JAKARTA – Penjualan secara virtual kini menjadi salah satu pilihan. Dan ternyata mendapat sambutan yang cukup apik. Seperti acara Virtual Daihatsu Festival yang dihelat PT Astra Daihatsu Motor (ADM) pada Sabtu, 27 Juni 2020 lalu. Walaupun event ini berlangsung dalam waktu yang terbatas selama 1 jam, tercatat 404 customer yang memesan mobil Daihatsu.
Pada masa Pandemi COVID-19, Daihatsu mensiasati keterbatasan untuk bertemu calon customer secara langsung dengan menyelenggarakan acara Virtual Daihatsu Festival. Acara ini mempermudah calon customer untuk memesan mobil Daihatsu secara online dengan berbagai penawaran menarik. Lebih dari 1.800 viewer yang melibatkan outlet-outlet resmi Daihatsu yang tersebar di seluruh Indonesia. Pemesanan kendaraan dari event ini dilayani oleh Outlet Daihatsu yang terdekat dengan tempat tinggal pemesan.
Dari pesanan yang masuk, tipe kendaraan dengan 3 baris tempat duduk seperti MPV, LCGC MPV, dan SUV menjadi mobil yang paling banyak dipesan. Ada sekitar 46% dari total. Di posisi kedua diikuti kendaraan jenis komersial sebanyak 43%, disusul tipe City Car dengan 11%.
Kalau dilihat dari kontribusi modelnya, 5 mobil yang paling banyak dipesan selama Virtual Daihatsu Festival yaitu Gran Max Pick Up sebanyak 38%, diikuti oleh Astra Daihatsu Sigra 27%, Xenia di tempat ketiga dengan kontribusi sebesar 12%, disusul Astra Daihatsu Ayla 10%, dan Terios sebanyak 7%.
Selama 1 jam pengunjung Acara Virtual Daihatsu Festival dihibur dengan Stand-up Comedy dan Talkshow interaktif selain penawaran penjualan dengan berbagai hadiah menarik. Antusias peserta terlihat dari banyaknya pertanyaan yang masuk pada saat talkshow berlangsung, ataupun yang berpartisipasi dalam acara quiz di akhir acara.
“Daihatsu mengerti kondisi pandemi yang tidak memungkinkan untuk bertemu customer secara langsung. Virtual Daihatsu Festival menjadi solusi untuk berinteraksi dengan customer ditengah merebaknya pandemi Covid-19,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).
Tambah Produksi
Memasuki masa PSBB transisi, Daihatsu memang mulai menunjukkan pergerakan lebih giat. Selain menggeber penjualan lewat online, Daihatsu juga mempersiapkan proses produksi pabrik sebanyak 2 shift. Implementasi penerapan produksi 2 shift masih dalam tahap latihan di bulan Juli 2020 dan diharapkan akan secara optimal diimplementasikan mulai bulan Agustus 2020. Produksi 2 shift itu juga ditunjukan untuk mengantisipasi kenaikan permintaan pada fase New Normal.
Disebutkan jika produksi mobil-mobil baru tersebut ditujukan bukan hanya untuk memenuhi permintaan pasar ekspor, melainkan juga untuk pasar dalam negeri. PT ADM menyatakan bahwa volume produksi di bulan Juli masih akan dalam jumlah terbatas karena seluruh aktivitas dan proses produksi harus memenuhi protokol COVID-19 dan mengikuti aturan PSBB. (Raju)
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.