Volkswagen ID.7 EV 2025 Menempuh Jarak Hampir 1.000 km dengan Sekali Pengisian Daya

VW ID.7

Kekhawatiran mengenai jarak tempuh atau dikenal dengan istilah Range Anxiety dalam kendaraan listrik masih menjadi pertimbangan bagi banyak konsumen. Namun, hal ini tampaknya tidak menjadi masalah bagi Volkswagen dengan peluncuran terbaru mereka, VW ID.7. Kendaraan listrik ini menggemparkan dunia otomotif dengan kemampuannya menempuh jarak sejauh 941 km hanya dengan sekali pengisian baterai. Angka ini bahkan melampaui catatan kemampuan sejauh 709 km yang dicatat oleh tes Worldwide Harmonized Light Vehicles Test Procedure (WLTP).

Dalam pengujian yang dilakukan, Volkswagen menggunakan model VW ID.7 Pro S. Model ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 86 kWh dan motor listrik tunggal. Dari segi teknis, motor listrik pada VW ID.7 Pro S mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 284 hp dengan torsi puncak mencapai 545 Nm, yang menggerakkan roda belakang. Proses pengisian daya pada model ini dapat dilakukan menggunakan mode DC (Direct Current) hingga 200 kW, memungkinkan pengisian dari 10% hingga 80% dalam waktu 26 menit.

VW ID.7

Pengujian yang berhasil mencapai jarak 941 km dengan sekali pengisian penuh dilakukan pada bulan Desember 2024 di Pusat Teknis Nardo, Italia Selatan. Pengujian dilakukan di sirkuit Low Speed Ring sepanjang 12,5 km dengan kondisi suhu antara lima hingga 15 derajat Celsius. Selama pengujian, kendaraan ini mengonsumsi listrik sebesar 9,2 kWh per 100 km, lebih rendah dari angka konsumsi yang tercatat oleh WLTP.

Menariknya, selama berlangsungnya pengujian, mobil ini mencapai kecepatan rata-rata 29 km/jam. Menurut Volkswagen, kecepatan ini adalah representasi akurat dari kecepatan lalu lintas jam sibuk di kota-kota besar. Informasi dari Indeks Lalu Lintas TomTom menyebutkan kecepatan rata-rata di kota-kota Eropa bervariasi, seperti di Hamburg, Jerman yang mencapai 22 km/jam, dan di Amsterdam, Belanda dengan 31 km/jam.

VW ID.7

Efisiensi yang dicapai oleh VW ID.7 Pro S tidak lepas dari penggunaan sistem motor penggerak APP550 dan koefisien hambatan mobil yang rendah, yaitu sebesar 0,23. Namun, peran penting juga dimainkan oleh kecepatan rata-rata yang lebih rendah dari tes WLTP, yang tercatat sekitar 46,5 km/jam, sehingga mengurangi gesekan dan hambatan aerodinamis yang perlu diatasi oleh motor kendaraan.

Selain model Pro S, VW ID.7 EV juga hadir dalam model Tourer dan varian station wagon yang mampu menempuh jarak hingga 685 km sesuai dengan standar WLTP. Bagi konsumen yang mencari performa lebih tinggi, VW menyediakan ID.7 GTX dengan motor ganda bertenaga 338 hp dan sistem penggerak AWD (All-Wheel Drive) yang memungkinkan percepatan dari 0-100 km/jam dalam 5,4 detik. Ada juga GTX Tourer, versi atap panjang dari varian performa motor ganda ini. Di pasar Eropa, VW ID.7 dijual dengan harga berkisar antara US$50.000 hingga US$60.000 atau sekitar Rp800 juta hingga Rp900 juta. (Ndo)

