Walau Menghadapi Banyak Tantangan, Nissan Siap Luncurkan Leaf pada 2021

Nissan LEAF

Nissan Indonesia mulai menyongsong era mobil listrik murni. Dimulai oleh Kicks e-Power, lalu akan disusul oleh Leaf. Pihak perusahaan menyatakan siap menjualnya tahun depan. Kendaraan ini dijual di 59 negara kemudian tercatat 500 ribu unit tersalur ke konsumen. Untuk penetrasi ke market sini, mereka terus melakukan edukasi sejak tahun kemarin. Beragam kegiatan pameran berkaitan dengan kendaraan elektrik tak luput disinggahi. 

Coki Panjaitan, Deputy Director External and Goverment Affairs Nissan Motor Indonesia membeberkan info itu dalam diskusi bersama Forwot. “Kendaraan elektrifikasi Nissan terus dikenalkan dan Leaf siap datang tahun depan walau ada sejumlah tantangan terkait mobil listrik (EV),” ucapnya (7/12).

Tantangan pertama industri otomotif khususnya di Indonesia ialah banderol. Harga on the road mobil listrik tergolong mahal. Sebagai gambaran, kendaraan EV lansiran Hyundai saja dilepas sekitar Rp 600 jutaan. Namun dengan perpanjangan SNTK murah, sekira Rp 3 jutaan. Dalam presentasi, Coki berharap pemerintah bisa cepat membuat keputusan insentif bagi pengguna mobil listrik berbasis baterai. Sehingga angka jual bisa lebih rendah.

"Kami sebagai pelaku industri sangat berharap. Baik bagi pemerintah pusat maupun daerah, untuk bisa memberikan insentif terkait dengan kendaraan listrik. Mulai dari pengurangan PPnBM dan PPN di level pemerintah pusat. Termasuk insentif nonfiskal seperti yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta, seperti bebas dari pembatasan area lalu lintas ganjil genap,” tegasnya.

Baca Juga: Nissan Navara Facelift 2021 Dapat Banyak Revisi Penting

Lantas kendala lain. Banyak calon konsumen, lanjut dia, yang menanyakan daya tahan atau durabilitas baterai mobil listrik. Misalnya saat musim hujan dalam kondisi banjir. Mereka masih ragus soal keamanan. Takut terjadi korsleting. Termasuk pula tatkala kendaraan melindas jalanan rusah hingga menyebabkan baterai lithium terguncang parah. Kemudian hadangan lain dari sisi jarak tempuh mobil listrik.

nissan leaf

Menurut Coki, riset yang mereka lalukan melihatkan, sekitar 70 persen masyarakat pengguna mengendarai mobil sekitar 50 km saban hari. Di sisi lain, dengan baterai mobil listrik lithium ion, kendaraan EV sanggup menempuh daya jelajah 300 km dalam sekali isi penuh. Sehingga tak terlalu perlu untuk mengisi daya setrum terus-menerus. Sesuai dengan keperluan saja. Nah, regulasi dari Kemenperin yang mengharuskan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) mobil listrik.

Adapun lokal konten yang ditarget hingga 2023 pada EV sebesar 35 persen. Kemudian dikerek lagi menjadi 40 persen. “Nah, soal kandungan lokal atau TKDN. Sebagai pelaku industrik. Kami malah melihatnya begini. Semakin banyak kendaraan listrik di jalan, maka bisa memberikan banyak pilihan lebih banyak ke masyarakat. Sebab kian banyak opsi harga dan model. Kalau bisa, hal ini menjadi perhatian pemerintah juga," Coki mengimbuhi.

Baca Juga: Teliti Perbedaan Fisik Mitsubishi Xpander dan Nissan Livina

Spesifikasi Leaf

Untuk diketahui, Nissan Leaf generasi terbaru diklaim punya kesenyapan 30 persen. Angkanya lebih baik dari model internal combustion engine (ICE) atau hybrid lain. Teknologi baru ini, kata pabrikan, memberikan kinerja daya linear 110 kW (147 PS) atau 38 persen lebih baik dari model lawas. Lalu torsi ditingkatkan 14 persen menjadi 320 Nm. Selain output daya tambahan, Nissan Leaf memiliki jarak tempuh yang kini ditingkatkan menjadi 400 km. Itu berdasarkan metode pengujian JC08 Jepang.

Desain baterai lithium ion yang baru, mampu menambah kapasitas penyimpanan energi tanpa memperbesar ukuran baterai. Peningkatan ini dilakukan pada struktur sell baterai lithium terlaminasi. Hingga mendapatkan peningkatan kepadatan energi 67 persen dari model 2010, tanpa tambah berat. Juga terdapat materi elektroda dikembangkan dengan formulasi kimia anyar. Diklaim menambah durabilitas baterai.

Guna mengisi baterai, tersedia tiga level pengecasan Nissan Leaf. Pertama, melalui soket dinding 3 pin 15 amper 240 V Mode 2. Ini paling cocok bagi Anda yang memiliki kebiasaan mengemudi santai. Pengisian cara ini memakan waktu 24 jam. Cara pengisian kedua, dari koneksi Mode 3 dan butuh waktu 7,5 jam. Nissan melihat, belakangan ini sekitar 70 persen pelanggan memasang wallbox di garasi rumah. Sistem cabut pasang ini dapat mengisi daya Leaf semalaman, seperti saat kita isi ponsel. Siap pakai pada keesokan hari. Yang terakhir, pengisian cepat CHAdeMO 50 kWH. Memiliki kemampuan mengsi baterai sejak munculnya peringatan. Sekitar satu jam pengecasan hingga terisi 80 persen. Ia diprediksi meluncur kuartal pertama 2021. (Alx/Odi)

Baca Juga: Nissan X-Terra Meluncur di Timur Tengah, Wujud Facelift Terra?

