VW Golf GTI Clubsport Mampu Bikin Honda Civic Type R Panas

VW Golf GTI Clubsport

Menyambut ulang tahunnya yang ke-50, VW Golf Clubsport meluncur di balapan 24 Jam Nurburgring baru-baru ini. Model ini merupakan varian puncak dari seri VW Golf GTI, dengan peningkatan khusus di bidang performa dan aerodinamika. Kemampuan ini memungkinkan mobil penggerak roda depan ini untuk mengungguli Ford Focus ST dan bersaing dengan Honda Civic Type R. Dikabarkan, konsumen akan dapat membeli VW Golf GTI Clubsport pada akhir tahun ini dengan harga 42.000 Poundsterling atau sekitar Rp850 juta.

Produsen telah meningkatkan mesin EA888 4-silinder 2.0-liter turbocharged yang kini menghasilkan tenaga 291 hp dan torsi maksimum 400 Nm. Akselerasi dari 0 ke 100 km/jam bisa dicapai hanya dalam waktu 5,6 detik, lebih cepat 0,2 detik dari Civic Type R. Meskipun kecepatan maksimum dibatasi hingga sekitar 250 km/jam, dengan paket Race, mobil ini dapat mencapai 270 km/jam. Produsen tetap menggunakan transmisi manual 7-percepatan kopling ganda yang juga terpasang di seluruh model VW Golf.

Untuk meningkatkan stabilitas berkendara, VW Golf Clubsport juga telah diperbarui dengan sasis lebih kaku. Suspensi depan MacPherson dan fourlink di bagian belakang disesuaikan dengan berbagai mode pengendaraan Clubsport. VW juga secara khusus mendatangkan test driver Bugatti untuk berpartisipasi dalam pengembangan kemudi yang responsif dengan rasio progresif.

VW Golf GTI Clubsport

Selain itu, tersedia adaptive damper yang merupakan bagian dari paket opsional Dynamic Chassis Control. Dengan DCC, model GTI unggulan ini juga mendapat versi terbaru dari Vehicle Dynamic Manager. Ini memungkinkan pengemudi untuk menyesuaikan karakteristik drivetrain, kemudi, dan peredaman dengan 15 pengaturan yang berbeda. Mobil ini juga dilengkapi dengan perangkat lunak baru yang, menurut VW, membantu meningkatkan respons dan linearitas.

Selain meningkatkan performa, produsen juga merevisi beberapa elemen eksterior untuk memperbaiki aerodinamika kendaraan. Ini termasuk bumper depan yang bergaya unik dan spoiler besar di bagasi belakang dengan aksen merah di tepinya. GTI Clubsport juga menampilkan emblem bercahaya yang melengkapi lampu depan baru dengan teknologi LED IQ Light dari Volkswagen.

Di bagian belakang, Clubsport dilengkapi dengan lampu belakang 3D yang direvisi dan diffuser yang didesain ulang dengan aksen hitam, serta knalpot ganda keluaran Akrapovic. Roda mobil ini dihiasi dengan velg sporty 19 inci yang terbuat dari aluminium ringan seberat 8 kg.

VW Golf GTI Clubsport

Di dalam kabin, VW Golf GTI Clubsport dilengkapi dengan kursi sport premium yang dibalut serat mikro ArtVelours sebagai standar. Terdapat juga elemen-elemen karbon di beberapa bagian kabin untuk menambah kesan sporty. Untuk opsi yang lebih mewah, tersedia kursi kulit sebagai tambahan dengan harga yang berbeda.

Dashboard Golf Clubsport juga diperbarui. Termasuk penggunaan layar sentuh 12,9 inci untuk sistem hiburan. Cluster meter kendaraan ini terpusat pada layar digital 10,2 inci dengan dukungan sistem operasi MIB terbaru. OS ini biasanya terdapat pada kendaraan listrik seperti VW ID.7, menawarkan grafis beresolusi tinggi dan responsif. (Ndo)

Baca Juga: Bukan Indonesia, VW Akan Mendirikan Pabrik Baterai Terbesar di Kanada

Jelajahi Volkswagen Golf GTI

Model Mobil Volkswagen

Mobil Volkswagen
  • Volkswagen Golf GTI
    Volkswagen Golf GTI
  • Volkswagen ID Buzz
    Volkswagen ID Buzz
  • Volkswagen T-Cross
    Volkswagen T-Cross
  • Volkswagen Tiguan Allspace
    Volkswagen Tiguan Allspace
Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Volkswagen Unggulan

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Hatchback

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil Volkswagen Golf GTI dari Carvaganza

  • Debut di Nurburgring, VW Golf GTI Clubsport Rayakan 50 Tahun Eksistensi
    Debut di Nurburgring, VW Golf GTI Clubsport Rayakan 50 Tahun Eksistensi
    Alvando Noya . 05 Jun, 2024
  • VW Pastikan Golf Mk9 Jadi Full Electric, Tetap Ada Varian GTI dan R
    VW Pastikan Golf Mk9 Jadi Full Electric, Tetap Ada Varian GTI dan R
    Alvando Noya . 11 Sep, 2023

