Vespa Racing Sixties, Berjubah Balap Klasik

Vespa Racing sixties

Vespa bertambah edisi baru lagi. Tema balap era 60an terpancar lewat livery Racing Sixties. Ada dua varian yang ditawarkan, Vespa Sprint 150 dan GTS 300 HPE (High Performance Engine). Masing-masing dijual Rp 54,6 juta dan Rp 157 juta OTR Jakarta.

Sesuai namanya, Vespa Racing Sixties Edition terinspirasi dari kompetisi balap era 60an. Seperti membangkitkan kenangan saat berlaga di sirkuit legendaris seperti trek Monaco atau Monza Grand Prix serta kejuaraan bersejarah Targa Florio. Motif di sekujur tubuh menggabungkan kemewahan dengan masa keemasan gaya pembalap Vespa di zaman dulu.

Unit ini sebenarnya sudah pernah dipamerkan di ajang EICMA 2019, Milan, Italia. Meski hanya sekadar mejeng, ternyata banyak peminat yang naksir. Akhirnya pihak pabrikan merealisasikan dan dibuatlah produksi massal. Setelah muncul di India, Australia dan resmi dijual di Malaysia, Vespa Racing Sixties Edition akhirnya juga masuk pasar Tanah Air.

Vespa Racing Sixties

Marco Noto La Diega, Presiden Direktur PT Piaggio Indonesia mengatakan, pihaknya merasa bangga menghadirkan Vespa Racing Sixties Edition untuk para konsumennya. “Produk limited edition ini merupakan hasil eksplorasi sekali seumur hidup bagi Vespa dalam menyelami masa kejayaan era adu balap di tahun 60-an. Elemen klasik sporty terukir di atas warisan Italia yang autentik dan berpadu dengan baik dalam kreasi elegan. Skuter ini sangatlah cocok untuk semua orang yang ingin merasakan sebuah kemegahan berkendara dengan nuansa racing,” jelasnya.

Menurut Marco, kedua produk itu sangat cocok mewakili karakter racing. Vespa Sprint sejak pertama kali muncul dikenal sebagai motor agresif dan bernuansa sporty. Sementara GTS 300 HPE diklaim sebagai unit dengan respons terkuat dan tercepat. “Dari seluruh jajaran Vespa yang ada, hanya dua model itu yang selaras dengan jiwa balap. Konsumen pun tak perlu ragu mengenai performa masing-masing. Tetap nyaman dikendarai dan menonjolkan kesan elegan serta sporty khas Vespa,” tambahnya dalam sesi peluncuran virtual, Jum’at (2/10).

Vespa Racing Sixties hadir dalam dua warna tegas dengan kejutan grafis sporty yang memberikan tampilan istimewa: Green Bosco dengan grafis kuning mewakili kesan klasik dan White Innocenza dengan grafis merah yang mencerminkan ciri khas dinamis, segar, dan modern.

Vespa Racing Sixties

Untuk GTS 300 HPE pakai motif putih kombinasi list merah dan Sprint gunakan kelir hijau dengan sedikit corak kuning. Keduanya juga disematkan elemen hitam matt yang ada di hampir seluruh bagian bodinya, sehingga memberikan kesan lebih tegas dan berkelas. Terlihat di spion, frame headlamp, edge shield, pijakan kaki penumpang, pegangan penumpang pada bagian belakang, penutup knalpot, dan frame lampu belakang, serta crest pada Vespa GTS kini juga diberi sentuhan warna hitam matt.

Jika dilihat lebih detail, GTS 300 HPE yang berkelir putih terdapat motif merah yang ditarik lurus dari depan hingga belakang. Ada di atas headlamp, bagian dasi yang nyambung ke sepatbor, di buntut dan tepong tiap sisi. Warna hitamnya di cover lampu, spion, cover spidometer, dek, cover lampu belakang, hingga cover knalpot.

Sementara varian hijau di Sprint mengkombinasikan warna kuning yang letaknya sama persis dengan tipe putih. Kedua kelir yang membaluti bodi Vespa ini datang dengan pelek berdiameter 12 inci bercat gold metallic. Secara keseluruhan, corak ini benar-benar menginspirasi orang dengan gaya sporty sempurna yang segar serta timeless classic yang berani.

Vespa Racing Sixties

Selain ada perbedaan warna dengan versi reguler, edisi Racing Sixties menggunakan jok berbahan Nubuck dan PVC agar tahan air. Sementara emblem Racing Sixties terletak di dek depan. Selain warna menarik, ada pula aksesori tambahan untuk menunjang tampilan klasiknya. Salah satunya full face helmet dengan decal spesial “Racing Sixties” yang terletak di bagian belakang helm. Pelindung kepala ini menawarkan kenyamanan dengan sistem ventilasi yang baik dan dilengkapi cangkang luar fiberglass dengan cat anti sinar UV, visor anti gores, serta sistem pengait D-ring ganda yang praktis. Komponen ini dijual terpisah dan dibanderol Rp 1,9 juta (belum termasuk pajak).

