Triumph Motorcycles meluncurkan Tiger Sport 800 untuk Model Year 2025, yang berposisi di antara model 660 dan 900. Model sport-touring terbaru ini menawarkan performa yang lebih unggul dibandingkan dengan Tiger Sport 660 dan memiliki tingkat kenyamanan yang mirip dengan Tiger 900. Bagaimana dengan spesifikasinya?
Tanpa grafis "800" yang mencolok di sisi tangki, mungkin akan sulit membedakan antara ini dan Tiger Sport 660 karena secara visual mereka sangat mirip. Keduanya memiliki fairing depan, sepatbor, dan penutup tangki bahan bakar yang serupa. Namun, Tiger Sport 800 dapat dibedakan dengan selubung radiator yang lebih besar dan sistem pembuangan yang baru, dengan knalpot yang terletak di belakang pijakan kaki penumpang, berbeda dengan model 660 yang memiliki knalpot lebih pendek dan terletak di bawah lekukan lengan ayun.
Meskipun serupa dalam penampilan, Tiger Sport 800 menawarkan tenaga yang 40 persen lebih besar daripada versi 660, menjadikannya salah satu motor sport-touring paling menarik di jajaran produk perusahaan.
Ditenagai oleh mesin baru Inline-Three 798cc, Tiger Sport 800 mengalami peningkatan kapasitas sebesar 20 persen dan menawarkan tambahan 33 Hp dibandingkan dengan versi 660. Motor ini menghasilkan tenaga puncak sebesar 113 Hp pada 10.750 rpm dan torsi puncak 84 Nm pada 8.500 rpm. Pabrikan mengklaim bahwa 90 persen dari torsi tersebut tersedia di sepanjang rentang tengah, sebuah peningkatan signifikan dari Tiger Sport 660 yang hanya memiliki torsi 63 Nm pada 6.250 rpm.
Performa yang meningkat berasal dari perbedaan ukuran bore x stroke. Jika Tiger Sport 660 memiliki ukuran 74 x 51,1 mm, maka Tiger Sport 800 memiliki ukuran yang lebih besar, yaitu 78,0 x 61,9 mm dengan rasio kompresi 13:1. Mesin ini dikawinkan dengan transmisi enam kecepatan yang dilengkapi dengan slip and assist clutch dan quickshifter untuk perpindahan gigi yang lebih halus tanpa perlu menggunakan kopling.
Tiger Sport 800 menghasilkan tenaga yang berada di kisaran antara Ducati Multistrada V2 dan Yamaha Tracer 9 GT+, dengan masing-masing memiliki 111 Hp dan 117 Hp.
Motor ini menyediakan tiga mode berkendara: Sport, Road, dan Rain. Setiap mode ini terintegrasi dengan sistem ABS dan kontrol traksi yang didukung oleh IMU enam sumbu. Fitur quickshifter dua arah dan cruise control juga tersedia sebagai standar.
Semua pengaturan elektronik dapat dilihat pada layar TFT berwarna yang berukuran kecil dan terintegrasi dengan layar LCD. Sistem Konektivitas My Triumph yang menjadi standar menawarkan navigasi turn-by-turn, panggilan telepon, dan pemutar musik melalui koneksi Bluetooth dengan smartphone.
Fitur lain termasuk pencahayaan LED lengkap, windshield yang dapat diatur dengan satu tangan, tangki bahan bakar 18,5 liter, dan berat basah yang diklaim sebesar 214 kg.
Meski memiliki dimensi mesin yang sama, Tiger Sport 800 memakai sasis dan swingarm yang identik dengan model 660. Hal ini membuat ketinggian joknya tetap pada 835 mm, memudahkan akses bagi beragam pengendara.
Walaupun kerangka dan swingarmnya serupa, Tiger terbaru dilengkapi dengan suspensi yang lebih canggih. Suspensi ini menggunakan shock absorber Showa yang memberikan travel sepanjang 150 mm di depan dan belakang. Bagian depan dilengkapi dengan upside down fork 41 mm yang sepenuhnya dapat diatur, dan monoshock di belakang yang memiliki rebound damping adjustment dan hydraulic preload adjuster, memudahkan penyesuaian untuk penumpang atau muatan.
Sistem pengereman bermerek Triumph, dengan kaliper radial empat piston ganda yang terpasang pada cakram 310 mm di roda depan, dan kaliper geser piston tunggal untuk cakram 255 mm di roda belakang. Rodanya menggunakan desain palang 5 ukuran 17 inci, dibungkus dengan ban Michelin Road 5.
Triumph Tiger Sport 800 akan tersedia dalam tiga pilihan warna: Caspian Blue, Cosmic Yellow, dan Graphite. Ketersediaannya akan berbeda di tiap wilayah atau negara. Diperkirakan mulai hadir di diler sekitar Maret 2025. Untuk pasar Amerika Serikat, Triumph Tiger Sport 800 ditawarkan mulai dari $12.620 atau sekitar Rp196 juta. (Bgx)
Baca Juga: Triumph Scrambler dan Speed 400 X Mendebut Lawan Harley-Davidson X440
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.