Triumph Scrambler dan Speed 400 X Mendebut Lawan Harley-Davidson X440
KEY TAKEAWAYS
Seri 400 X diciptakan dan dirancang di Hinckley, Inggris
Harley-Davidson X440 menjadi target utama melalui pengembangan mesin baru yang diklaim bisa mengimbangi meski kapasitasnya lebih kecilPabrikan sepeda motor premium berlomba membuat kendaraan berkubikasi ringkas. Guna melawan Harley-Davidson X440, Triumph kenalkan Scrambler dan Speed 400 X. Model didesain menggunakan jantung pacu baru silinder tunggal. Unit dipercaya memberikan pengendaraan yang menyenangkan, gesit dan menyasar segala usia. Untuk pasar India dirilis bulan depan, bersama pengumuman harga resmi.
Seri 400 X diciptakan dan dirancang di Hinckley, Inggris. Masuk jajaran motor klasik modern, ia dikembangkan dengan perhatian yang sama terhadap detail seperti model Triumph lain. Tampilan amat mudah dikenali berkat dandanan siluet tak lekang oleh waktu, tangki bahan bakar terpahat khas dan profil mesin klasik bertenaga.
Spesifikasi Mesin
Tipe |
Liquid-cooled, 4 valve, DOHC, single-cylinder |
|
Kapasitas |
398,15 cc |
|
Bore |
89 mm |
|
Stroke |
64 mm |
|
Kompresi |
12:1 |
|
Maksimum Power |
40 PS / 39,5 bhp (29,4 kW) pada 8.000 rpm |
|
Torsi Puncak |
37,5 Nm pada 6.500 rpm |
Kemampuan pemacu tunggal ini tidak kalah dari Harley-Davidson X440, walau kubikasi beda sedikit. Bisa dilihat keluaran tenaga maksimal maupun momen puntir puncak. Transfer tenaga menggunakan transmisi manual 6-speed. Untuk menambah kenyamanan pengendara, performa dan keselamatan. Speed 400 maupun Scrambler 400 X mengantongi teknologi terbaru.
Mereka berbekal throttle by wire. Manajemen mesin diklaim memberi respons linear dan intuitif dengan pengiriman daya yang mudah diprediksi. Hal ini berkaitan dengan kepercayaan diri berkendara serta kontrol bodi saat melesat bersamanya.
Terus torque-assist clutch sudah pasti terpasang. Sistem ini bikin Anda mudah dalam memindah gigi tanpa menarik tuas kopling. Fitur membantu mengurangi kelelahan berkendara, serta meningkatkan kepercayaan diri saat bertualang. Fungsi lain, mencegah penguncian roda belakang saat menurunkan gigi.
Untuk mengimbangi itu keamanan saat berkendara. Triumph memberikan sistem kontrol traksi bagi kedua model. Ada tombol on/off, sehingga pengendara dapat menonaktifkan intervensi dengan cepat dan mudah. Sebagai penghela laju motor, terpasang rem Bosch dual-channel ABS di segala kondisi.
Instrumen format ganda bergaya kontemporer menampilkan speedometer analog besar dan layar LCD terintegrasi. Mencakup tachometer digital, sisa jarak & bahan bakar, indikator perpindahan gigi terlihat jelas dalam semua kondisi pencahayaan. Ada juga soket pengisi daya USB-C untuk pengisian daya perangkat di stang saat bepergian. Seperti ponsel pintar ataupun sistem navigasi.
Baik Triumph Speed 400 maupun Scrambler 400 X dilengkapi dengan steering lock dan immobilizer (anti-pencurian) sebagai standar. Chip transponder terintegrasi ke dalam kontak kunci, sehingga memastikan hanya pemilik yang dapat menyalakan mesin. Sebagai produk global, mungkin saja mereka masuk pasar Indonesia. (Alx/Odi)
Baca Juga: Motor Listrik Triumph TE-1 Menuju Produksi, Lebih Ringan dari MotoE 2023
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Motor Triumph Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel Motor Triumph dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Road Test