Toyota Umumkan Recall Sejumlah Produk Terkait Masalah Fuel Pump
Ada beberapa produk yang terkena recall. Pertama Toyota Alphard tahun produksi 2017-2019 serta C-HR lansiran 2018-2019. Lanjut Corolla bikinan 2019, Camry keluaran 2019, Voxy buatan 2018-2019, Kijang Innova tahun pembuatan 2018-2019, Fortuner 2018-2019, Hilux 2019. Kemudian model populer seperti Avanza tahun produksi 2017-2019 dan Rush produksi 2017-2019.
Masalah masih terkait pompa bahan bakar (fuel pump) dan brake booster. Sebelumnya, TAM sudah melakukan aktivitas recall terkait masalah komponen pompa bahan bakar pada Juli 2020. Pada saat itu sejumlah model terdampak pernarikan: Alphard produksi tahun 2017—2018, Corolla 2018, FJ Cruiser 2013—2014, Kijang Innova, Fortuner dan Hilux buatan 2017—2019. Sejak pemberitahuan secara resmi kepada pelanggan pada akhir Juli tahun lalu. Hingga sekarang berjalannya aktivitas recall lebih dari 60 persen dari total kendaraan terlibat.
Pada saat itu sudah dicek dan diperbaiki komponennya di bengkel resmi Toyota. Sebagai kelanjutan dari upaya untuk menjamin keselamatan pelanggan. Mereka berjanji, bakal terus melakukan monitor di lapangan. Kemudian melakukan pengecekan apakah model-model lain juga mengalami hal serupa. Sehingga TAM mengajak kembali para pemilik beberapa model kendaraan dengan produksi tahun tertera. Agar segera melakukan pengecekan. Kemudian wajib melakukan penggantian fuel pump kendaraan. Pengerjaan pengecekan dan penggantian pompa bensin berlangsung sekitar 2 sampai 4 jam.
Baca Juga: Toyota Raize Segera Masuk Indonesia, Kemungkinan Dilengkapi Toyota Safety Sense
Masalah Brake Booster
Nah, selain aktivitas penggantian komponen fuel pump pada beberapa model tertentu. TAM juga mengimbau pemilik Hilux dengan tahun produksi Juni hingga Desember 2018. Untuk melakukan pengecekan dan jika diperlukan melakukan penggantian pada komponen brake booster. Hal itu disebabkan karena adanya potensi yang dapat mempengaruhi mekanisme kinerja proses pengereman. Pengerjaan pengecekan dan penggantian komponen pengereman ini berlangsung sekitar 30 menit sampai 3,5 jam.
Klaim Toyota, recall dilakukan sebagai bagian dari upaya berkelanjutan untuk menjamin kualitas produk. Serta menjaga keamanan dan keselamatan pelanggan. Di Indonesia sendiri, kegiatan recall dilakukan Toyota Astra Motor sebagai distributor resmi kendaraan Toyota di Tanah Air. “Sejalan dengan global initiative principal Toyota Motor Corp. Aktivitas recall pada produk tertentu telah dilakukan TAM sejak bertahun-tahun. Sebagai wujud komitmen kami dalam mengutamakan keamanan dan keselamatan pelanggan. Dan, kami berterima kasih atas respons yang cepat dan aktif dari pelanggan selama ini. Sehingga persentase kendaraan sudah diperbaiki cukup tinggi,” ucap Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota Astra Motor, dalam keterangan tertulis (18/3).
Baca Juga: Rahasia Ketangguhan Mesin Diesel Toyota 2GD-FTV yang Dipakai Kijang Innova dan Fortuner
Aktivitas recall meliputi proses pengecekan maupun penggantian parts. Menurut Toyota, itu sangat mudah dilakukan di bengkel resmi. Dan tanpa biaya sama sekali alias gratis. Seluruh jaringan bengkel Toyota saat ini berjumlah 298 lokasi. Semua tersebar di seluruh wilayah nusantara dilibatkan. Jadi, untuk memastikan pelanggan segera melakukan pengecekan serta penggantian komponen kendaraan.
Tiap kali aktivitas recall, Toyota menginformasikan hal ini kepada pelanggan. Caranya melalui berbagai saluran komunikasi. Baik melalui surat resmi maupun melalui media massa juga situs TAM. Pelanggan bisa menghubungi jaringan outlet resmi Toyota terdekat yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Atau dapat menghubungi Toyota Customer Care (24 jam) di nomor telepon 1-500-315. Selain itu, pelanggan dapat juga mengunjungi www.toyota.astra.co.id/ssc untuk melakukan pengecekan. Anda bisa cek dengan memasukkan nomor rangka. Selanjutnya muncul informasi apakah mobil masuk dalam program recall Toyota atau tidak.
Jika kendaraan masuk ke dalam program ini. Maka pelanggan dapat langsung menghubungi bengkel resmi Toyota terdekat atau yang diinginkan. Untuk proses penggantian, Anda disarankan melakukan booking service terlebih dahulu. Sehingga diler atau bengkel resmi dapat mempersiapkan stall, teknisi dan part yang hendak diganti. Sekali lagi, seluruh proses pemeriksaan maupun penggantian tidak dipungut biaya sepeserpun. (Alx/Odi)
Baca Juga: Daftar Harga Mobil Toyota yang Terkena Potongan PPnBM
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Mobil Unggulan
- Terbaru
- Yang Akan Datang
- Populer
Artikel Mobil dari Carvaganza
Artikel Mobil dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Advisory Stories
- Road Test