Dalam hal spesifikasi teknis, Vespa Sprint 150 masih menggunakan mesin EFI i-GET silinder tunggal berkapasitas 154,8 cc yang menghasilkan 12,7 hp pada 7.750 rpm dan torsi 12,8 Nm di putaran 6.500 rpm. Secara fitur, skuter ini telah dibekali sistem pencahayaan LED, pengereman ABS di depan, pelek 12 inci berbalut ban tubeless, serta USB pengisian daya ponsel.

Sementara GTS 300 HPE ditenagai mesin 278 cc silinder tunggal, yang mengeluarkan tenaga 23,8 Hp dan torsi 26 Nm. Pabrikan mengklaim kalau GTS 300 HPE Racing Sixties punya mesin yang lebih kuat dari GTS generasi saat ini. (Bgx/Odi)

Baca Juga: Vespa Hadirkan 7 Warna Baru, Penuh Gaya

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Vespa Unggulan

Artikel Motor Vespa dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Rayakan Hari Batik, Piaggio Indonesia Ajak Komunitas Riding Bareng dan Belajar Membatik
    Rayakan Hari Batik, Piaggio Indonesia Ajak Komunitas Riding Bareng dan Belajar Membatik
    Zenuar Yoga . 02 Okt, 2024
  • Mansory Vespa Elettrica Monaco Edition, Perpaduan Kemewahan dan Karya Seni Tinggi
    Mansory Vespa Elettrica Monaco Edition, Perpaduan Kemewahan dan Karya Seni Tinggi
    Zenuar Yoga . 09 Sep, 2024
  • Autovaganza 2024: Piaggio Indonesia Pamerkan Tiga Model Vespa
    Autovaganza 2024: Piaggio Indonesia Pamerkan Tiga Model Vespa
    Zenuar Yoga . 24 Agu, 2024
  • Produk 4 Brand Piaggio Group Hadir di Gandaria City
    Produk 4 Brand Piaggio Group Hadir di Gandaria City
    Zenuar Yoga . 10 Agu, 2024
  • Piaggio Indonesia Kenalkan Sejarah Vespa di We The Fest 2024
    Piaggio Indonesia Kenalkan Sejarah Vespa di We The Fest 2024
    Zenuar Yoga . 25 Jul, 2024
  • Skutik Gaya Klasik Asal Eropa, Pilih Scomadi atau Vespa?
    Skutik Gaya Klasik Asal Eropa, Pilih Scomadi atau Vespa?
    Setyo Adi Nugroho . 10 Nov, 2023
  • Sentuh 19 Juta Unit Produksi di Hari Jadi ke-75 Tahun, Vespa Bakal Rilis Edisi Khusus
    Sentuh 19 Juta Unit Produksi di Hari Jadi ke-75 Tahun, Vespa Bakal Rilis Edisi Khusus
    Helmi Alfriandi . 27 Apr, 2021
  • Tiga Vespa Berstatus Limited Edition Ini Dijual Kembali dengan Harga Tinggi
    Tiga Vespa Berstatus Limited Edition Ini Dijual Kembali dengan Harga Tinggi
    Helmi Alfriandi . 19 Jan, 2021
  • Dijamin Ngiler, Inilah 5 Vespa Edisi Terbatas yang Layak Jadi Koleksi
    Dijamin Ngiler, Inilah 5 Vespa Edisi Terbatas yang Layak Jadi Koleksi
    Helmi Alfriandi . 07 Okt, 2020
  • Dua Kontestan Ulung Liga Italia, Pilih Vespa S 125 i-get atau Lambretta V125 Special?
    Dua Kontestan Ulung Liga Italia, Pilih Vespa S 125 i-get atau Lambretta V125 Special?
    Helmi Alfriandi . 19 Mei, 2020
  • Dijual Nyaris Rp200 Juta, Begini Rasa Berkendara Vespa Listrik Elettrica
    Dijual Nyaris Rp200 Juta, Begini Rasa Berkendara Vespa Listrik Elettrica
    Bangkit Jaya Putra . 19 Agu, 2023
  • Test Ride Vespa LX 125 i-get Batik: Menarik buat Dikoleksi, Asyik untuk Dikendarai!
    Test Ride Vespa LX 125 i-get Batik: Menarik buat Dikoleksi, Asyik untuk Dikendarai!
    Bangkit Jaya Putra . 24 Mar, 2023
  • First Ride Vespa GTV Sei Giorni II: Sejauh Mana Relevansi Tema Balap Dalam Konteks Performa?
    First Ride Vespa GTV Sei Giorni II: Sejauh Mana Relevansi Tema Balap Dalam Konteks Performa?
    Helmi Alfriandi . 14 Nov, 2020
  • First Ride Vespa S 125 i-get: Opsi Vespa Kompak Paling Sporty
    First Ride Vespa S 125 i-get: Opsi Vespa Kompak Paling Sporty
    Helmi Alfriandi . 04 Sep, 2020
  • Vespa GTS Super Tech 300 (Part-3): Akselerasi Memukau
    Vespa GTS Super Tech 300 (Part-3): Akselerasi Memukau
    Helmi Alfriandi . 31 Okt, 2019