Jelajahi Nissan Leaf

  • Tampak Depan Bawah Nissan Leaf
  • Tampak belakang serong Leaf
  • Tampak Depan Nissan Leaf
  • Tampak Grille Leaf
  • Lampu depan Leaf
  • lampu belakang Leaf
  • Pelek Leaf
  • Nissan Leaf Front Side View
  • Tampak depan medium Nissan Leaf
  • Nissan Leaf Front Cross Side View
Nissan Leaf
Rp 738 - 740 Juta Cicilan : Rp 16,84 Juta

Model Mobil Nissan

Mobil Nissan
  • Nissan Livina
    Nissan Livina
  • Nissan Magnite
    Nissan Magnite
  • Nissan Serena
    Nissan Serena
  • Nissan Ariya
    Nissan Ariya
  • Nissan Kicks 2024
    Nissan Kicks 2024
  • Nissan Kicks e-Power
    Nissan Kicks e-Power

Don't Miss

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Nissan Unggulan

  • Yang Akan Datang

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Hatchback

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil Nissan Leaf dari Carvaganza

  • Generasi Ketiga Nissan Leaf Bakal Jadi SUV, Lawan Kona dan ZS EV
    Generasi Ketiga Nissan Leaf Bakal Jadi SUV, Lawan Kona dan ZS EV
    Alvando Noya . 05 Des, 2023
  • ELECTRIA: Nissan Leaf, Mobil Listrik Berspesifikasi Ideal Untuk Mobilitas Harian
    ELECTRIA: Nissan Leaf, Mobil Listrik Berspesifikasi Ideal Untuk Mobilitas Harian
    Wahyu Hariantono . 26 Jul, 2022
  • Nissan Leaf Eropa Sudah Facelift, Apa Saja yang Berubah?
    Nissan Leaf Eropa Sudah Facelift, Apa Saja yang Berubah?
    Wahyu Hariantono . 24 Feb, 2022
  • Nissan Gandeng PLN Hadirkan Charging Station Mobil Listrik
    Nissan Gandeng PLN Hadirkan Charging Station Mobil Listrik
    Zenuar Yoga . 03 Nov, 2021
  • Di Indonesia Baru Dijual, Nissan Eropa Sudah Siapkan Pengganti Leaf
    Di Indonesia Baru Dijual, Nissan Eropa Sudah Siapkan Pengganti Leaf
    Alvando Noya . 21 Okt, 2021

Artikel Mobil Nissan Leaf dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Nissan Jagokan Line-up e-Power di GJAW 2024
    Nissan Jagokan Line-up e-Power di GJAW 2024
    Alvando Noya . 25 Nov, 2024
  • Tak Dapat Subsidi Mobil Listrik, Nissan Buka Peluang Rakit Leaf EV di Indonesia
    Tak Dapat Subsidi Mobil Listrik, Nissan Buka Peluang Rakit Leaf EV di Indonesia
    Bangkit Jaya Putra . 13 Mar, 2023
  • ELECTRIA: Nissan Leaf, Ideal untuk Mobilitas Harian
    ELECTRIA: Nissan Leaf, Ideal untuk Mobilitas Harian
    Wahyu Hariantono . 27 Jul, 2022
  • GIIAS 2021: Nissan Leaf Sita Perhatian, Pengunjung Pameran Bisa Coba Mobil Listrik
    GIIAS 2021: Nissan Leaf Sita Perhatian, Pengunjung Pameran Bisa Coba Mobil Listrik
    Anjar Leksana . 17 Nov, 2021
  • GIIAS 2021: Cicilan Mobil Listrik Nissan Leaf Mulai Rp 10 Jutaan
    GIIAS 2021: Cicilan Mobil Listrik Nissan Leaf Mulai Rp 10 Jutaan
    Setyo Adi Nugroho . 09 Nov, 2021
  • 5 Alasan Mengapa All New Nissan Leaf Layak Dilirik untuk Kendaraan Harian
    5 Alasan Mengapa All New Nissan Leaf Layak Dilirik untuk Kendaraan Harian
    Setyo Adi Nugroho . 02 Sep, 2021
  • Nissan Leaf Datang Menantang Hyundai Ioniq, Simak Perbandingannya
    Nissan Leaf Datang Menantang Hyundai Ioniq, Simak Perbandingannya
    Setyo Adi Nugroho . 18 Agu, 2021
  • First Drive Nissan Leaf: Mengendarai Mobil Listrik Itu “Biasa Saja” (Part-2)
    First Drive Nissan Leaf: Mengendarai Mobil Listrik Itu “Biasa Saja” (Part-2)
    Ivan Hermawan . 22 Mar, 2019
  • First Drive Nissan Leaf: Kesan Pertama “Biasa Saja” Terhadap Mobil Listrik (Part-1)
    First Drive Nissan Leaf: Kesan Pertama “Biasa Saja” Terhadap Mobil Listrik (Part-1)
    Ivan Hermawan . 22 Mar, 2019