Vespa Primavera Color Vibe series edisi 2023 resmi dirilis di EICMA 2022 di Milan, Italia. Sesuai namanya, model baru ini dibalut warna khusus yang sangat mencuri perhatian pengunjung. Memiliki warna two tone yang memadukan cat utama dengan grafis biru. Selain kelir yang mencolok, harganya juga bikin penasaran.
Sejak awal muncul, Vespa tergolong unik dalam sejarah kendaraan roda dua. Semua itu dimulai setelah perang dunia kedua dan dia dijadikan sebagai alat transportasi praktis namun tetap bergaya. Berbagai iterasi dari 1946 hingga sekarang, pabrikan asal Italia ini selalu memberikan sesuatu yang berbeda dan menarik. Singkatnya mereka kembali menawarkan unit dengan warna cerah. Kali ini hadir Vespa Primavera Color Vibe.
Konsepnya sepintas tampak cukup sederhana. Muncul dengan dua pilihan warna, Arancio Color Vibe (oranye-biru) dan Bianco Color Vibe (putih-biru). Kedua cat khusus itu dihiasi dengan kelir biru atau Ottanio (turquoise). Terdapat di area dek kaki, bodi samping, cover busi, sampai tameng depan. Tak hanya itu, finishing metalik di pelek juga gunakan warna yang sama.
Aksen lain dari Vespa Primavera Color Vibe tampak pada area yang biasanya kena krom kini dicat hitam. Mulai dari bezel di sekitar lampu, list tameng, penutup suspensi, hingga pegangan penumpang belakang. Bahkan sadelnya berwarna hitam dan diakhiri dengan jahitan antrasit yang sangat detail. Secara keseluruhan, komposisi warna ini tentang menjaga keseimbangan yang cermat. Cukup berani tetapi tidak berlebihan.
Di Eropa, Vespa Primavera Color Vibe ini hadir dalam tiga tipe pilihan mesin yakni 50 cc, 125 cc dan 150 cc. Namun untuk pasar Indonesia hanya ditawarkan versi 150 cc. Dan seperti produk-produk Vespa lainnya dengan warna spesial, mesin tidak mengalami perubahan.
Sayangnya harga resmi Vespa Primavera Color Vibe belum diumumkan. Namun bisa jadi banderolnya lebih mahal dari Vespa Primavera i-ABS 150. Boleh jadi kalau masuk Indonesia harganya bisa melebihi Rp50 juta.
Baca Juga: Ini Jadinya Kalau Vespa dan Justin Bieber Berkolaborasi
Untuk diketahui, Vespa Primavera yang ada di sini menggendong mesin satu silinder berkapasitas 150 cc dengan teknologi i-get. Keunggulan i-get, mampu menciptakan getaran lebih halus dan akselerasi lebih baik dibanding mesin Vespa sebelumnya (3V).
Dalam hal performa di atas kertas. Mesin tanpa pendingin cairan bisa memuntahkan torsi 12,8 Nm pada 6.500 rpm dan tenaga maksimal 12,7 hp pada 7.750 rpm. Padanannya, sistem transmisi CVT.
Bicara fitur, sudah mengadopsi pencahayaan full LED. Tidak hanya di lampu depan, sein, dan lampu belakang juga pakai teknologi diode. Cahaya yang dihasilkan sanggup memberikan visibilitas berkendara yang lebih baik di malam hari. Selain itu, juga mampu membuat sistem kelistrikan skuter jadi lebih stabil, lantaran membutuhkan daya yang sangat rendah.
Di bawah joknya ada bagasi cukup besar, sanggup menampung helm half face. Bila tidak ada helm, bisa untuk meletakkan berbagai peralatan berkendara, seperti jas hujan, sarung tangan, jaket, dan barang berdimensi kecil.
Fitur lain terdapat pada sistem pengereman, pakai cakram dan sudah ada anti-lock braking system (ABS) untuk roda depan. Dalam hal keamanan, Vespa menyematkan immobilizer. Teknologi ini mencegah mesin aktif, bila tidak menggunakan kunci bawaan. Tersedia pula USB port buat mengisi daya smartphone selama berkendara, letaknya di dashboard depan.
Ciri khas Vespa Primavera bisa dilihat dari pemakaian lampu depan dan spion bulat, serta pelek 12 inci bergaya 10 palang. Soal ukuran ban, tetap mempertahankan 110/70 di depan dan 120/70 di belakang. (Bgx/Odi)
Baca Juga: Vespa 50 Special-e Kejutkan Milan Design Week 2022
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.