Unik, Yamaha YTX125 Punya 4 Suspensi Belakang!

Yamaha YTX125

Di Filipuna, Yamaha memasarkan produk bernama  YTX125. Tugasnya menyasar segmentasi sepeda motor pekerja. Hal uniknya, ia memiliki empat suspensi di belakang (quadruple rear suspension). Bahkan di Indonesia saja tidak ada produk macam ini. Memang bukan barang baru, tapi menarik perhatian untuk disimak. Harga juga terjangkau yakni cuma ₱ 55,900.00 atau setara dengan Rp15,11 jutaan.

KEY TAKEAWAYS

  • Yamaha punya produk unik, YTX125

    Motor memiliki empat suspensi belakang, harga Rp15 jutaan
  • Enjin terpasang di motor ini tidaklah besar, hanya berkubikasi 125 cc dengan bantuan pendingin udara, 4-stroke, SOHC, dua katup. Ukuran bore kali stroke 52,4 mm x 57,9 mm dan rasio kompresi rendah 10.0:1. Artinya motor bisa menenggak bensin RON 90. Olah pembakaran piston memberi daya 6,0 kW (8,2 PS) di 7.000rpm. Sedangkan torsi puncak didapat 1.0 kgfm (10,2 Nm) pada 4.500 rpm. Untuk menyalakan mesin bisa lewat electric starter maupun kickstarter. 

    Baca Juga: Menimbang Kans Yamaha Lexi Pakai Mesin 155 cc Seperti Nmax

    Sistem lubrikasinya wet sump. Berarti oli masih berada di karter mesin bagian bawah dan disirkulasikan melalui pompa internal. Ia butuh pelumas sebanyak 1,1 liter. Oh ya, sistem pengabutan bahan bakar masih memakai karburator. Metode pembakaran gunakan CDI (capacitor discharge ignition). Kemudian tipe kopling basah, berikut transmisi manual constant mesh 4-speed.

    Mengenai dimensi, Yamaha YTX125 memiliki panjang 2.040 mm, lebar 700 mm, tinggi 1.070 mm. Ketinggian jok dari tanah 800 mm serta jarak sumbu roda mencapai 1.265 mm. Sedangkan minimum ground clearance 170 mm, bobot total dengan oli dan tangki penuh seberat 114 kg dan daya tampung bensin lumayan besar untuk motor ini yakni 7,6 liter.

    Frame yang dipakai Yamaha YTX125 berjenis diamond. Garpu depan memakai suspensi teleskopik atas serta belakang jenis swing arm. Penggunaan ban berukuran 3.00 (4PR) 43P non-tubeless 17 inci jari-jari. Alur tapak lurus, kayak model era 1980-an. Sedangkan alur belakang menyilang, mungkin supaya bisa mendapatkan traksi lebih. Bak motor jadul, sistem pengereman juga seadanya. Mengandalkan tromol di kedua roda.

    Kelengkapannya betul-betul seperti motor jadul. Jangan berharap banyak fitur. Contoh, panel meter pakai jarum analog bersama speedometer. Lampu depan bundar dilapisi kromium sedikit. Di bagian samping terpasang lampu sein. Semuanya menggunakan bohlam halogen. Selain mengangkut barang-barang, Yamaha YTX125 juga kerap dipakai sebagai bentor (becak bermotor). Bahkan pabrikan sudah memberikan lubang dudukan (mounting) untuk memasangkan. Asal tahu, ia merupakan satu-satunya motor yang dirancang secara khusus buat pasar Filipina. (Alx)

    Baca Juga: Yamaha Klaim Rangka Produknya Berstandar Global dan Tahan Karat

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Motor Yamaha Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Artikel Motor Yamaha dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test
    • ENEOS Sukses Bawa Aldi Satya Mahendra Juara Dunia World SSP300
      ENEOS Sukses Bawa Aldi Satya Mahendra Juara Dunia World SSP300
      Zenuar Yoga . 31 Okt, 2024
    • Yamaha Rilis Warna Baru Grand Filano di IMOS 2024
      Yamaha Rilis Warna Baru Grand Filano di IMOS 2024
      Zenuar Yoga . 30 Okt, 2024
    • Nmax Tour Boemi Nusantara Etape Final: Rasakan Pesona Alam Sulawesi Selatan dan Budaya Bulukumba
      Nmax Tour Boemi Nusantara Etape Final: Rasakan Pesona Alam Sulawesi Selatan dan Budaya Bulukumba
      Zenuar Yoga . 22 Okt, 2024
    • Menanti Kehadiran All New Yamaha R25, Meluncur di IMOS 2024?
      Menanti Kehadiran All New Yamaha R25, Meluncur di IMOS 2024?
      Bangkit Jaya Putra . 18 Okt, 2024
    • Yamaha Rilis YZF-R9 2025, Bukan Pengganti R6
      Yamaha Rilis YZF-R9 2025, Bukan Pengganti R6
      Zenuar Yoga . 17 Okt, 2024
    • Ini Bedanya Nmax Turbo dengan Nmax Turbo Tech Max
      Ini Bedanya Nmax Turbo dengan Nmax Turbo Tech Max
      Zenuar Yoga . 02 Sep, 2024
    • Biar Paham, Ini Cara Pakai Y-Shift dan Riding Mode di Yamaha NMax Turbo
      Biar Paham, Ini Cara Pakai Y-Shift dan Riding Mode di Yamaha NMax Turbo
      Bangkit Jaya Putra . 05 Agu, 2024
    • Harga Mirip, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” Tech Max atau Honda CBR150R ABS?
      Harga Mirip, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” Tech Max atau Honda CBR150R ABS?
      Zenuar Yoga . 16 Jul, 2024
    • Buat Penggunaan Harian, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” atau Honda ADV160?
      Buat Penggunaan Harian, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” atau Honda ADV160?
      Zenuar Yoga . 05 Jul, 2024
    • Rivalitas Yamaha Nmax “Turbo” vs Honda PCX160 ABS Memasuki Babak Baru, Mana Layak Dipilih?
      Rivalitas Yamaha Nmax “Turbo” vs Honda PCX160 ABS Memasuki Babak Baru, Mana Layak Dipilih?
      Zenuar Yoga . 24 Jun, 2024
    • Test Ride Yamaha NMax "Turbo": Pembuktian 560 Kilometer Bali-Lombok
      Test Ride Yamaha NMax "Turbo": Pembuktian 560 Kilometer Bali-Lombok
      Bangkit Jaya Putra . 12 Agu, 2024
    • First Ride Yamaha Nmax "Turbo": Pembuktian Performa dan Fitur Terbaru
      First Ride Yamaha Nmax "Turbo": Pembuktian Performa dan Fitur Terbaru
      Setyo Adi Nugroho . 01 Jul, 2024
    • First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
      First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
      Bangkit Jaya Putra . 07 Feb, 2024
    • Sensasi Berdansa Bersama Yamaha WR 155 R di Padang Pasir dan Pegunungan Bromo
      Sensasi Berdansa Bersama Yamaha WR 155 R di Padang Pasir dan Pegunungan Bromo
      Anjar Leksana . 25 Agu, 2023
    • First Ride Yamaha Grand Filano: Desain Menarik, Fitur Tepat Manfaat
      First Ride Yamaha Grand Filano: Desain Menarik, Fitur Tepat Manfaat
      Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2023