Baca Juga: VW Golf GTI Clubsport Mampu Bikin Honda Civic Type R Panas

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Volkswagen Unggulan

Artikel Mobil Volkswagen dari Carvaganza

  • Volkswagen Belanda Rilis Paket Aksesoris Agresif untuk ID.Buzz Cargo
    Volkswagen Belanda Rilis Paket Aksesoris Agresif untuk ID.Buzz Cargo
    Muhammad Hafid . 05 Des, 2024
  • VW Tayron Debut Khusus Pasar Eropa, Lawan Baru Palisade & CX-60
    VW Tayron Debut Khusus Pasar Eropa, Lawan Baru Palisade & CX-60
    Setyo Adi . 21 Okt, 2024
  • VW Polo Stop Produksi di Eropa, Alih Fokus ke EV
    VW Polo Stop Produksi di Eropa, Alih Fokus ke EV
    Alvando Noya . 30 Sep, 2024
  • VW Group Ancang-Ancang Lakukan Efisiensi, Pemerintah Jerman Turun Tangan
    VW Group Ancang-Ancang Lakukan Efisiensi, Pemerintah Jerman Turun Tangan
    Muhammad Hafid . 25 Sep, 2024
  • Hal-Hal Yang Perlu Diketahui dari Volkswagen ID.Buzz
    Hal-Hal Yang Perlu Diketahui dari Volkswagen ID.Buzz
    Eka Zulkarnain H . 14 Agu, 2024

Artikel Mobil Volkswagen dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • VW Tayron Meluncur, Incar Segmen SUV Medium di Eropa
    VW Tayron Meluncur, Incar Segmen SUV Medium di Eropa
    Setyo Adi Nugroho . 21 Okt, 2024
  • Simak Fakta-fakta Volkswagen ID.Buzz yang Sudah Resmi Dijual di Indonesia
    Simak Fakta-fakta Volkswagen ID.Buzz yang Sudah Resmi Dijual di Indonesia
    Eka Zulkarnain . 15 Agu, 2024
  • Beetle Battle IV Diramaikan Berbagai Generasi Volkswagen
    Beetle Battle IV Diramaikan Berbagai Generasi Volkswagen
    Alvando Noya . 18 Des, 2023
  • Beli Volkswagen All New Tiguan Allspace Bisa dapat T-Cross Gratis
    Beli Volkswagen All New Tiguan Allspace Bisa dapat T-Cross Gratis
    Ardiantomi . 16 Nov, 2023
  • Hot Hatch Legendaris VW Golf GTI Generasi Terbaru Mengaspal di Indonesia
    Hot Hatch Legendaris VW Golf GTI Generasi Terbaru Mengaspal di Indonesia
    Alvando Noya . 12 Agu, 2023
  • Pertarungan Fitur dan Performa, VW Tiguan Allspace vs Peugeot 5008 Allure Plus
    Pertarungan Fitur dan Performa, VW Tiguan Allspace vs Peugeot 5008 Allure Plus
    Muhammad Hafid . 23 Jun, 2020
  • SUV Rp 600 Jutaan, Pilih VW Tiguan Allspace Atau Hyundai Grand Santa Fe CRDi?
    SUV Rp 600 Jutaan, Pilih VW Tiguan Allspace Atau Hyundai Grand Santa Fe CRDi?
    Indra Alfarisy . 26 Jul, 2019
  • First Drive Volkswagen T-Cross, Mobil Eropa Seharga Rp400 Jutaan
    First Drive Volkswagen T-Cross, Mobil Eropa Seharga Rp400 Jutaan
    Setyo Adi Nugroho . 16 Mar, 2022
  • Road Test: Ferrari Roma, Jinak dan Dinamis Dengan Aero Lebih bagus dari Portofino
    Road Test: Ferrari Roma, Jinak dan Dinamis Dengan Aero Lebih bagus dari Portofino
    Ivan Hermawan . 29 Apr, 2021
  • Road Test Volkswagen Tiguan Allspace (Part 2): Paket Berkendara yang Mengejutkan
    Road Test Volkswagen Tiguan Allspace (Part 2): Paket Berkendara yang Mengejutkan
    Rizki Satria . 20 Nov, 2020
  • Road Test Volkswagen Tiguan Allspace (Part 1): Ruang untuk Bertualang
    Road Test Volkswagen Tiguan Allspace (Part 1): Ruang untuk Bertualang
    Rizki Satria . 20 Nov, 2020