Triumph Motorcycles Scrambler 1200 Steve McQueen Edition ditujukan untuk para kolektor. Hanya 1.000 konsumen di seluruh dunia yang hanya bisa memilikinya. Banderol di negara asal sebesar £13.600 atau setara Rp267 jutaan. Lebih mahal £1.000 dibanding versi XE yang memiliki spesifikasi sama.
Model edisi khusus dibuat untuk memberi penghormatan kepada Triumph TR6 yang ikonik. Kuda besi yang dikendarai oleh Steven McQueen dalam film 'The Great Escape' pada 1963. Aktor legendaris asal Amerika Serikat itu juga berprofesi sebagai stuntman dan dijuluki 'King of Cool'. Ia mendapat perhatian para penggilanya karena keberaniannya di atas sepeda motor sepanjang karier filmnya.
Sebagai pembeda dari tipe XE, Scrambler 1200 Steve McQueen Edition hadir dengan memiliki nomor seri. Serta sertifikat kepemilikan yang ditandatangani oleh CEO Triumph, Nick Bloor dan Chad McQueen, putra Steve. Ia juga mendapat banyak aksesori khusus yang dipasang oleh pabrik bersama dengan skema warna baru.
Baca Juga: Produk Kolaborasi Bajaj-Triumph Mundur ke 2023
Utamanya tangki bahan yang dicat ‘Green Competition’, berikan nuansa eksklusif. Dipadukan dengan garis-garis emas yang dilukis dengan tangan untuk membingkainya. Memiliki tutup pengisi bahan bakar Monza aluminium dan tali tangki baja tahan karat. Dilengkapi engine guard berbahan pipa baja antikarat. Pelindung mesin itu diberikan lapisan yang dipoles dengan cairan khusus. Menawarkan perlindungan tambahan pada penutup kopling dan alternator.
Kemudian disematkan pelindung radiator bermaterial aluminium dipotong dengan laser, lebih presisi. Dilengkapi kursi berkulit coklat premium dengan ribbing yang dijahit dan branding Triumph. Sepatbor depan dan belakang juga mendapat ‘Green Competition’. Terlepas dari skema warna baru, sepeda motor tetap sama seperti sebelumnya.
Selain merilis edisi Steve McQueen, Triumph juga mengenalkan Scrambler 1200 tipe XC dan XE model 2022. Secara spesifikasi semua sama, bedanya XC berfokus untuk lintasan on-road dan XE dikhususkan buat medan off-road karena bermodalkan ban dual purpose. Hal paling baru yang mereka dapat yakni sudah mengantongi batas emisi Euro 5.
Dalam hal elektronik, seluruh varian Scrambler 1200 mendapatkan teknologi ride-by-wire generasi terbaru dari Triumph. Dikombinasikan enam mode berkendara yaitu; road, rain, sport, off-road, off-road pro (hanya pada varian XE) dan custom yang dapat dikonfigurasi. Pengereman ABS, cornering ABS, cornering traction control dan cruise control, memastikan stabilitas pengendara yang lebih baik. Terdapat pula torque-assist clutch, keyless, kunci kontak tanpa kunci, pencahayaan full LED, dan soket pengisian daya USB di bawah jok sebagai fitur standar.
Ada juga konsol instrumen TFT full colour yang menawarkan tiga opsi tata letak tampilan. Masing-masing dapat disesuaikan dengan preferensi pengendara. Disisipi pula dengan sistem navigasi serta menawarkan kontrol kamera GoPro yang terintegrasi.
Baca Juga: Resmi Mengaspal, Begini Detail Spesifikasi Triumph Trident 660
Scrambler 1200 2021 mendapatkan mesin kembar paralel 270°, 1.200 cc SOHC, 8 valve, berpendingin cairan dan sekarang sudah memenuhi Euro 5. Kuda besi ini menghasilkan 88 hp pada 7.250 rpm sementara output torsi puncak pada 110 Nm yang datang pada 4.500 rpm. Mesin ini dipasangkan dengan gearbox enam percepatan dan ada juga slipper assist clutch.
Untuk memenuhi standar emisi baru, katalis dipindahkan lebih jauh ke belakang dan sejumlah panel serta penutup samping di dekatnya juga direvisi. Perombakan di sektor itu juga bermanfaat pada pengurangan jumlah panas yang mencapai pengendara. Para insinyur juga mengutak-atik injeksi udara dan pembakaran pada model 2022, memberi mereka cara baru untuk mencapai target emisi yang lebih rendah. Bonusnya, konsumsi bahan bakar jadi lebih efisien. Meski begitu, tidak berdampak pada kehilangan tenaga. Dari perubahan katalis serta penambahan katup pembersih baru, bobot motor terpangkas 13 pound (5 kg).
Motor ini sudah tidak asing lagi bagi pemilik Scrambler 1200. Seperti sebelumnya, memakai suspensi berspesifikasi tinggi berupa shock Öhlins di belakang dan USD Showa di depan. Buat varian tertinggi dan edisi spesial memakai tabung berdiamter 47 mm warna gold. Sedan tipe rendah berukuran 45 mm dan warnya hitam. Keduanya mendapatkan jarak main 250 mm. Masing-masing juga dapat disetel sepenuhnya untuk preload, kompresi, dan rebound.
Setiap roda dibekali cakram kembar 320 mm dengan kaliper monoblok Brembo M50 Radial di depan dan satu cakram di belakang. Seperti sebelumnya, motor ini mendapatkan roda 21 inci wire-spoked di depan dan roda 17 inci di belakang. Buat tipe XE dan edisi Steve McQueen dibalut ban dual-sport Metzeler Tourance. (Bgx/Odi)
Sumber: Bennettes, Cycleworld
Baca Juga: Sketsa Protipe Project TE-1 Disebar, Calon Motor Listrik Pertama Triumph
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.