Update Harga Maxi Yamaha Terbaru Juni 2022
Keluarga Maxi boleh dibilang menjadi ‘tulang punggung’ penjualan Yamaha di Indonesia. Tersedia mulai dari kapasitas mesin 125 cc hingga 530 cc. Perbekalan setiap modelnya boleh dibilang sangat mumpuni. Bahkan mampu bersaing dengan pabrikan lain. Untuk lebih lengkapnya, berikut update harga varian skutik Yamaha per Juni 2022 beserta data spesifikasinya.
KEY TAKEAWAYS
Maxi Yamaha punya line-up yang mengisi semua segmen kapasitas mesin
Mulai dari kapasitas 125 cc hingga 530 cc yang senilai ratusan juta rupiah
Yamaha Lexi
Family Lexi punya tiga varian: Standar, S version dan S-ABS. Masing-masing dibedakan dengan perbekalan fitur. Saat ini mereka dilego Rp22,540 juta, Rp25,565 juta dan Rp28,190 juta OTR DKI Jakarta. Line-up terkecil Maxi dimodali mesin 125 cc dengan teknologi Bluecore yang efisien, bertenaga, dan handal. Sanggup memuntahkan torsi puncak 11,3 Nm pada 7.000 rpm dan tenaga maksimal 11,89 PS pada 8.000 rpm. Dilengkapi pula dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA), membuat tarikan motor selalu bertenaga di setiap putaran mesin. Tak lupa Smart Motor Generator (SMG) yang bikin starter motor menjadi halus suaranya.
Di sektor kenyamanan punya ruang pijakan kaki yang luas dan rata. Jadi ketika berkendara jauh tidak mudah pegal karena bisa mengubah posisi kaki. Selain itu bisa dimaksimalkan dengan membawa barang lain yang diletakkan di situ.
Kenyamanan juga dapat dirasakan dengan fitur subtank rear suspension. Tapi ini hanya ada di tipe tertinggi. Ditambah ukuran jok yang lebih panjang dan lebar. Lexi juga bisa diandalkan untuk menampung barang bawaan dalam jumlah banyak, karena memiliki kapasitas bagasi yang cukup besar.
Walau tergolong varian bawah di kelas Maxi, levelnya lebih tinggi dibanding skutik 125 cc Yamaha yang lain. Lantaran buat tipe tertingginya sudah dibenamkan Anti-lock Braking System (ABS) satu channel. Hanya di roda depan.
Selain itu, sudah dibekali stop & start system (SSS) untuk mengurangi konsumsi bahan bakar yang tidak perlu saat motor berhenti, keyless (smart key) yang di dalamnya disematkan fitur Immobilizer dan Answer Back System, memudahkan pengendara mencari posisi parkir motor. Di bagian rumah kenop juga disediakan tombol membuka tangki bensin dan bagasi. Lebih praktis.
Lebih lanjut punya fitur speedometer full digital dengan tampilan negatif (negative display). Kemudian lampu depan sudah mengadopsi teknologi LED, Electric Power Socket untuk pengisian baterai smartphone, serta lampu hazard sebagai tanda ketika pengendara dalam kondisi darurat.
Kestabilan skutik ini tidak perlu diragukan, karena menggunakan ban berprofil lebar. Ukuran 90/90-14 inci di depan serta 100/90-14 inci di belakang. Kedua ban itu sudah tubeless.
Soal warna, Lexi standar ada Matte Green, Matte Red, Matte Blue dan Matte Black. Versi S tersedia Prestige Silver, Matte Black dan Matte Red. Sedang varian termahal cuma satu warna, yaitu Matte Black.
NMax 155
Skutik paling beken Yamaha punya tiga varian, Standar, Connected version dan Connected/ABS version. Per Juni 2022, masing-masing dibanderol Rp31,115 juta, Rp32,375 juta dan Rp35,250 juta OTR DKI Jakarta. Semuanya dibedakan dari fitur yang dibawa.
