Volkswagen Golf TGI, Varian Ramah Lingkungan Penghirup Gas Bumi

VW Golf TGI

Eksistensi Volkswagen Golf MK8 semakin berkembang. Seleksi mesin tak hanya bergantung pemacu konvensional dan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV). Baru-baru ini ketambahan versi bahan bakar gas. Diberi nama Golf TGI, ia menjadi model paling hemat di kantong – setidaknya untuk market Eropa.

Basis mesin peminum CNG (Compressed Natural Gas) sejatinya tidak banyak berbeda dari mobil biasa. Bukan hal mustahil juga bila sebuah kendaraan berbahan bakar bensin dikonversi ke bahan bakar gas. Golf TGI sendiri memanfaatkan enjin 1,5 liter turbo yang sanggup melontarkan tenaga 130 PS dengan torsi 200 Nm. Secara output berada di tengah antara Golf 1.5 TSI dan base model 1.0 TSI.

Oke, urusan output dipastikan bukan sebuah monster. Tapi kalau adu irit dan ramah lingkungan, Golf TGI boleh diadu. Bukan sekadar modifikasi pada sistem penyaluran bahan bakar, unit 1,5 liter TGI beroperasi dengan siklus Miller. Proses pembakaran ini diklaim menghasilkan emisi karbon lebih rendah. Efisiensi pun tetap terjaga lantaran memiliki rasio kompresi setinggi 12,5:1.

Baca Juga: Bus Listrik E-Inobus Sedang Uji Jalan, Bakal Dipasarkan PT INKA (Persero)

Dari data Volkswagen disebutkan ia menduduki kelas efisiensi A+. Tercatat emisi CO2 sebesar 98 - 95 g/km dalam perhitungan NEDC (New European Driving Cycle). Sementara itu, ia menenggak 3,6-3,5 kg CNG per 100 km (kombinasi). Sebagai perbandingan, Golf 1,0 liter eTSI mild hybrid – yang hanya membuncahkan 110 PS – mengeluarkan emisi karbon 102-98 g/km dengan konsumsi BBM kombinasi 4,5 - 4,3 l/100km.

VW Golf TGI

Jelas lebih cuan dan ramah lingkungan meski tidak sebaik varian PHEV. Ambil contoh di Jerman sebagai bahan perbandingan. Melansir Fuelo, rerata harga CNG adalah 1 Euro sementara bensin oktan 95 sekitar 1,27 Euro. Terlihat jelas perbedaannya. Setelah dihitung, unit TGI hanya menghabiskan 3,6 Euro per 100 km sementara model 1,0 liter eTSI perlu sekitar 5 Euro untuk jarak yang sama. Terbukti bisa lebih irit dan ramah lingkungan tanpa mengompromikan tenaga.

Baca Juga: Hyundai i20 N Mendebut, Puncaki Jajaran Hatchback Kompak Pabrikan

Kembali ke VW Golf TGI, ia dibekali tangki CNG sebesar 115 liter atau 17,3 kg. Bersamaan dengan itu, dibenamkan pula tangki BBM 9 liter sebagai cadangan bila bahan bakar gas habis. Kendati begitu, tidak ada perbedaan signifikan dari luar. Ia tetap membawa lenggokan sebuah hatchback VW di generasi ke-8 dengan penyesuaian desain yang tidak begitu kentara ketimbang generasi sebelum.

Jajaran Golf Ramah Lingkungan

Seperti disebutkan di awal, VW Golf tersedia dalam banyak rasa terutama pada jajaran ramah lingkungan. Pemisahannya sendiri terbagi atas tiga tingkatan mild hybrid dan dua PHEV. Line up mild hybrid menganut teknologi 48V, diawali Golf 1.0 eTSI dengan output 110 PS. Di atasnya ada 1.5 eTSI, sanggup melontarkan tenaga 150 PS. Belum selesai sampai disitu, pabrikan akan mengenalkan satu varian bertenaga 131 PS di 2020 ini. Semua model tadi tersedia dalam trim Life (praktis), Style (eksklusif), dan R-Line (sporty).

