Toyota Kijang Innova berhak mendapat insentif PPnBM bagi mobil sampai 2.500 cc. Harganya pun turun mulai dari Rp21 juta. Ambil contoh varian G paling dasar, kini menjadi Rp321,1 juta. Kijang Innova facelift 2021 punya beberapa trim. Diawali tipe G, G grade Luxury, V, V Luxury hingga Venturer.
Berikut daftar harga Toyota Kijang Innova 2021 per April, serta rekomendasi varian terbaik:
Baca Juga: Hanya Dijual 50 Unit, Begini Perbedaan Kijang Innova 50th Toyota Anniversary
Jika kebutuhan mengharuskan kendaraan anyar medium MPV Toyota. Tipe G matik bensin bisa jadi rujukan pertama. Diler di kawasan Jakarta menjualnya Rp339,5 juta. Dalam kondisi normal tanpa insentif berkisar Rp357,5 juta. Seluruh eksterior Kijang Innova mendapatkan beberapa sentuhan. Mulai dari rancangan kisi-kisi trapesium dengan cat gelap. Ubahan berupa front bumper berikut halogen fog lamp.
Lalu ada chrome list ornament, new side turn signal lamp design with black ornament. Kemudian pijakan bodi pakai pelek alloy dual tone 16 inci. Sebagai pemanja telinga, sistem hiburan Innova G pakai head unit 8 inci layar sentuh dengan radio, USB, bluetooth dan mirroring. AC pakai double blower kenop putar, belum digital. Seharusnya lebih dari cukup untuk mengakomodasi kebutuhan keluarga. Value for money amat pas. Kecuali dana tersedia di kantong lebih dari itu. Bisa melirik level di atasnya.
Misal ingin fungsi sekaligus ada rasa mewah. Bolehlah memantau tipe V AT bensin. Secara fisik mirip dengan G. Namun ia mendapatkan tambahan berupa New Day-time Running Light, rombakan bumper depan, fog lamp LED, new rear combination lamp with black list. Lanjut backdoor black paint, dan rear license garnish. Siapkan dana Rp384,7 juta untuk menukarnya.
Urusan kabin jelas lebih baik. Sementara pada varian V menggunakan head unit layar sentuh 9 inci. Sudah mengadopsi teknologi miracast dan smartphone connection. Bahkan dilengkapi fitur NFC untuk melihat saldo e-money. Sekarang interior menggunakan new noble brown seat color agar menguatkan kesan premium. Pendingin kabin juga mengadopsi sistem digital, bukan kenop putar seperti di G AT.
Enjin terpasang sama. Baik itu di varian G maupun V. Di balik bonet bersemayam mesin berkode 1TR-FE 2,0 liter berteknologi Dual VVT-i tapi. Tenaga dihasilkan 139 PS plus. Lalu momen puntir maksimal tersuguh 183 Nm. Daya tersalur ke girboks otomatis enam percepatan dengan mode shiftmatic. Tapi masih konvensional torque converter.
Fitur keamanan & keselamatan di kedua varian terbilang lengkap. Tertanam ABS, EBD, ESP, serta tiga kantong udara di depan. Lalu pengingat sabuk pengaman depan juga membantu MPV 7-seater mencapai peringkat keselamatan tinggi. Bahkan mereka mengantongi tes tabrak sempurna lima bintang, dari Asean NCAP 2020. Nah, bedanya dengan Kijang lansiran 2016. Kini seluruh Innova facelift mendapatkan ESC atau VSC sebagai kelengkapan standar. Jadi lebih mantap lagi tatkala menapaki jalanan.
Baca Juga: Cek Harga Terbaru Toyota Sienta 2021, Pilih Varian Apa?
Selain V AT bensin, opsi lain paling menggiurkan ialah G AT 2.4L diesel. Sekarang turun harga menjadi Rp369,3 juta. Kalau dari kelengkapan safety sama dengan varian lain. Ada ABS, EBD, ESP, tiga airbags, VSC plus HSA. Dengan kapasitas 2,4 liter plus induksi turbo. Mesin diesel Toyota berkode 2 GD FTV 4 silinder segaris, 16 valve DOHC with VNT Intercooler. Mampu menghasilkan tenaga 149 PS pada 3.400 rpm. Kemudian torsi maksimal 367 Nm sejak putaran 1.200 rpm - 2.600 rpm untuk Kijang Innova. Lalu distribusi energi kinetik menggunakan transmisi otomatis 6-speed with sport sequential switchmatic. Tentu menjadi unit sangat menarik lantaran performa lebih dari cukup.
Andai angka dua varian gress itu dirasa terlalu mahal. Rekomendasi selanjutnya tetap di rentang sama, namun model Innova Reborn bekas dengan harga jauh lebih masuk akal. Jika Anda berminat membeli G AT bensin 2016 dijual sekitar Rp200 jutaan hingga Rp220 jutaan. Lalu tipe V bensin bertransmisi otomatis dijajakan Rp230 jutaan.
Lantas untuk pilihan mesin diesel. Pada model paling populer, tipe G 2.4L AT keluaran 2016 mulai Rp259 jutaan. Lalu Rp270 jutaan tipe G otomatis 2017. Sementara keluaran 2018 varian matik sama, Rp280 juta sampai Rp300 jutaan. Semua bergantung pada kondisi fisik mobil, mesin, kelengkapan dan jarak tempuh pemakaian. Bagaimana, harga bekas pakai amat bersaing bukan? Kalau bicara kebutuhan mobilitas, sebetulnya ia amat layak dimiliki. Lansiran tahun segitu belum tergolong tua, juga tak terlalu rewel soal perawatan. Asal benar-benar jeli sebelum membeli. Kalau disandingkan dengan versi facelift 2020, secara fisik tidak terlalu mencolok.
Itulah deret rekomendasi pilihan Toyota Kijang Innova anyar maupun bekas. Semoga bisa membantu Anda dalam mempertimbangkan pembelian. Yang perlu dicatat. Adanya keseimbangan antara: keperluan mobilitas dan ketersediaan finansial. Sehingga tidak membebani aliran keuangan bulanan alias cash flow. (Alx/Odi)
Baca Juga: Update Harga Toyota Avanza 2021 Setelah PPnBM 0 Persen, Simak Rekomendasi Varian Terbaik
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.