Mitsubishi Indonesia tak berpangku tangan demi mengamankan penjualan di segmen LMPV. Makanya, transformasi yang disuguhkan pabrikan dalam membesut Xpander 2022 terbilang besar. Kalau soal visual luar maupun dalam, memang disentuh ulang supaya mencuatkan jiwa tualang. Namun sorotan utama kali ini pada jenis penyaluran tenaga dan stabilitas. Transmisi matik konvensional ditanggalkan, berganti CVT. Lantas peredam guncangan diformulasi ulang agar kenyamanan suspensi serasa Pajero Sport.
Untuk diketahui, CVT memiliki bobot relatif ringan nan kompak dibandingkan otomatis biasa. Tentu korelasinya adalah tingkat konsumsi bensin semakin sedikit. Transmisi jenis ini memiliki faktor besar sebagai penentu jumlah asupan bahan bakar. Sebab bisa mengatur rasio gigi secara instan dan menjaga putaran mesin (rpm) lebih rendah. Hasilnya, menurut pabrikan, Xpander 2022 mengantongi keseimbangan terbaik antara akselerasi maksimal nan tajam layaknya transmisi AT 8-speed.
Nah, cara kerja CVT amat berbeda dari matik konvensional di Mitsubishi Xpander lawas. Ia menggunakan sepasang puli yang dihubungkan oleh belt atau sabuk baja. Putaran bisa membesar, mengecil, serta bergerak ke kiri atau ke kanan menuruti perintah. Betul, sesuai putaran mesin dan laju mobil. Perubahan kedua puli ini membuat diameter sabuk ikut berganti. Besaran itulah menjadi rasio gigi pada transmisi jenis ini.
Baca Juga: Sediakan Dana Rp5 Juta untuk Memesan Mitsubishi Xpander Facelift 2022
“Salah satu penyempurnaan luar biasa dari Xpander adalah penyematan CVT menggantikan transmisi konvensional 4-speed. Ini merupakan langkah yang diambil karena kami mendengarkan suara semua konsumen. Jenis penyaluran ini memiliki banyak kelebihan: nyaman dipakai, menyenangkan, memberikan efisiensi dan kenyamanan tinggi,” terang Hikaru Mii, Director of Product Strategy PT MMKSI saat presentasi produk (8/11).
Lantas mengenai sistem redaman Xpander 2022. Terjadi peningkatan kualitas suspensi dan shock absorber, yakni dengan tuning terbaru. Sehingga menghasilkan pengendalian yang semakin nyaman, lanjut pengendaraan lebih stabil di kontur jalan kasar. Gerak translasi diramu ulang, agar mendapatkan sentuhan rasa berkendara Mitubishi Pajero Sport. “Di model sekarang suspensi diubah, terutama pada shock absorber belakang. Dirombak lebih besar seperti di Pajero Sport serta penggunaan valve baru supaya membuat rasa berkendara kian nyaman, handling lebih baik nan stabill,” imbuh Hikaru Mii.
Terus mengenai fitur keselamatan & keamanan. New Xpander memiliki dual SRS airbags, struktur RISE body, seatbelt dengan ELR 3 titik dan ISO-FIX child seating fixing bar. Yang terbaru ialah tersedia Speed Sensitive Automatic Door Lock, Electric Parking Brake with Brake Auto Hold. Sisanya berupa sematan ASC, ABS-EBD dengan BA, ESS plus Hill Start Assist. Perlu dicatat (ASC, BA & HAS) sudah tertanam di varian GLS hingga Ultimate CVT. (Alx)
Baca Juga: New Mitsubishi Xpander Cross 2022 Sedikit Berubah, Transmisi Ganti CVT
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.