Untuk model PHEV sendiri terbagi atas dua strata. Pintu masuknya dijaga VW Golf eHybrid, memiliki output sistem 204 PS dengan daya jelajah kombinasi sampai 870 km. Kursi puncak diduduki oleh GTE, versi ekuivalen dari sang ikon hot hatch GTI. Siap hadirkan tenaga sampai 245 PS berikut tetap efisien lantaran punya daya tempuh kombinasi 745 km. Sebagaimana sebuah PHEV, baterai dapat diisi dari sumber eksternal. Pun velositas dapat tercipta oleh motor listrik, mesin TSI, atau kombinasi keduanya. (Krm/Odi)

Baca Juga: Hummer Bereinkarnasi Jadi Pikap Listrik Bertenaga Buas

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Volkswagen Unggulan

Artikel Mobil Volkswagen dari Carvaganza

  • Volkswagen ID. Buzz Roadshow Dari Mall ke Mall Selama Ramadhan
    Volkswagen ID. Buzz Roadshow Dari Mall ke Mall Selama Ramadhan
    Wahyu Hariantono . 14 Mar, 2025
  • Kenali Spesifikasi Volkswagen ID. Buzz, Punya Varian Berbadan Panjang
    Kenali Spesifikasi Volkswagen ID. Buzz, Punya Varian Berbadan Panjang
    Muhammad Hafid . 26 Feb, 2025
  • Mobil Listrik Bergaya Retro, Volkswagen ID. Buzz Sabet Dua Piala di IIMS
    Mobil Listrik Bergaya Retro, Volkswagen ID. Buzz Sabet Dua Piala di IIMS
    Alvando Noya . 25 Feb, 2025
  • IIMS 2025: VW ID. Buzz Meluncur Versi Long Wheelbase, Dijual Rp1,49 Miliar
    IIMS 2025: VW ID. Buzz Meluncur Versi Long Wheelbase, Dijual Rp1,49 Miliar
    Alvando Noya . 23 Feb, 2025
  • Volkswagen di IIMS 2025: Promo Cashback Rp100 Juta & Kejutan Model Baru
    Volkswagen di IIMS 2025: Promo Cashback Rp100 Juta & Kejutan Model Baru
    Muhammad Hafid . 22 Feb, 2025

Artikel Mobil Volkswagen dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Volkswagen ID. Buzz Roadshow dari Mall ke Mall selama Ramadan
    Volkswagen ID. Buzz Roadshow dari Mall ke Mall selama Ramadan
    Wahyu Hariantono . 15 Mar, 2025
  • Volkswagen Mencuri Perhatian IIMS 2025 dengan Penghargaan dan Kampanye Kreatif
    Volkswagen Mencuri Perhatian IIMS 2025 dengan Penghargaan dan Kampanye Kreatif
    Alvando Noya . 25 Feb, 2025
  • Tambah Varian Baru LWB, Simak Spesifikasi Volkswagen ID.BUZZ
    Tambah Varian Baru LWB, Simak Spesifikasi Volkswagen ID.BUZZ
    Muhammad Hafid . 24 Feb, 2025
  • Volkswagen Hadir di IIMS 2025 dengan Promo Menggiurkan
    Volkswagen Hadir di IIMS 2025 dengan Promo Menggiurkan
    Muhammad Hafid . 19 Feb, 2025
  • Volkswagen Hadir di IIMS 2025 dengan Promo Menggiurkan
    Volkswagen Hadir di IIMS 2025 dengan Promo Menggiurkan
    Muhammad Hafid . 19 Feb, 2025
  • Pertarungan Fitur dan Performa, VW Tiguan Allspace vs Peugeot 5008 Allure Plus
    Pertarungan Fitur dan Performa, VW Tiguan Allspace vs Peugeot 5008 Allure Plus
    Muhammad Hafid . 23 Jun, 2020
  • SUV Rp 600 Jutaan, Pilih VW Tiguan Allspace Atau Hyundai Grand Santa Fe CRDi?
    SUV Rp 600 Jutaan, Pilih VW Tiguan Allspace Atau Hyundai Grand Santa Fe CRDi?
    Indra Alfarisy . 26 Jul, 2019
  • First Drive Volkswagen T-Cross, Mobil Eropa Seharga Rp400 Jutaan
    First Drive Volkswagen T-Cross, Mobil Eropa Seharga Rp400 Jutaan
    Setyo Adi Nugroho . 16 Mar, 2022
  • Road Test: Ferrari Roma, Jinak dan Dinamis Dengan Aero Lebih bagus dari Portofino
    Road Test: Ferrari Roma, Jinak dan Dinamis Dengan Aero Lebih bagus dari Portofino
    Ivan Hermawan . 29 Apr, 2021
  • Road Test Volkswagen Tiguan Allspace (Part 2): Paket Berkendara yang Mengejutkan
    Road Test Volkswagen Tiguan Allspace (Part 2): Paket Berkendara yang Mengejutkan
    Rizki Satria . 20 Nov, 2020
  • Road Test Volkswagen Tiguan Allspace (Part 1): Ruang untuk Bertualang
    Road Test Volkswagen Tiguan Allspace (Part 1): Ruang untuk Bertualang
    Rizki Satria . 20 Nov, 2020