Warna Mobil Bisa Mengungkap Karakter dan Kepribadian Pengguna
KEY TAKEAWAYS
Tiap warna ada maknanya
Pemilihan pun didasarkan atas faktor psikologis jugaDalam sudut pandang pelanggan. Pemilihan warna mobil tidak hanya didasari oleh perkembangan tren saja. Namun kerap disesuaikan karakter serta kepribadian pemilik kendaraan. Contoh, sesuai warna favorit, atau bisa juga disesuaikan dengan zodiak maupun shio kelahiran. Sedangkan dari sisi psikologis atau emosional manusia. Kelir bodi dapat merepresentasikan kesan dan perasaan pada suatu hal. Mengutip dari jurnal psikologi Scott-Kemmis 2009. Beberapa opsi cat dapat memiliki makna seperti berikut:
Hitam
Pertama hitam, acap kali dipilih sebagai warna mobil karena cenderung tegas dan berkelas. Sangat populer di kalangan pelanggan karena kendaraan terkesan elegan dan eksklusif. Dari segi psikologi, pemilihan ini cocok untuk pengendara yang cenderung memiliki karakteristik kuat, dominan, serta terkendali.
Warna hitam juga dipilih oleh pelanggan yang senang dengan kesan klasik, misterius dan mewah. Untuk perawatan, pemilik mobil harus rutin mencuci dan menerapkan teknik pengeringan dengan benar agar tidak menimbulkan waterspot. Selain itu, disarankan agar rajin melakukan proses detailing dan paint protection guna menjaga kilau cat bodi.
Abu-abu
Opsi abu-abu biasanya memiliki ciri khas sederhana namun tetap terkesan matang. Secara psikologi, pemilih warna netral ini dinilai mudah berkompromi. Karena memilih cat transisi tengah di antara hitam dan putih. Selain itu, memiliki kecenderungan sifat pemalu, cermat, serta pecinta kenyamanan. Perawatan mobil abu-abu cenderung lebih mudah dibanding hitam, atau warna lain. Namun demikian, pemilik mobil tetap disarankan menjaga dan melakukan perawatan pada mobil agar selalu menarik dipandang.
Baca Juga: Bedanya Arus AC dan DC dalam Pengisian Kendaraan Listrik
Putih
Mobil berwarna putih kini banyak diminati oleh pelanggan. Sebab netral, memberikan kesan elegan dan bersih bagi siapapun. Secara harfiah, putih kerap kali menyimbolkan kejujuran dan kemurnian. Biasanya, pemilik mobil memiliki karakter sederhana namun anggun dan perfeksionis. Cat ini memiliki keunggulan, seperti lebih terlihat dalam kondisi kurang cahaya.
Meski begitu, warna putih dinilai lebih sensitif terhadap kotoran. Jika dibiarkan akan membuat cat mobil dapat menguning atau kusam. Pencucian mobil secara berkala juga menjadi hal penting. Suzuki memiliki pilihan warna putih di lini mobil yang dipasarkan saat ini guna memenuhi beragam selera dan profil pelanggan.
Merah
Cat merah mirip dengan pemilih mobil hitam. Cenderung lebih maskulin, percaya diri dan agresif. Biasanya digunakan untuk menunjukan status yang lebih dominan dari sisi finansial. Secara psikologis, pemilih warna ini biasanya adalah orang penuh ambisi, penuh semangat, menyenangkan, penikmat hidup. Contoh, di Sulawesi khususnya Manado, banyak sekali mobil berlabur cat ini.
Biru
Identik dengan kedamaian dan kepercayaan, itulah warna biru. Pemilih biasanya adalah orang yang penuh integritas dan loyal. Biasanya pengguna memiliki karakter optimis, tenang, serta bijaksana. Bisa menjadi salah satu favorit di antara varian lain, karena cenderung bold, menarik, dan eye-catching.
Oranye
Terakhir, oranye tampak cerah, unik dan mencolok di antara pilihan warna-warna mobil lain. Pemilik biasanya punya karakter anti-mainstream dan para ekstrovert yang senang bersosialisasi dan penuh optimisme. Untuk perawatan, mobil berwarna ini cenderung paling awet, mudah dan aman. Karena dapat menyamarkan kotoran atau goresan di bodi mobil. XL7, Ignis dan S-Presso memiliki pilihan oranye. Bisa memberikan impresi ceria dan tetap berkarakter tegas.
“Industri otomotif Indonesia sudah melewati berbagai macam fase preferensi warna dari sudut pandang konsumen. Dari pemantauan kami pada era 1980-an sampai pertengahan 2000. Pemilihan warna didominasi dengan pilihan silver dan hitam. Kemudian setelahnya hingga sekarang dipenuhi putih, silver dan hitam. Saat memilih mobil tentu disesuaikan selera masing-masing. Namun pemilihan memang biasanya didasari oleh warna favorit berdasarkan karakter dan kepribadian orang tersebut,” terang Yulius Purwanto, Head of Product & Accessories Development 4W. PT. Suzuki Indomobil Sales. (Alx/Odi)
Baca Juga: Pilihan Asuransi Mobil yang Cocok Saat Musim Hujan dan Banjir
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Mobil Unggulan
- Terbaru
- Yang Akan Datang
- Populer
Artikel Mobil dari Carvaganza
Artikel Mobil dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Advisory Stories
- Road Test