Dari sisi kelengkapan, All New NMax varian tertinggi punya Traction Control System. Sistem canggih itu biasa kita temukan di motor-motor berkapasitas besar. Berfungsi agar ban belakang tidak selip ketika gas dipuntir secara spontan. Sangat membantu dari segi keamanan karena dapat meminimalisir risiko kecelakaan. Ditambah ABS dua channel, bikin roda tidak terkunci saat melakukan pengereman mendadak.
Buat tipe mahal dan tengah memiliki fitur unggulan yang tidak dimiliki oleh lawan-lawannya di kelas skutik premium 150 cc. Sistem konektivitas bernama Communication Control Unit (CCU) menjadi kelebihannya. Identitas motor gampang dilihat dari gawai pribadi pemilik. Caranya pun mudah, cukup mengunduh aplikasi Y-Connect dan pairing via bluetooth.
Informasi semacam rekomendasi perawatan motor, lokasi parkir, pemakaian BBM, notifikasi malfungsi serta Revs Dashboard bisa dilihat dari smartphone. Berkat fitur itu pula, jika ada SMS, email dan panggilan masuk, notifikasinya tampak di panel instrumen berupa indikator menyala. Saat ini aplikasi konektivitas resmi dari Yamaha Indonesia sudah dapat diunduh di Google Play Store (Android) dan App Store (Apple). Kemudian menerapkan kunci kontak model keyless.
Sisanya, ketiga varian telah dilengkapi power charger, headlight dan taillight full LED, hazard lamp, bagasi 24 liter, side stand switch, hingga suspensi belakang dengan tabung. Lalu ada Stop & Start System (SSS) agar konsumsi bahan bakar lebih efisien. Dikombinasikan dengan Smart Motor Generator (SMG), teknologi suara motor menjadi sunyi ketika dinyalakan.
Menyoal jantung mekanis, All New NMax 155 series menggendong mesin 155 cc SOHC, Liquid Cooled 4-stroke. Teknologi andalannya tetap Blue Core dan Variable Valve Actuation (VVA). Selain lebih bertenaga serta irit bahan bakar, teknologi itu juga menyajikan torsi yang merata di setiap putaran mesin. Dirinya punya tenaga maksimal mencapai 15,1 hp di 8.000 rpm dengan torsi 13,9 Nm pada putaran 6.500 rpm.
Untuk varian warna, All New NMax 155 standar punya Matte Green, Matte Red, Matte Blue dan Matte Black. Connected ada Matte Green, Matte Red, Prestige Silver dan Matte Black. Sedang versi tertinggi tersedia Matte Green, Prestige Silver dan Matte Black.
Baca Juga: Yamaha Lexi 2022 Mendapat Penyegaran Warna Baru
Aerox 155 Connected
Ia merupakan skutik sporty yang ada di line up Maxi Yamaha. All New Aerox 155 punya tiga varian. Ada Connected version yang per Juni 2022 dijual Rp26,775 juta, Connected/ASB version Rp 30,305 juta) dan Connected/ABS World GP 60th Anniversary Livery Rp30,810 juta. Semua dibedakan dengan kelengkapan fitur dan motif desain pada panel bodi. Harganya berstatus OTR DKI Jakarta.
Perbedaan fitur tipe bawah dengan tinggi ada pada peranti ABS dan keyless. Sisanya semua sama, termasuk jantung mekanis yang mengusung Total New Engine Blue Core 155 cc, SOHC, berpendingin cairan, dilengkapi dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA). Membuat torsi merata di setiap putaran mesin. Mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 15,1 Hp pada 8.000 rpm serta torsi maksimum sebesar 13,9 Nm di putaran 6.500 rpm. Berkat performa yang dimilikinya, ia menyandang predikat sebagai skutik yang memiliki Power to Weight Ratio (PWR) terbaik dikelasnya.
Selain mesin bertenaga, fiturnya juga tergolong canggih. Ia dilengkapi dengan fitur konektivitas. Tersedia perangkat CCU untuk menghubungkan pemilik dengan motor via smartphone dengan koneksi Bluetooth. Teknologi ini identik dengan kepunyaan All New NMax.
Paling menarik, di dalam aplikasi Y-Connect terdapat fitur Rank, untuk menghibur konsumen dalam menikmati aktivitas berkendaranya. Mereka dapat saling berkompetisi dengan sesama pengguna CCU model (motor Yamaha yang memiliki fitur Y-Connect) dalam hal jarak tempuh maupun poin eco riding.
