Triumph Scrambler dan Speed 400 X Mendebut Lawan Harley-Davidson X440

Triumph Speed 400 and Scrambler

 

KEY TAKEAWAYS

  • Seri 400 X diciptakan dan dirancang di Hinckley, Inggris

    Harley-Davidson X440 menjadi target utama melalui pengembangan mesin baru yang diklaim bisa mengimbangi meski kapasitasnya lebih kecil
  • Pabrikan sepeda motor premium berlomba membuat kendaraan berkubikasi ringkas. Guna melawan Harley-Davidson X440, Triumph kenalkan Scrambler dan Speed 400 X. Model didesain menggunakan jantung pacu baru silinder tunggal. Unit dipercaya memberikan pengendaraan yang menyenangkan, gesit dan menyasar segala usia. Untuk pasar India dirilis bulan depan, bersama pengumuman harga resmi. 

    Seri 400 X diciptakan dan dirancang di Hinckley, Inggris. Masuk jajaran motor klasik modern, ia  dikembangkan dengan perhatian yang sama terhadap detail seperti model Triumph lain. Tampilan amat mudah dikenali berkat dandanan siluet tak lekang oleh waktu, tangki bahan bakar terpahat khas dan profil mesin klasik bertenaga. 

    Spesifikasi Mesin

    Tipe

    Liquid-cooled, 4 valve, DOHC, single-cylinder

    Kapasitas

    398,15 cc

    Bore

    89 mm

    Stroke

    64 mm

    Kompresi

    12:1

    Maksimum Power

    40 PS / 39,5 bhp (29,4 kW) pada 8.000 rpm

    Torsi Puncak 

    37,5 Nm pada 6.500 rpm

    Kemampuan pemacu tunggal ini tidak kalah dari Harley-Davidson X440, walau kubikasi beda sedikit. Bisa dilihat keluaran tenaga maksimal maupun momen puntir puncak. Transfer tenaga menggunakan transmisi manual 6-speed. Untuk menambah kenyamanan pengendara, performa dan keselamatan. Speed 400 maupun Scrambler 400 X mengantongi teknologi terbaru.

    triumph speed and scrambler

    Mereka berbekal throttle by wire. Manajemen mesin diklaim memberi respons linear dan intuitif dengan pengiriman daya yang mudah diprediksi. Hal ini berkaitan dengan kepercayaan diri berkendara serta kontrol bodi saat melesat bersamanya. 

    Terus torque-assist clutch sudah pasti terpasang. Sistem ini bikin Anda mudah dalam memindah gigi tanpa menarik tuas kopling. Fitur membantu mengurangi kelelahan berkendara, serta meningkatkan kepercayaan diri saat bertualang. Fungsi lain, mencegah penguncian roda belakang saat menurunkan gigi.

    Untuk mengimbangi itu keamanan saat berkendara. Triumph memberikan sistem kontrol traksi bagi kedua model. Ada tombol on/off, sehingga pengendara dapat menonaktifkan intervensi dengan cepat dan mudah. Sebagai penghela laju motor, terpasang rem Bosch dual-channel ABS di segala kondisi.

    triumph speed

    Instrumen format ganda bergaya kontemporer menampilkan speedometer analog besar dan layar LCD terintegrasi. Mencakup tachometer digital, sisa jarak & bahan bakar, indikator perpindahan gigi terlihat jelas dalam semua kondisi pencahayaan. Ada juga soket pengisi daya USB-C untuk pengisian daya perangkat di stang saat bepergian. Seperti ponsel pintar ataupun sistem navigasi.

    Baik Triumph Speed 400 maupun Scrambler 400 X dilengkapi dengan steering lock dan immobilizer (anti-pencurian) sebagai standar. Chip transponder terintegrasi ke dalam kontak kunci, sehingga memastikan hanya pemilik yang dapat menyalakan mesin. Sebagai produk global, mungkin saja mereka masuk pasar Indonesia. (Alx/Odi)

     

    Baca Juga: Motor Listrik Triumph TE-1 Menuju Produksi, Lebih Ringan dari MotoE 2023

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Motor Triumph Unggulan

    Artikel Motor Triumph dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test
    • Triumph Rilis Tiger Sport 800, Siap Lawan Ducati Multistrada V2 dan Yamaha Tracer 9 GT+
      Triumph Rilis Tiger Sport 800, Siap Lawan Ducati Multistrada V2 dan Yamaha Tracer 9 GT+
      Zenuar Yoga . 24 Okt, 2024
    • RAT Indonesia Gelar Rapat Umum Anggota (RUA) 2024
      RAT Indonesia Gelar Rapat Umum Anggota (RUA) 2024
      Zenuar Yoga . 03 Jun, 2024
    • Alami Mesin Mati Mendadak, Triumph Recall Trident dan Tiger Sport 660
      Alami Mesin Mati Mendadak, Triumph Recall Trident dan Tiger Sport 660
      Zenuar Yoga . 25 Agu, 2023
    • Dijual Murah Rp40 Jutaan, Moge Triumph Speed 400 dan Scrambler 400 X Sudah Terpesan 10 Ribu Unit
      Dijual Murah Rp40 Jutaan, Moge Triumph Speed 400 dan Scrambler 400 X Sudah Terpesan 10 Ribu Unit
      Bangkit Jaya Putra . 12 Jul, 2023
    • Triumph Umumkan Dua Model Entry Level Hasil Kemitraan dengan Bajaj Auto, Intip Spesifikasinya
      Triumph Umumkan Dua Model Entry Level Hasil Kemitraan dengan Bajaj Auto, Intip Spesifikasinya
      Zenuar Yoga . 30 Jun, 2023
    • Selisih Rp 18 Jutaan, Pilih Triumph Trident 660 Atau Honda CB650R?
      Selisih Rp 18 Jutaan, Pilih Triumph Trident 660 Atau Honda CB650R?
      Bangkit Jaya Putra . 29 Nov, 2021
    • Pertempuran Motor Inggris dan Jerman: Triumph Scrambler 1200 XE VS BMW R nineT Scrambler
      Pertempuran Motor Inggris dan Jerman: Triumph Scrambler 1200 XE VS BMW R nineT Scrambler
      Helmi Alfriandi . 23 Sep, 2020
    • First Ride Triumph Tiger 900 Rally: Tak Sebatas Doping Performa dan Ganti Wujud
      First Ride Triumph Tiger 900 Rally: Tak Sebatas Doping Performa dan Ganti Wujud
      Helmi Alfriandi . 18 Sep, 2020
    • Road Test Triumph Tiger 900 (Part-2) di Maroko: Menjawab Semua Pertanyaan
      Road Test Triumph Tiger 900 (Part-2) di Maroko: Menjawab Semua Pertanyaan
      Ivan Hermawan . 26 Agu, 2020
    • Road Test Triumph Tiger 900 di Maroko (Part-1): Mengendarai Sang Harimau di Benua Afrika
      Road Test Triumph Tiger 900 di Maroko (Part-1): Mengendarai Sang Harimau di Benua Afrika
      Ivan Hermawan . 25 Agu, 2020
    • First Ride Triumph Rocket 3 2020: Evolusi Radikal Sebuah Cruiser
      First Ride Triumph Rocket 3 2020: Evolusi Radikal Sebuah Cruiser
      Ary Dwinoviansyah . 22 Jun, 2020