoga . 23 Des, 2024