Fitur lainnya yang dibenamkan pada All New Aerox 155 ada LED headlamp & stoplamp, Hazard Lamp, Spidometer full digital dengan Multi Information Display (MID), Stop & Start System (SSS) dan Smart Motor Generation (SMG), Handlebar Switch Control, Smart Key System & Answer Back System (khusus varian termahal), Electric Power Socket, bagasi Luas, ban tubeless lebar, twin Sub-tank Suspension hingga Stand side switch.
Untuk varian termahal terdapat dua pilihan warna spesial yaitu Prestige Silver dan Maxi Signature Black. Sementara untuk tipe terendah ditawarkan dengan 4 pilihan kelir: Dark Grey Yellow, Matte Black Cyan, Red dan Black.
XMax
XMax sekarang dijual Rp62,540 juta OTR DKI Jakarta. Awal tahun ini mendapat penyegaran dari sisi visual. Kini ia punya tiga pilihan warna, yaitu Matte Green, Metallic Red dan Signature Black. Namun untuk spesifikasi masih identik dengan sebelumnya.
XMax masih mengemas enjin Blue Core satu silinder 250 cc, SOHC, 4 Valve, Liquid Cooled. Jantung mekanisnya itu mampu menghasilkan tenaga sebesar 22,8 Hp pada 7.000 rpm dengan torsi 24,3 Nm yang dicapai pada 5.500 rpm.
Sementara untuk fitur, lampu depan dan belakang sudah LED, kunci keyless, panel meter kombinasi analog digital yang menampilkan informasi umum berupa sisa bensin, temperatur, jam, speedometer, tachometer, dan indikator lainnya. Dibekali pula rem ABS (Anti-Lock Braking System) 2-channel, kontrol traksi (TCS), pengaturan windshield manual, lampu hazard, power socket, dan bagasi utama yang sangat besar sampai 36 liter.
TMax DX
Maxi teratas senilai Rp320 juta OTR DKI Jakarta. Dijual dalam dua pilihan warna, Sword Silver dan Phantom Blue.
Yamaha TMax DX dirancang sebagai penakluk medan aspal sejati. Didukung kenyamanan berkendara, sebab telah diberikan posisi windshield dan setang tinggi, bentuk jok hingga foot step lebar. Sekaligus menegaskan bahwa ia layak menjadi teman untuk perjalanan touring. Sementara dari segi desain, terasa begitu agresif. Tubuhnya memang bongsor, tapi tarikan garis tegas itu jua menyiratkan kedinamisan skutik pabrikan Garpu Tala.
Skutik moge berkapasitas 530 cc, 2 silinder segaris, DOHC dengan sistem pengabutan injeksi. Punya tenaga maksimal 45,3 hp di 6.750 rpm dan torsi 53 Nm di 5.250 rpm. Tenaga dan torsinya bersanding dengan teknologi YCC-T (Yamaha Chip Controlled Throttle). Perangkat yang diadopsi dari Yamaha R1M yang diklaim mampu memberikan kepresisian dalam setiap bukaan gas.
Kemudian untuk mengoptimalkannya, diaplikasi juga mode berkendara (D-Mode). Ada dua opsi: Town (T) dan Sport (S). Jika ingin lebih agresif, bisa pindahkan pilihan ke mode Sport. Namun jika ingin berkendara lebih rileks kala touring, coba iringi dengan mode Town. Lalu bila berkendara pada malam hari dengan cuaca dingin, bisa manfaatkan fitur penghangat pada handgrip dan jok.
Stabilitasnya juga mumpuni lewat sematan fork upside down (USD) di depan dan suspensi tunggal di belakang. Kemampuan itu didukung pula ban ukuran 120/70-15 dan 160/60-15 (depan-belakang). (Bgx/Odi)
Baca Juga: Kelebihan Yamaha NMax yang Patut Dipertimbangkan untuk Bepergian Jarak Jauh
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Motor Yamaha Unggulan
- Populer
Artikel Motor Yamaha dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Road Test