Tarikan putaran bawah Honda ADV 150 banyak dikeluhkan kurang responsif. Bahkan ada yang merasa masuk taraf mengganggu, terutama akan terasa ketika dibawa jalan jauh. Jangan khawatir, kini sudah ada solusinya. Sekarang makin banyak spare part untuk mendongkrak performa sang skutik tualang. Setidaknya harus upgrade beberapa komponen ini.
Seperti kita tahu, mesin ADV 150 mengadopsi kepunyaan Honda PCX 150. Kendati begitu, keluaran torsi serta tenaganya jelas berbeda. Skutik elegan punya tenaga 14,4 Hp di 8.500 rpm dan torsi 13,2 Nm di 6.500 rpm. Sedangkan ADV 150 sebesar 14,3 Hp dan 13,8 Nm di putaran mesin yang sama. Bila kurang puas, hal yang bisa dilakukan adalah mengganti komponen CVT (Continuously Variable Transmission).
Langkah awal bisa mengganti rumah pulley diimbangi dengan ubahan mangkok dan upgrade kampas ganda. Buat pulley cari produk aftermarket yang punya sudut kemiringan berbeda dengan pabrikan. Untuk bagian mangkok usahakan cari yang memiliki lubang banyak atau besar. Tujuannya membantu pendinginan dan membuang gerang-gerang sisa kampas kopling yang tersangkut. Putaran kampas kopling ganda jadi lebih leluasa dan mencengkram ke mangkok. Sedang kampas ganda bisa cari produk aftermarket atau hasil dari pantekan yang punya serat lebih kasar.
Baca Juga: Panduan Membeli Honda ADV 150, Lebih Baik Baru atau Bekas?
Kemudian mengganti roller standar dengan yang lebih ringan. Bila bawaan pabrik 20 gram, ubah menjadi 14 gram. Sementara per CVT pakai punya Beat atau produk lain yang memiliki karakter 1.000 rpm. Usahakan merombak semua komponen dalam satu paket. Tarikan bawah jadi jauh lebih padat. Atasnya juga jadi lebih enak dibanding kondisi standar. Riding dalam kota yang cenderung stop and go atau kala dipakai touring jadi menyenangkan.
Bila masih kurang, ubah filter udara. Paling banyak merek K&N dan Ferrox. Terakhir kami sarankan untuk melakukan porting & polish. Buat memaksimalkan lubang isap dan gas buangnya. Bila punya kepentingan untuk mengejar top speed. Baiknya menggunakan ECU after market. Dengan ECU stand alone, limiter bisa digeser sesuai peak power mesin. Kemudian dimapping, sehingga tarikan mesin lebih mantap. Namun tetap safety untuk daily use.
Semua komponen yang telah disebutkan tentu lebih mudah dibanding harus melakukan bore up. Untuk waktu pengerjaan tergantung bengkel yang Anda pilih. Tapi untuk pengerjaan porting & polish biasanya memakan waktu 2-3 hari. (Bgx/Odi)
Estimasi Harga Komponen:
Baca Juga: Astra Honda Motor Berikan Warna Baru Motor Penggaruk Tanah CRF150L
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.