Yamaha Indonesia bikin heboh setelah menyematkan kata "Turbo" di Nmax 2024. Padahal itu hanyalah varian untuk trim atas Tech Max dan Ultimate. Generasi terbaru juga punya varian Neo Version yang tidak menggunakan teknologi tersebut. Meskipun bentuknya serupa, varian ini menggunakan transmisi CVT konvensional. Dengan harga Rp32,7 juta on the road Jakarta, ini menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang tidak menyukai fitur yang belum umum.
Ayo kita ulas fitur-fitur Yamaha Nmax Neo Version 2024. Dari segi performa, pakai mesin Blue Core 155 cc VVA generasi terkini yang telah terbukti handal, kuat, dan menyediakan torsi yang merata di seluruh rentang putaran mesin. Menurut klaim pabrikan, skuter ini dapat memenuhi berbagai kebutuhan mobilitas.
Dengan inovasi terbaru pada mesin, motor ini dapat menghasilkan tenaga maksimum sebesar 11,3 kW (15,36 PS) pada 8.000 rpm, dan torsi puncak 14,2 Nm pada 6.500 rpm. Dengan diameter dan langkah 58 mm x 58,7 mm serta rasio kompresi 11,6 : 1. Jika versi "Turbo" memiliki kapasitas oli 1 liter, maka varian ini hanya memerlukan 0,9 liter.
Yamaha Nmax Neo Version memiliki dimensi panjang 1.935 mm, lebar 740 mm, dan tinggi 1.200 mm. Jarak sumbu roda adalah 1.340 mm, dengan ground clearance 125 mm, tinggi tempat duduk 770 mm, berat motor 130 kg, dan kapasitas tangki bensin 7,1 liter. Motor ini juga memiliki bagasi berkapasitas besar (25 liter) untuk membawa barang-barang Anda.
Motor ini menggunakan ban depan ukuran 110/70 mm dan ban belakang 130/70 mm, dengan pelek berukuran 13 inci. Suspensi depannya teleskopik dan suspensi belakang jenis sub-tank suspension, yang dikatakan mendukung kenyamanan berkendara di berbagai kondisi jalan. Sistem pengereman menggunakan cakram, namun varian Nmax Neo 2024 tidak dilengkapi dengan sistem ABS, yang hanya tersedia pada varian Tech Max dan Ultimate.
Meskipun demikian, Yamaha Nmax Neo 2024 masih pantas mendapat perhatian. Ini karena cluster meter digital yang disandingkan dengan perangkat telematik Y-Connect. Pengguna dapat mengakses informasi tentang kondisi motor dan data perjalanan melalui smartphone. Perangkat ini dapat menampilkan notifikasi panggilan atau pesan masuk pada dasbor motor. Informasi tentang konsumsi bahan bakar dan lokasi parkir terakhir tersedia saat terkoneksi dengan aplikasi. Terdapat juga rekomendasi perawatan untuk kondisi baterai dan oli, notifikasi kerusakan, hingga fitur Revs Dashboard yang menarik bagi pemilik.
Untuk memastikan baterai smartphone pengendara tetap terisi selama perjalanan, terdapat soket listrik di kompartemen sebelah kiri motor. Motor ini tidak dilengkapi dengan Smart Key System, sehingga untuk menyalakan mesin diperlukan kunci fisik. Sistem Traction Control belum tersedia pada model termurah ini, namun masih terdapat Stop & Start System (SSS) pada Nmax Neo yang berfungsi untuk mengurangi konsumsi bahan bakar yang tidak perlu dengan mematikan mesin saat motor berhenti. Ada empat pilihan warna: hitam, merah, biru tua, dan putih.
Mengenai desain, Nmax Neo 2024 masih mempertahankan tampilan DNA Maxi Yamaha yang lebih kuat, sporty, dan mewah. Sistem pencahayaan lampu depan full LED telah terpasang untuk meningkatkan visibilitas saat berkendara, begitu pula dengan lampu belakang yang juga menggunakan teknologi LED. Lampu ekor memiliki tampilan yang menawan, modern, dan menarik.
Di bagian kokpit, Nmax Neo masih tampak modern dengan desain digitalnya. Hal ini bertujuan untuk mencerminkan kesan mewah, informatif, dan memudahkan pengendara dalam mengoperasikan fitur-fitur pada setang kemudi. Posisi berkendara dirancang agar nyaman dan ergonomis, baik saat berkendara sendiri maupun berboncengan. Motor ini tetap lebih menarik dibandingkan dengan Nmax 155 Standard (model lama) yang dijual dengan harga Rp32,175 juta. Harganya dianggap sepadan dengan nilai yang ditawarkan. Apalagi jika ada diskon dari diler resmi Yamaha. (Alx)
Baca Juga: Tertarik Yamaha Nmax "Turbo", Ketahui Dulu 5 Fakta Ini
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.