Artikel Mobil Volkswagen Golf GTI dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Daftar Merek Mobil di IIMS 2025, Ada Pendatang Baru!
    Daftar Merek Mobil di IIMS 2025, Ada Pendatang Baru!
    Zenuar Yoga . 17 Jan, 2025
  • Chery Catat Prestasi Penjualan Sepanjang 2024
    Chery Catat Prestasi Penjualan Sepanjang 2024
    Muhammad Hafid . 17 Jan, 2025
  • Proyeksi Pasar Otomotif Nasional Sepanjang 2025: Banyak Sekali Tantangan!
    Proyeksi Pasar Otomotif Nasional Sepanjang 2025: Banyak Sekali Tantangan!
    Anjar Leksana . 17 Jan, 2025
  • Bertahan di Posisi ke-3 Besar, Separuh Penjualan Honda Disokong Brio Series
    Bertahan di Posisi ke-3 Besar, Separuh Penjualan Honda Disokong Brio Series
    Anjar Leksana . 17 Jan, 2025
  • IIMS 2025 Jadi Pendongkrak Industri Otomotif Nasional Awal Tahun
    IIMS 2025 Jadi Pendongkrak Industri Otomotif Nasional Awal Tahun
    Zenuar Yoga . 17 Jan, 2025
  • Segmen Low SUV Makin Ketat, Mitsubishi New Xpander Cross Punya Tawaran Fitur Lengkap
    Segmen Low SUV Makin Ketat, Mitsubishi New Xpander Cross Punya Tawaran Fitur Lengkap
    Alvando Noya . 31 Des, 2024
  • Lonjakan Minat Terhadap EV, Ini 5 Mobil Listrik Terlaris di Indonesia 2024
    Lonjakan Minat Terhadap EV, Ini 5 Mobil Listrik Terlaris di Indonesia 2024
    Alvando Noya . 30 Des, 2024
  • 5 Merek Mobil Paling Menyita Perhatian Publik Indonesia di 2024
    5 Merek Mobil Paling Menyita Perhatian Publik Indonesia di 2024
    Wahyu Hariantono . 30 Des, 2024
  • Deretan Sportscar Terbaru yang Meramaikan Pasar Otomotif Indonesia 2024
    Deretan Sportscar Terbaru yang Meramaikan Pasar Otomotif Indonesia 2024
    Alvando Noya . 30 Des, 2024
  • 5 Pilihan SUV Off-Roader 4x4 yang Mengaspal Sepanjang 2024
    5 Pilihan SUV Off-Roader 4x4 yang Mengaspal Sepanjang 2024
    Anjar Leksana . 27 Des, 2024
  • Tips Berkendara Saat Hujan di Libur Nataru
    Tips Berkendara Saat Hujan di Libur Nataru
    Setyo Adi Nugroho . 30 Des, 2024
  • Perhatikan Faktor Ini untuk Atasi Mesin Hilang Tenaga dan Ngelitik
    Perhatikan Faktor Ini untuk Atasi Mesin Hilang Tenaga dan Ngelitik
    Setyo Adi Nugroho . 30 Des, 2024
  • Berkendara Liburan Akhir Tahun, Persiapkan Hal Ini Biar Aman dan Nyaman
    Berkendara Liburan Akhir Tahun, Persiapkan Hal Ini Biar Aman dan Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 11 Des, 2024
  • Berkaca dari Kecelakaan Cipularang KM 92, Apa yang Harus Dilakukan Biar Tak Terulang
    Berkaca dari Kecelakaan Cipularang KM 92, Apa yang Harus Dilakukan Biar Tak Terulang
    Setyo Adi Nugroho . 14 Nov, 2024
  • Jangan Disepelekan, Ban Serep Juga Butuh Perhatian
    Jangan Disepelekan, Ban Serep Juga Butuh Perhatian
    Setyo Adi Nugroho . 04 Nov, 2024
  • Test Drive Pikap Toyota Hilux Rangga: Bukan Sekadar Kendaraan Niaga Biasa
    Test Drive Pikap Toyota Hilux Rangga: Bukan Sekadar Kendaraan Niaga Biasa
    Zenuar Yoga . 23 Des, 2024
  • First Drive Jetour X70 Plus: Andalkan Kelapangan Kabin dan Tenaga Perkasa
    First Drive Jetour X70 Plus: Andalkan Kelapangan Kabin dan Tenaga Perkasa
    Anjar Leksana . 19 Des, 2024
  • Test Drive Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy: Tetap Memberikan Esensi Kemewahan dan Kenyamanan
    Test Drive Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy: Tetap Memberikan Esensi Kemewahan dan Kenyamanan
    Anindiyo Pradhono . 14 Des, 2024
  • Test Drive Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV Calligraphy: Powerful dan Efisien!
    Test Drive Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV Calligraphy: Powerful dan Efisien!
    Anjar Leksana . 11 Des, 2024
  • Test Drive GWM Tank 300 HEV Fury Edition: Siap di Dua Alam
    Test Drive GWM Tank 300 HEV Fury Edition: Siap di Dua Alam
    Zenuar Yoga . 09 Des, 2024